Membangun bisnis dengan menjual produk atau jasa bukanlah sebuah pekerjaan yang ringan. Ada berbagai macam aspek yang harus Anda penuhi agar dapat menghasilkan penjualan yang positif. Namun, tidak hanya berada di satu titik itu saja. Anda pastinya ingin penjualan terus meningkat dan produk semakin dikenal masyarakat. Inilah yang disebut dengan brand awareness. 

Brand awareness memang perlu dilakukan secara terus menerus. Karena, setiap menjalankan bisnis, pastinya tidak lepas dari yang namanya persaingan. Persaingan yang sehat dengan meningkatkan brand awareness adalah cara yang tepat untuk Anda lakukan. 

Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan brand awareness. Sobat Unlimited, pada artikel kali ini, kami akan membagikan tips cara meningkatkan brand awareness. Karena itu, simak artikel ini sampai selesai, ya. 

Apa itu Brand Awareness? 

Brand awareness adalah kemampuan konsumen dalam mengenali atau mengingat sebuah merek. Termasuk nama, gambar, logo, dan juga slogan-slogan yang digunakan oleh sebuah brand dalam mempromosikan produk mereka. 

Kemampuan konsumen untuk mengenal dan mengingat brand berperan besar dalam keputusan seseorang untuk membeli barang. 

Mengapa Brand Awareness Begitu Penting? 

Brand awareness begitu penting bagi sebuah bisnis. Karena tidak hanya mengundang konsumen untuk melakukan pembelian produk Anda untuk kali pertama. Namun, brand awareness juga membuat konsumen untuk melakukan repeat order. 

Konsumen mungkin memilih untuk membeli barang atau memakai jasa dari brand yang mereka percayai dan mudah dikenali. Misalnya, dari logo dan tagline bisnis Anda. Maka dari itu brand Anda adalah hal pertama yang akan muncul di pikiran konsumen ketika mereka membeli sesuatu.

Cara Meningkatkan Brand Awareness Bisnis Anda

Berikut ini adalah tujuh cara membangun brand awareness yang bisa Anda terapkan: 

Membangun Brand Awareness Dengan Sosial Media 

Pada saat ini, media sosial adalah salah satu bagian penting dari sebuah brand. Lewat sosial media, tidak hanya produk yang menjadi fokusnya, tetapi juga para konsumen. Melalui media sosial, sebuah brand bisa berinteraksi dengan para konsumen dan calon konsumen secara langsung. 

Dalam menggunakan sosial media, Anda juga harus menyusun strategi yang tepat. Anda harus memastikan bahwa media sosial bisnis Anda aktif. Berarti, Anda harus sering posting dan jangan lupa untuk berinteraksi dengan pengikut Anda. 

Baca Juga : Cara Cek DA dan PA Website 

Jika Anda merasa sulit mencari waktu untuk aktif media sosial, ada berbagai tools yang bisa Anda gunakan untuk menyusun jadwal postingan untuk sosial media. Beberapa tools yang populer antara lain Hootsuite, Buffer dan lain sebagainya. 

Content Marketing 

Content marketing adalah proses merencanakan, membuat, mendistribusikan, berbagi, dan menerbitkan konten untuk menjangkau target audiens Anda. Dalam praktik bisnis, cara ini berpotensi membantu Anda untuk meningkatkan kesadaran merek, penjualan, dan dapat terhubung  dengan target audiens Anda. 

Tujuan dari content marketing adalah membantu brand Anda untuk menekankan citra dan pesan dari bisnis Anda. Untuk memulai content marketing, langkah pertama yang bisa Anda lakukan adalah membuat strategi yang bagus. 

Strategi content marketing bisa dimulai dari menentukan tujuan, menetapkan KPI, jenis konten, dan memilih saluran pemasaran. 

Video Marketing 

Untuk meningkatkan brand awareness, Anda juga bisa menggunakan video marketing. Video marketing adalah salah satu cara populer untuk membangun brand awareness. Anda bisa mengakses pelanggan yang lebih luas dengan cara ini. 

Setidaknya, ada tiga jenis video marketing. Yaitu explainer video dan pre-roll video. Explainer video adalah video yang menjelaskan informasi penting mengenai bisnis Anda. Sedangkan pre-roll video adalah video iklan yang muncul sebelum video yang ingin Anda tonton. Dan jenis video marketing yang ketiga adalah vlog atau video blog. Anda bisa membuat video blog dengan optimasi keyword. 

Influencer Marketing 

Brand influencer, atau biasa disebut dengan istilah influencer adalah individu yang memanfaatkan kecakapan media sosialnya untuk secara otentik melibatkan dan menghubungkan audiens dan brand. Ini artinya, influencer media sosial menjalin kemitraan dengan sebuah brand untuk membuat konten bersponsor. Dalam tren konsumen saat ini, semakin umum bagi pengiklan untuk memanfaatkan pengaruh brand untuk mencapai tujuan pemasaran. 

Indikator influencer yang efektif untuk pemasaran produk Anda, salah satunya ada pada jumlah followersnya. Kemudian baru platform yang digunakan untuk membagikan kontennya. Sekarang Anda bisa fokus ke pada jumlah followers terlebih dahulu. Berdasarkan jumlah followersnya, influencer terbagi menjadi tiga kategori. Yaitu mikro influencer, makro influencer, dan mega influencer. 

Social Media Marketing

Social media marketing kini menjadi suatu cara dalam mempromosikan produk melalui media sosial. Cara ini dinilai cukup efektif dalam menjangkau target audiens dengan sangat mudah. 

Social media marketing adalah salah satu teknik marketing online dengan cara mempromosikan produk atau jasa ke media sosial. Misalnya seperti Facebook, Instagram, Twitter, dan lain sebagainya. Pada tahun 2021, ada banyak sekali jenis media sosial yang bermunculan. Sehingga, pemilihan platform media sosial yang tepat, untuk strategi sosial media marketing menjadi salah satu kunci kesuksesan menggunakan teknik yang satu ini. 

Optimasi SEO 

Salah satu cara untuk meningkatkan brand awareness yang cukup ampuh adalah menggunakan strategi SEO. Dengan SEO, website bisnis Anda dapat dioptimasi sedemikian rupa dengan memberikan kata kunci yang tepat hingga konten yang berkualitas. 

Menjalankan strategi SEO yang tepat bisa membuat website Anda naik di halaman hasil pencarian Google. Traffic website Anda bisa lebih tinggi. 

Mengukur Brand Awareness

Pertanyaannya kemudian adalah, bagaimana cara mengukur brand awareness? Berikut ini adalah indikator-indikator yang bisa Anda gunakan untuk mengukur brand awareness: 

  • Traffic Website. Lalu lintas yang masuk ke website menunjukkan berapa banyak pengunjung yang tertarik dan mengikuti brand Anda. Dengan jumlah traffic, Anda bisa mengetahui konten dan produk apakah yang menarik dan dapat dipromosikan. Juga, Anda akan tahu konten apa saja yang kurang diminati pengunjung. 
  • Engagement sosial media. Indikator brand awareness selanjutnya adalah engagement media sosial. Engagement umumnya ditunjukkan dari jumlah pengikut,, like, retweet dan komentar yang terus meningkat. 
  • Pendapat pasar. Pendapat masyarakat tentang sebuah brand bisa juga menjadi cerminan brand awareness. Ketika ada komentar buruk tentang sebuah brand, impresi yang negatif bisa menular ke calon konsumen lainnya. Sebaliknya, jika terjadi pendapat positif, maka bisa menjadi peluang besar terjadinya konversi. 

Penutup 

Meningkatkan brand awareness bukanlah sebuah hal yang mudah, semudah membalik telapak tangan. Ada banyak cara tips meningkatkan brand awareness yang bisa Anda lakukan. Termasuk tips meningkatkan brand awareness diatas. 

Mau punya website cepat, aman dan andal? Tunggu apalagi, ayo berlangganan domain dan hosting murah terbaik Unlimited.ID Pilih paket hosting favorit Anda dan rasakan manfaatnya. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *