Ketika akan membuat website, salah satu hal yang harus Anda pikirkan adalah menentukan tema WordPress yang tepat. Selain tentu saja harus memilih penyedia hosting yang  tepat pula. WordPress, sebagai salah content management system dengan pengguna terbanyak di dunia juga memiliki tema yang sangat banyak, dan dapat Anda gunakan sesuai dengan kebutuhan.

Seringkali juga pengguna bertanya-tanya, tema apakah yang bagus untuk website saya? Apakah harus memilih tema premium atau cukup yang gratis. Dari sisi fitur, tentu akan terdapat perbedaan yang begitu mencolok. Artikel ini akan menjabarkan pada Sobat Unlimited, 60 tema WorPress terbaik yang bisa Anda gunakan.

Tema WordPress Gratis Terbaik Tahun 2020

1. OceanWP

30 Tema WordPress Gratis Terbaik di Tahun 2020

Pertama adalah OceanWP. Ini adalah tema WordPress gratis terbaik yang serba guna. Dapat digunakan untuk membangun website ecommerce, bisnis, blog, dan portofolio. OceanWP sangat kompatibel dengan berbagai layar perangkat mobile dan tablet. Kompatibel dengan WooCommerce, dan cocok untuk website professional ataupun hobi.

2. Zakra

Kelebihan utama Zakra adalah sangat ringan sekaligus powerful. Inilah yang menjadikannya sebagai salah satu tema WordPress gratis terbaik. Zakra memiliki berbagai opsi kustomisasi yang mudah untuk digunakan. Desainnya juga sangat responsif dan rapi. Terlebih lagi, Zakra kompatibel dengan berbagai perangkat dan yang jelas sangat SEO Friendly.

3. Storefront

Jika Anda ingin memiliki website dengan layout beragam dan opsi warna untuk personalisasi, gunakan Storefront. Tema ini memiliki desain yang sangat responsif dan tersedia beberapa jenis widget.

4. Neve

Salah satu tema WordPress gratis terbaik ini memilki beberapa fitur unggulan. Seperti headerdan footer yang mudah dikustomisasi, dengan lebih dari 80 desain. Selain itu, tema ini sangat cepat dan ringan. Dan yang paling penting adalah, tema ini selalu mendapatkan update rutin.

5. ColorMag

Tema yang satu ini cocok untuk berbagai jenis kebutuhan Anda. Pengguna bisa mencobanya karena developer menyediakan versi demonya. ColorMag juga sudah teroptimasi SEO dan pastinya kompatibel dengan page builder lainnya. Seperti Elementor atau Beave Builder.

6. Hestia

Selanjutnya adalah Hestia. Tema yang satu ini memiliki keunggulan berupa kemudahan kustomisasi dan kompatibel dengan Guttenberg serta WooCommerce. Untuk Anda yang menginginkan bimbingan teknis, Hestia juga menyediakan video tutorial.

Baca Juga: Fitur Unggulan Hosting Murah Unlimited.ID

7. Shapely

Shapely memiliki desain yang sangat responsif untuk berbagai tipe perangkat. Tema ini juga menyediakan opsi kustomisasi yang mudah digunakan. Dan dua hal yang menjadi ciri khasnya adalah mendukung font awesome, serta memiliki layout one page yang menarik.

8. Sydney

30 Tema WordPress Gratis Terbaik di Tahun 2020

Sydney adalah tema WordPress gratis yang memiliki background parallax. Pengguna bisa mengkustomisasi tema ini menggunakan block Elementor. Tema ini juga memiliki live customizer dan dapat memilih berbagai social icon.

9. Zerif Lite

Tema yang satu ini memiliki desain yang modern dan minimalis. Cocok untuk website bisnis ataupun personal. Dan pastinya sudah SEO friendly. Sehingga akan membantu menaikkan peringkat website Anda di mesin pencari.

10. Customizr

Jika ada sebuah tema  yang khusus dirancang untuk perangkat mobile, maka Customizr adalah jawabannya. Customizr juga kompatibel engan WooCommerce. Dan juga sudah menggunakan full width slider.

11. Flash

Tema Flash memiliki performa yang secara keseluruhan sangat memuaskan. Flash juga sudah mendukung sepenuhnya WooCommerce. Bila ingin mencobanya Anda bisa mencoba versi demonya di sini.

12. Vantage

Vantage memiliki page builder dan editor CSS yang sangat powerful. Tema ini juga menyediakan banyak widget, termasuk visual editor, hero slider dan layout grid. Vantage juga sudah terintegrasi Google Fonts.

13. Spacious

Tema ini ideal untuk website bisnis, portofolio, maupun blog pribadi. Juga memiliki paket sejumlah tata letak halaman, template dan yang pasti sudah mendukung WooCommerce.

14. News Portal

Tema yang satu ini dirancang untuk online magazine. Warnanya juga sangat kaya berkat adanya Retina ready. Untuk mengoptimalkan SEO, News Portal juga sangat responsif.

15. Striker

Desain tema ini sangat sederhana namun sangat cantik. Striker terlokalisasi dan kompatibel dengan WPML. Tema juga sudah menyediakan theme customizer dan full support customer service.

16. Virtue

30 Tema WordPress Gratis Terbaik di Tahun 2020

Kemudian ada Virtue. Sebuah tema WordPress dengan desain yang rapi dan modern. Virtue dibuat menggunakan dengan pondasi HTML5 dan CSS3. Tema yang satu ini sangat responsif dan pastinya sudah mobile friendly.

17. iFeture

Kalau Anda menginginkan tema WordPress yang memiliki desain touch friendly, iFeature bisa menjadi solusi. Tema ini dirancang untuk website bisnis dengan adanya tambahan fitur keamanan. iFeature juga menawarkan page builder drag and drop yang akan memudahkan Anda.

18. MH Magazine Lite

Tema WordPress gratis terbaik ini di desain khusus untuk online magazine. MH Magazine Lite memiliki layout sangat responsif dan sudah teroptimasi SEO. Pengembang juga menyediakan opsi kustomisasi yang luas. Dan kompatibel dengan semua jenis web browser.

19. Optimizer

Optimizer adalah sebuah tema yang sudah mendapatkan optimasi SEO. Untuk menggunakannya, pengguna bisa memanfaatkan fitur widget drag and drop. Karenanya, tema ini juga sangat responsif dan aman.

20. Moesia

Moesia menggunakan front page untuk memudahkan kustomisasi halaman. Ia menyediakan latar belakang parallax. Ikon yang bisa dipilih juga banyak dan juga sudah translation ready.

21. Corporate Plus

Tema WordPress klasik ini memilki widget khusus tingkat lanjut dan dapat dikustomisasi pada area sidebar. Kustomisasi juga bisa dilakukan menggunakan CSS. Kabar baiknya adalah tema WordPress yang satu ini sudah terintegrasi dengan WooCommerce.

22. Athena

Athena hadir dengan menawarkan banyak opsi kustomisasi tambahan. Termasuk pemilihan warna, area widget, dan menus. Tema ini sangat cocok digunakan untuk website bisnis, fotografi, blogger, maupun agensi kreatif. Anda juga bisa menggunakan live customizer saat sedang membuat website.

23. One Page Express

Tema berbasis one page ini memiliki opsi pengeditan konten langsung menggunakan customizer. Content block dan layoutnya sendiri juga mudah disesuaikan. Tak lupa, pengembang juga menyediakan background video dan slideshow.

24. Edge

Tema yang satu ini memiliki desain yang responsif dan jelas. Tak hanya itu, Edge juga dengan mudah terintegrasi dengan media sosial dan kompatibel bila disandingkan dengan WooCommerce.

25. Make

Salah satu tema WordPress terbaik yang mengusung opsi full custom branding. Make juga memiliki layout boxed dan full width. Selain itu, tema juga sudah terintegrasi dengan Google Fonts dan child theme ready.

26. Slipstream

Slipstream adalah tema untuk WordPress yang dikembangkan oleh ThemeLab, salah satu pengembang tema premium.Tema ini didesain agar selalu responsive dan sangat mengutamakan kecepatan. Selain mendukung sidebar kanan, Slipstream juga sangat mudah dikustomisasi.

27. Hueman

Tema Hueman adalah tema yang tepat untuk Anda yang baru memulai website. Dengan pengguna mencapai 70 ribu situs di seluruh dunia, Hueman sangat cocok untuk Anda yang bergerak di bidang majalah online.

28. The Minimal

Seperti namanya, tema ini hadir dengan desain dan layout yang sederhana lagi rapi. The Minimal didesain untuk bisa bekerja secara responsif dan SEO friendly. Tak hanya itu, The Mininal juga sudah kompatibel dengan child theme.

29. FlatOn

Tema WordPress yang satu ini memiliki beragam opsi dan tipografi warna. Desainnya sangat responsif untuk perangkat mobile. Bahkan, Anda juga bisa mengganti read more dengan pilihan teks lain.

30. Accelerate

Tema ini sangat mudah digunakan, meskipnu tetap datang dengan tampilan yang professional. Accelerate dapat digunakan sebagai website portofolio, bisnis,, dan blog personal.

Kesimpulan

Itulah tadi 30 tema WordPress gratis terbaik yang bisa Anda gunakan. Sebuah tema tak hanya memberikan kesan estetis, tetapi juga harus tetap memudahkan pengunjung.

Semoga artike ini bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *