Saat ini, banyak pekerjaan yang berhubungan dengan data. Mulai dari marketing, sales, keuangan, sampai dengan pencatatan prestasi siswa di sekolah. Bisa dibilang, data dan angka-angka sudah menjadi bagian dari kehidupan sehari-sehari manusia. Dan salah satu tools yang banyak digunakan untuk pengolahan data adalah Google Sheets.  More »

Siapapun pasti akan merasa kesal saat website yang sudah dibangun dengan biaya yang mahal, malah tidak bisa diakses. Tak sedikit pemilik situs yang rewel ketika mendapati kondisi seperti ini. 

Panik, nggak?, Panik, nggak? Ya, panik lah, masa, nggak!  More »

Membuat website pada dasarnya bukanlah pekerjaan yang sulit. Ya, meskipun tidak bisa dikatakan mudah. Apalagi dengan majunya teknologi pengembangan website, kini semua orang bisa membuat websitenya sendiri dengan lebih mudah. Ada banyak platform yang memudahkan untuk membuat hosting di pasaran saat ini. Mulai dari WordPress, Blogspot, Wix, dan masih banyak lagi lainnya. Bahkan, kalau tak mau repot, kamu bisa menggunakan jasa pembuatan website yang menawarkan harga murah tetapi dengan fitur yang jempolan.  More »

Bagaimana rasanya mendapati website yang sudah dibangun dengan menghabiskan biaya yang tidak sedikit, down? Tentu, rasa panik akan dengan mudah menguasai diri. Sudah pasti, hampir semua pemilik website akan rewel ketika website miliknya down. Coba bayangkan, siapa yang tidak panik ketika tiba-tiba mendapatkan keluhan dari pengunjung karena website tidak bisa diakses.  More »

Apa yang kamu pikirkan ketika mendengar bisnis startup? Sebagian dari kita, mungkin mendengar bisnis startup sebagai perusahaan yang bergerak di dunia teknologi dan digital. Sebenarnya, pemikiran seperti ini tidak salah, sih. Namun, apa sih sebenarnya karakteristik bisnis startup dan bagaimana perkembangan bisnis ini di Indonesia?  More »

Saat menentukan pembuatan website, ada beberapa hal yang harus kamu pertimbangkan masak-masak. Selain nama domain yang tepat atau memilih penyedia web hosting terbaik, ada satu lain yang pastinya tidak boleh kamu sepelekan. Yaitu adalah pemilihan jenis hosting yang tepat. Setidaknya, saat ini terdapat empat jenis hosting yang umum digunakan. Yaitu VPS hosting, dedicated hosting, shared hosting, dan cloud computing. Memilih jenis hosting yang tepat ini sangat penting dilakukan di awal karena akan menentukan perjalanan websitemu. Tentu, masing-masing tipe jaringan hosting tadi memiliki keunggulan dan kekurangannya  masing-masing.  More »

Retargeting. Apakah kamu masih asing dengan istilah yang satu ini? Jika jawabanmu adalah “iya”, maka rasa penasaranmu akan segera terjawab. Ya, retargeting memiliki peran yang cukup penting untuk membuat pengunjung benar-benar menjadi pembeli.  More »

Retargeting adalah strategi menayangkan iklan kepada pengunjung dari luar pelanggan website, berdasarkan riwayat penelusuran mereka sebelumnya. Ini adalah cara yang ampuh, untuk menarik kembali pengunjung, yang sebelumnya pernah berinteraksi dengan websitemu. Bisa dibilang, retargeting menjadi salah satu strategi marketing yang penting untuk diterapkan untuk meningkatkan brand awareness.  More »

Perkembangan teknologi yang sedemikian pesat dari waktu ke waktu, membuat pekerjaan di dunia teknologi, seperti web development menjadi daya tarik tersendiri. Dan salah satu peran yang terdapat di bidang web development adalah back-end developer. Ya, tidak bisa dipungkiri, beberapa tahun terakhir, web developer menjadi pekerjaan yang banyak diminati. Terutama sekali oleh para anak muda yang memang tertarik di dunia IT.  More »

Dalam pengembangan website modern saat ini, peran User Interface (UI) dan User Experience (UX) sangat penting dan keduanya saling berkaitan. Namun ada yang  mempertanyakan, di antara keduanya, manakah yang paling penting. Apakah cukup salah satu, atau harus keduanya.  More »