segmentation

Mengidentifikasi segmen market yang bersedia membayar premi untuk layanan produk atau jasa masih sulit ditemukan. Namun, tidak setiap segmentasi market menghasilkan hasil. Ada beberapa segementasi market yang efektif, ikuti 2 aturan berikut ini:

  1. Anggota masing-masing segmen market harus membuat keputusan pembeli seperti, berbeda dari mereka yang tidak ada dalam segemn.
  2. Anggota segmen harus diidentifikasi secara eksternal atau bersedia untuk mengidentifikasi diri.

Segmentasi market yang baik dimulai dengan memperoleh pemahaman tentang bagaimana calon customer membuat keputusa pembelian. Misalnya, di pasar mobil, customer mempertimbangkan banyak faktor ketika membuat keputusan untuk membeli, ada 3 segmen market:

  • Harga: mereka mencari transportasi dengan biaya sederhana.
  • Kinerja: bagi mereka yang menginginkan mobil dengan kekuatan yang dapat ditanganu dengan baik.
  • Transportasi: jumlah angkutan, berapa jumlah orang yang bisa diangkut ke dalam mobil tersebut.

Secara sederhana, ini di akui untuk memenuhi kriteria yang baik. Orang yang berada dalam segmen dapat membuat keputusan pembeli satu sama lain, sedangkan orang yang tidak dalam segmen tidak bisa melakukannya.

Misalnya tentang harga, secara harga mungkin akan memilih Chevrolet. Tapi segmen kinerja akan lebih tertarik pada BMW. Sedangkan segmentasi transportasi lebih memilih minivan.

Para anggota segmen harus diidnetifikasi secara eksternal. Artinya, kamu harus tau cara menyampaikan pesan market kepada mereka. Contoh, produsen menyasar segmen kinerja yang dijelaskan di atas dengan beriklan mobil dan driver. Sedangkan yang menyasar segmen transportasi beriklan di family circle. Initinya, jika segmen tersebut diidentifikasi secara  eksternal. Kamu dapat menghubungu mereka dnegan pesan marketingmu.

Segmen dapat mengidentifikasi diri dengan mencari produkmu. Dalam kasus ini, kamu perlu membuat dirimu lebih mudah untuk menemukannya. Mungkin kamu akan menemukan iklan di Yellow Page. Kamu bisa menghabiskan dollar pada SEO. Dengan cara ini calon customer akan mengidentifikasi diri mereka dengan mencari produk dan menemukan perusahaanmu.

Mengidentifikasi segmen market pada penawaran produk atau jasa dapat diposiiskan secara unik dengan keuntungan besar. Pastikan bahwa kamu mengikuti kriteria di atas.

Menipu diri sendri dengan memiliki biaya tinggi tidak baik. Ketika kamu melakukan identifikasi segmen di mana penawaranmu baik maka akan diposisikan daripada pesiangmu. Bahkan tempat akan diubah dengan posisi yang dimanfaatkan secara maksimal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *