Sobat Unlimited, pernahkah kamu mendengar istilah bahasa pemrograman? Tentu, diantara kamu, sudah sangat akrab dengan frasa bahasa pemrograman. Dan ada sangat banyak bahasa pemrograman di dunia ini. Dan salah satu bahasa pemrograman yang sedang naik daun saat ini adalah Python. Sobat, apakah kalian masih asing dengan apa itu Python? 

Padahal, Python adalah salah satu bahasa pemrograman yang populer. Bahasa pemrograman yang satu ini diciptakan oleh Guido van Rossum dan dikenalkan ke publik pada tahun 1991.

Bisa dibilang, Python adalah bahasa pemrograman yang mudah dipelajari. Dan sampai saat ini Python telah banyak digunakan pada berbagai hal. Mulai dari game, pengembangan website, dan lain sebagainya. 

Agar Sobat Unlimited dapat mengenal Python lebih dalam, pada artikel kali ini, kami akan berbagi dengan Sobat Unlimited, tentang apa itu Python, beserta keunggulan yang dimilikinya. Jadi silakan baca artikel ini sampai selesai, ya. 

Apa Itu Python? 

Jika dibandingkan dengan bahasa pemrograman lain, Python adalah sebuah bahasa pemrograman dianggap mudah dipelajari para pemula berkat strukturnya yang sederhana. Kalau ingin mempelajari bahasa pemrograman yang satu ini, ada tiga hal penting yang harus kamu ketahui. Seperti pengenalan Python, sejarah perkembangannya, serta kelebihan dan kekurangannya. 

Pengenalan Python

Saat menjalankan sebuah program yang terdapat pada komputer, tentu tidak bisa menggunakan bahasa biasa. Bahasa-bahasa tersebut, harus diubah bentuknya, agar dapat diterima dan diproses oleh komputer. Inilah yang kemudian dinamakan sebagai bahasa pemrograman. 

Bahasa pemrograman dapat diartikan sebagai susunan kode, yang digunakan untuk menjalankan program komputer. Kode-kode ini berisi berbagai macam instruksi, yang disebut dengan sintaks dan semantik. Nantinya, sintaks dan semantik akan diinput ke dalam program komputer. Dan, nantinya akan direspon oleh perubahan sistem atau program yang ada. 

Tak mengherankan jika Python sampai saat ini masih menjadi salah satu bahasa pemrograman yang paling banyak digunakan di dunia. Untuk kamu yang sedang mendalami IT, tak ada salahnya untuk mempelajari bahasa pemrograman yang satu ini. 

Baca Juga : Plugin WordPress Terbaik dan Gratis yang Bisa Diinstall

Ada banyak pengembang teknologi kelas dunia yang menggunakan Python sebagai bahasa pemrograman utama. Misalnya seperti Linux, Windows, Mac, Java, sampai operating system yang pernah berjaya di tahun 2000-an awal, Symbian. 

Sejarah Python 

Python adalah salah satu dari sekian inovasi yang terjadi di dunia teknologi. Apalagi, dunia IT, khususnya programming, adalah dunia yang sangat dinamis. Semakin banyaknya terobosan, membuat dunia IT terasa berjalan begitu cepat. Maka tak heran, programmer yang menguasai banyak bahasa pemrograman, menjadi sangat dicari. 

Bahasa pemrograman Python sendiri pertama kali dirilis pada tahun 1991. Penciptanya adalah ahli IT asal Belanda bernama Guido Van Rossum di Amsterdam. Beberapa tahun usai peluncurannya, Van Rossum coba mengevaluasi kompatibilitas bahasa pemrograman ciptaannya dengan tren komputer dunia kala itu. Setelah melakukan rangkaian perbaikan dan penyempurnaan pada versi pertamanya, Python dirilis ulang pada tahun 1995. 

Seakan belum puas, Van Rossum terus melakukan perbaikan dan penyempurnaan. Sampai kemudian pada tahun 2000 diluncurkan versi ketiga Python. Dan siapa yang menyangka, Van Rossum memberi nama Python pada bahasa pemrograman ciptaannya karena terinspirasi dari kelompok sirkus favoritnya yang bernama Monty Python Flying Circus. 

Fungsi Python 

Sebenarnya, siapa saja yang menggunakan Python, sampai muncul klaim sebagai salah satu bahasa pemrograman yang paling banyak digunakan. Python sendiri digunakan oleh berbagai macam kalangan. Mulai dari analis data, software engineer, data scientist, dan lain sebagainya. Berikut adalah beberapa fungsi yang bisa dijalankan oleh Python: 

1. Sebagai Kecerdasan Buatan 

Kecerdasan buatan atau artificial intelligence adalah salah satu inovasi teknologi terkini. Salah satu bentuk penggunaan kecerdasan buatan adalah chatbots yang banyak digunakan para pebisnis untuk menjawab berbagai pertanyaan para pelanggan. 

Contoh kasus, programmer menggunakan Python untuk mengidentifikasi sebuah email yang masuk beserta jawabannya. Kemudian melakukan visualisasi dan merancang prediksi jawaban. Dengan chatbot, setidaknya, pebisnis bisa lebih cepat untuk merespon pelanggan. 

2. Pembuatan dan Pengembangan Web App

Python juga banyak digunakan pada banyak web app yang populer hari-hari ini. Mulai dari Instagram, YouTube, dan Spotify. Bahasa pemrograman yang satu ini juga banyak digunakan para pengembang website di Indonesia. 

Kelebihan dan Kekurangan Python

Selayaknya bahasa pemrograman lainnya, Python juga memiliki kelebihan dan kekurangannya. Kelebihan Python, utamanya pada kesederhanaannya, sehingga mudah dipelajari para pemula. Python sendiri dapat menjalankan program yang kompleks dengan sintaks yang sederhana. Sehingga, programmer tak perlu bergulat dengan data dan kode yang ribet. Hal ini juga berkat kemampuan Python yang memiliki pengelolaan memori otomatis. 

Baca Juga : Cara Setting W3 Total Cache

Sedangkan kekurangan terbesar Python adalah keterbatasannya ketika mengakses data. Tidak seperti bahasa pemrograman lain yang mempunyai kapasitas untuk mengakses data secara masif. Python, di sisi lain justru memiliki kapasitas akses data yang terbatas. 

Cara Belajar Python Pertama Kali 

Sebelum mulai belajar Python, terlebih dulu kamu harus mengenal Python Interpreter. Python Interpreter sendiri terbagi menjadi tiga mode, yaitu: 

Mode Interaktif 

Yang pertama adalah mode interaktif. Mode ini seringkali dikenal sebagai command line interpreter. Interactive mode sangat membantu untuk menguji dan menjalankan berbagai script Python. 

Mode Script

 Kamu bisa menjalankan bahasa pemrograman Python dengan melakukan eksekusi langsung menggunakan script di bagian shell prompt. Kamu bisa mengetikkan perintah $ python script1.py. 

Perintah tersebut mengeksekusi dengan skrip script1.py pada direktori yang telah aktif. 

Mode Idle 

Bahasa pemrograman Python bisa dijalankan dengan berbagai mode grafis yang dikenal dengan mode IDLE. Mode ini menggunakan basis Tkinter. 

Mulai Belajar Python

Untuk mempelajari Python, kamu harus tahu tentang alat-alat apa yang digunakan untuk belajar Python. Yaitu: 

Python : Interpreter yang menerjemahkan bahasa Python ke bahasa mesin. Sehingga, sebuah program bisa dijalankan. 

Editor Teks : Program yang digunakan untuk menulis kode. 

Pertanyaannya kemudian adalah, bagaimana cara menginstal Python? Kalau kamu adalah pengguna Linux, maka tak perlu lagi menginstall Python. Karena Linux sudah menyediakan installer Python secara default. Kalau kamu ingin mengetahui apakah Python sudah terinstall atau belum, kamu bisa mengetikkan perintah python-version di Terminal Linux. 

Penutup

Python adalah bahasa pemrograman yang cukup mudah dimengerti. Semoga artikel ini cukup memberikan gambaran untuk Sobat Unlimited mengenal apa itu Python. 

Mau punya web hosting ngebut dan uptime bagus? Tunggu apalagi, langganan hosting murah Unlimited sekarang juga!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *