Perkembangan dan kemajuan teknologi tidak bisa dibantah pada saat ini. Teknologi yang berkembang dengan pesat membuat banyak perubahan terjadi dengan begitu cepat. Hal yang dirasakan banya orang di dunia. Tak terkecuali di Indonesia. Dan tak bisa dipungkiri, setiap perubahan-perubahan tersebut dapat memudahkan kemudahan pekerjaan manusia. Peralihan informasi juga menjadi lebih mudah dan cepat, dan lain sebagainya.

Meskipun demikian, tak selamanya perubahan teknologi memberikan dampak yang positif. Perkembangan teknologi juga dapat menimbulkan kerugian jika tidak dibarengi dengan pengelolaan yang maksimal.

Salah satu hasil dari perubahan teknologi yang terjadi dan banyak digunakan saat ini adalah internet. Dan salah satu elemen penting dari internet adalah hosting. Ada banyak jenis hosting yang ada saat ini. Dari mulai shared hosting, dedicated hosting, dan VPS cloud hosting.

Jenis penyimpanan hosting juga ada dua. Yang paling populer tentu saja hard disk dan Solid State Drive, atau yang biasa kita kenal dengan sebutan SSD. Pada artikel ini, kami akan membagikan pada Anda, Sobat Unlimited tentang keuntungan hosting WordPress SSD yang wajib Anda tahu.

Baca Juga : 10 Tema WordPress Terbaik Untuk Bisnis Pernikahan

Apa Itu SSD?

keuntungan hosting SSD

Sebelum lebih jauh membahas tentang keuntungan menggunakan hosting SSD WordPress, alangkah baiknya untuk tahu apa itu SSD. SSD adalah singkatan dari Solid State Drive. SSD tidak memiliki bagian yang bergerak layaknya HDD. Sebaliknya, SSD menggunakan memori flash untuk menyimpan data ke drive. Karenanya, SSD memiliki keunggulan dibandingkan dengan HDD. Antara lain seperti lebih hening, tidak gampang panas, dapat membaca dan menulis data lebih cepat, serta mengkonsumsi daya yang lebih irit dibandingkan HDD.

WordPress, Platform Website Paling Populer

Setiap harinya, pertumbuhan pengguna WordPress semakin banyak dari waktu ke waktu. Tercatat ada lebih dari seribu website yang menggunakan platform WordPress setiap harinya. Ini menjadikan WordPress sebagai content management system paling populer. Content management system lain yang menjadi pesaing WordPress adalah Joomla dan Drupal.

Di Indonesia sendiri, sudah banyak provider hosting yang menawarkan jasa layanan hosting WordPress. Tetapi masih belum banyak yang menawarkan hosting WordPress menggunakan teknologi penyimpanan SSD alias Solid State Drive. SSD sendiri merupakan sebuah teknologi terbaru media penyimpanan, penerus dari HDD alias Hard Disk Drive. Tetapi HDD memiliki struktur seperti USB Flash Drive yang bertumpuk dari sejumlah rangkaian memori.

SSD memiliki banyak keunggulan jika dibandingkan dengan hard disk drive. Dan itulah mengapa banyak yang menggunakan SSD banyak digunakan pada banyak model laptop, desktop, tablet, dan bahkan hosting. Juga, SSD memiliki performa yang lebih cepat, mengonsumsi sedikit lebih sedikit daya. Dibandingkan dengan HDD, SSD memiliki suara yang jauh lebih halus.

Keuntungan Hosting WordPress SSD yang Wajib Anda Tahu

Berikut ini adalah lima keuntungan menggunakan hosting WordPress SSD yang harus Anda tahu:

Kecepatan dan Daya Tahan

keuntungan hosting SSD

Keuntungan menggunakan SSD yang pertama adalah kecepatan dan daya tahan. SSD memiliki fungsi untuk meningkatkan kinerja website WordPress Anda agar senantiasa stabil. Berbeda jauh dengan HDD yang dapat memperlambat kecepatan website dan meningkatkan kemungkinan terjadinya eror.

Hosting WordPress SSD memiliki empat kombinasi percepatan penyimpanan seperti 5 kali lebih cepat dengan latensi yang kecil. SSD juga lebih cepat 20 kali untuk mengakses database, dan juga dapat backup harian secara otomatis. Untuk membuka sebuah file berkapasitas besar, teknologi SSD dapat membuka 30% lebih cepat jika dibandingkan dengan HDD.

Ketika melakukan reboot server, sistem operasi yang menggunakan SSD anya butuh waktu 10 detik saja. Sedangkan HDD dapat memakan waktu 3 hingga 4 kali lebih cepat. Memang perbedaannya tidak terlalu kentara. Namun untuk mereset dan reboot server yang butuh waktu 30-40 detik merupakan waktu yang cukup lama.

Apalagi ketika website Anda lambat saat diakses, tentu akan membuat pengunjung merasa bosan karena menunggu terlalu lama. Ini membuat mereka dengan cepat meninggalkan website Anda.

Selain itu, Google juga akan memberikan hukuman terhadap website yang lambat di akses. Rangking dari website yang lambat akan menurun di mesin pencarian. Hal ini tentunya dapat mempengaruhi penjualan bisnis Anda nantinya.

Oleh karena itu,dengan adanya teknologi SSD pada WordPress hosting menjadi salah satu solusi terbaik untuk bisnis online.

Pemulihan

Tidak seperti HDD yang lebih dulu dikenal, dengan SSD,, Anda bisa memulihkan data yang hilang dengan sangat mudah apabila terjadi error di sistem yang besar. Untuk pemulihan data yang hilang, HDD membutuhkan biaya yang mahal. Juga kurang terjamin keamanan serta jarang memberikan peringatan jika terjadi kesalahan.

Ini berbeda dengan SSD yang selalu memberikan peringatan sebelum terjadinya kesalahan. Ini memungkinkan provider hosting dapat dengan mudah membuat perubahan sebelum terjadinya kegagalan.

Dapat Diandalkan

Membicarakan mengenai hosting WordPress SSD, keandalan merupakan salah satu faktor yang harus diperhitungkan. Proses membaca dan menulis SSD sulit menurun dan jarang mengalami masalah. Tak heran SSD dapat mengamankan data lebih baik lagi.

Berkebalikan dengan HDD berbasis magnet yang lebih mudah mengalami pengikisan. Hal ini dapat mengakibatkan data menjadi terfragmentasi dan menimbulkan masalah yang berat ketika sedang memproses data.

Backup dan Kemudahan Migrasi

keuntungan hosting SSD

Hal yang bisa Anda pertimbangkan ketika memilih layanan hosting WordPress, yaitu dalam hal melakukan proses backup dan migrasi. Di mana, migrasi dari HDD ke SSF atau migrasi dari SSD ke SSD dapat dilakukan dengan sangat sederhana.

SSD dapat secara awet menyimpan data dan kecil kemungkinan akan rusak. Jika SSD mengalami kesalahan dalam melakukan proses migrasi atau pencadangan. Untuk berpindah ke tempat yang baru dapat dilakukan dengan mudah. Hal yang sama juga berlaku untuk perpindahan dari HDD ke SSD atau sebaliknya.

Kekuatan

SSD membutuhkan lebih sedikit daya untuk beroperasi. Ini juga menghasilkan lebih sedikit gesekan daripada HDD. Ini berarti akan memakan energi yang jauh lebih rendah dan efisien. Hal ini juga dapat membuat biaya pendinginan tetapi rendah.

Biaya tersebut umumnya merupakan bagian dari pemeliharaan utilitas saat provider hosting dalam paket yang mereka tawarkan.

Kesimpulan

Banyak keuntungan yang didapatkan jika menggunakan SSD. Tak hanya untuk laptop dan komputer, SSD juga dapat bekerja dengan baik untuk digunakan di web hosting. Semoga artikel ini dapat memberikan wawasan bagi Anda tentang keuntungann hosting WordPress SSD.

Dapatkan web hosting terbaik dengan berlangganan hosting murah terbaik Unlimited.ID. Klik di sini untuk informasi selengkapnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *