Jika Anda sedang menjalankan bisnis, tentu Anda mengharapkan bisnis yang Anda lakukan saat ini mengalami peningkatan dari semua sisinya. Salah satunya adalah dengan mengembangkan bisnis online. Go online adalah cara yang paling jitu agar bisnis yang sudah berjalan sebelumnya dapat lebih berkembang. Terutama dengan perkembangan dari dunia digital yang terus meningkat inilah yang membuat perubahan yang signifikan terhadap bisnis Anda.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan ketika Anda melakukan aktivitas pemasaran. Anda Bisa menggunakan berbagai platform dan layanan,tentu saja. Salah satunya adalah menggunakan teknik email marketing.

Email marketing telah menjadi upaya dalam strategi online marketing yang efisien minim anggaran. Tak hanya itu, email marketing juga sangat efektif dalam membangun kedekatan dengan pelanggan potensial Anda. Tools email marketing juga sangat banyak. Dan peruntukannya sendiri juga sangat variatif, meskipun urusan bisnis masih jadi yang utama.

Tapi, apakah hanya itu saja alasan Anda harus menggunakan email marketing? Tentu saja tidak. Email marketing memiliki banyak manfaat untuk memperlancar aktivitas bisnis Anda. Maka dari itu, pada artikel kali ini, kami akan membagikan alasan mengapa bisnis online membutuhkan email marketing.

Email Marketing Adalah

alasan menggunakan email marketing

Lantas, apa yang dimaksud dengan email marketing? Email marketing adalah sebuah bentuk dari pemasaran langsung, yang menjadi bagian dari pemasaran digital, yang menggunakan email untuk mempromosikan produk.

Cara ini dapat membantu pelanggan Anda untuk mengetahui item atau penawaran terbaru dari Anda. Email marketing juga memainka peran penting dalam strategi pemasaran Anda yang berorientasi pada lead, brand awareness, dan menjaga hubungan dengan pelanggan.

Alasan Menggunakan Email Marketing Untuk Bisnis?

Email marketing merupakan salah satu media yang sangat efektif dan dapat digunakan berbagai jenis industry. Hal ini karena Anda dapat mengirim email ke calon pelanggan tertarget dengan biaya yang tentu saja lebih terjangau. Penggunaan email marketing juga meningkat setiap tahunnya.

Berikut ini adalah alasan menggunakan email email marketing untuk bisnis:

1. Hemat Waktu

Alasan menggunakan email marketing, yang pertama bisa menjadi penguat untuk penghematan waktu yang dapat Anda lakukan. Email marketing sendiri hanya terdiri dari proses yang itu-itu saja. Bayangkan, berapa banyak waktu Anda yang terbuang untuk mengirim email secara manual.

Dengan menggunakan tools email marketing, setidaknya pekerjaan ini bisa Anda serahkan ke sistem yang ada. Sehingga, Anda akan lebih fokus untuk menjalankan bisnis.

2. Bersifat Lebih Personal

Penggunaan email marketing memungkinkan Anda untuk berkomunikasi secara lebih personal dengan calon pelanggan. Ya, karena email akan langsung dikirimkan kepada masing-masing pelanggan. Tentunya hal ini dapat menjadikan hubungan antara brand dengan pelanggan mejadi lebih dekat.

Salah satu bentuk komunikasi yang personal, misalnya dengan menyapa pelanggan dengan menyebut nama mereka. Email yang menggunakan sapaan nama memiliki open rate yang lebih tinggi dibandingkan yang tidak.

3. Meningkatkan Trafik dan Penjualan

Sobat Unlimited, tentu kita semua paham bahwa trafik website tidak hanya datang dari organic search, iklan, atau media sosial. Bahkan email juga dapat mendatangkan trafik ke website Anda. Dengan email marketing, Anda bisa membuat CTA yang mengarah pada website Anda.

Sehingga, ketika ada pelanggan yang melakukan klik pada CTA tersebut, otomatis masuk menjadi trafik website Anda. Semakin tinggi tingkat traffic website, peluang penjualan bisnis Anda juga akan semakin tinggi.

4. Meningkatkan Efisiensi Bisnis

alasan menggunakan email marketing

Kita semua tentu mengharapkan bisnis yang sedang dijalani saat ini semakin berkembang. Dan dengan semakin berkembangnya bisnis, juga membutuhkan SDM yang lebih banyak lagi. Terutama di bagian yang bertugas berkomunikasi dengan pelanggan. Komunikasi dengan pelangggan adalah salah satu jenis komunikasi berulang dengan pelanggan.

Penggunaan email marketing, maka pada saat bersamaan Anda tetap masih bisa melayani lebih banyak pelanggan dengan jumlah staf yang sama, atau bahkan lebih sedikit lagi. Inilah salah satu jenis efisiensi yang bisa Anda dapatkan.

5. Alat Pemasaran yang Efektif

Email dapat dikatakan sebagai salah satu saluran pemasaran yang paling efektif saat ini. Bahkan jika dibandingkan dengan aplikasi saluran pemasaran lain seperti Facebook Ads,misalnya. Bahkan, hanya dengan biaya kurang dari 10 ribu rupiah per hari, Anda bisa mengirimkan email sebanyak mungkin ke lebih dari 1000 kontak yang ada.

Sangat banyak bukan? Semakin banyak email yang terkirim, peluang terjadinya lead tentu juga akan semakin meningkat.

Untuk melakuan email marketing, Anda tidak harus selalu mengeluarkan baya yang besar. Bahkan, tak sedikit tools yang menyediakan layanan secara gratis untuk membuat email marketing. Tools tersebut antara lain seperti Mailchimp, Benchmark, atau Verticacl Limit.

6. Mendorong Calon Klien Untuk Berbelanja

Email marketing juga dapat menjadi cara untuk mendorong klien agar selalu berbelanja, menggunakan produk atau jasa yang Anda tawarkan. Anda bisa memberikan penawaran menarik kepada masing-masing calon klien lewat email yang Anda kirim.

Misalnya, dengan memperkenalkan produk atau jasa yang spesial, yang bisa menarik perhatian calon pelanggan. Atau, Anda juga bisa memberikan kode kupon hanya pada akun email yang menjadi subscriber Anda.

Rekomendasi Platform Email Marketing

1. MailChimp

Nama pertama yang kami rekomendasikan tentu saja adalah MailChimp. Siapa yang tak kenal dengan platform yang satu ini. Untuk Anda, pebisnis dengan pelanggan kurang dari 2 ribu akun email, MailChimp menyediakan layanan gratis. Hanya saja, fitur yang akan dapatkan cukup terbatas, salah satunya, maksimal hanya bisa mengirimkan 12 ribu email per bulan.

Versi gratis Mailchimp antara lain seperti template email, segmentasi audiens, dan laporan performa email marketing.

2. Benchmark

Kemudian ada nama Benchmark. Platform ini juga menyediakan layanan gratis untuk penggunanya. Versi gratis Benchmark memungkinkan penggunanya untuk mengirimkan hingga 14 ribu email per bulan kepada 2 ribu penerima.

Fitur gratis yang dapat Anda nikmati pada platform ini antara lain desain email, template yang responsif, otomasi, dan sign up form. Ada juga fitur email delivery management dan Google Analytics Tracking.

3. Zoho Campaigns

alasan menggunakan email marketing

Bisa dibilang, Zoho Campaigns memiliki layanan gratis serupa Mailchimp, dengan pengiriman maksimal hingga 12 ribu email per bulan kepada hingga 2 ribu penerima. Pada fitur gratisannya, pengguna bisa mengakses hampir semua fitur dasar email marketing. Kecuali fitur marketing automation.

4. Vertical Response

Platform email marketing yang selanjutnya adalah Vertical Response. Platform ini juga memberikan layanan gratis yang bisa mengirimkan hingga 4 ribu email pada 300 penerima. Versi gratis yang bisa Anda dapatkan antara lain seperti email editor, template yang mobile friendly dan social media sharing.

Ada juga fitur report dan HTML. Termasuk komplit untuk fitur gratisan.

Penutup

Email marketing adalah salah satu tools penting dalam digital marketing. Menggarap email marketing akan membuat kampanye email marketing Anda menjadi semakin baik. Alasan menggunakan email marketing untuk bisnis, jadi sangat penting untuk Anda mengetahuinya

Mau website kencang dan dapat diandalkan? Tunggu apalagi, ayo berlangganan hosting murah terbaik dari Unlimited.ID.

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *