Pembaca Unlimited, pernahkah Anda mendengar apa itu domain authority? Jika Anda adalah orang yang akrab dengan dunia internet, terutama tentang website, domain dan hosting pasti akrab dengan frasa ini. Bagi sebagian lain, yang tidak bersentuhan secara langsung dengan dunia website, pasti akan merasa asing dengan istilah yang biasa dikenal dengan DA tersebut. Banyak sekali artikel di internet yang mengulas apa itu domain authority. Lalu, apa sesungguhnya definisi dari domain authority itu sendiri, dan mengapa ia bisa memberikan pengaruh pada peringat sebuah website di halaman pencarian? Selain itu, bagaimana cara yang tepat untuk mengukur sebuah domain authority juga masih menjadi pertanyaan.

Pembaca Unlimited, berikut ini adalah segala jenis informasi yang Anda butuhkan mengenai domain authority.

Pengertian Domain Authority

Apa itu domain authority? Domain authority adalah sebuah website metric yang digunakan untuk mengukur kepercayaan sebuah website. Tools yang dikembangkan oleh Moz ini akan memprediksi seberapa bagus ranking sebuah website di hasil pencarian mesin pencari, search engine result page (SERP). Skala pengukurannya dai nol hingga 100. Sementara cara penilaiannya adalah semakin besar skor respon, semakin bagus pula peringkat sebuah website di mesin pencari.

Apa Itu Domain Authority

Secara umum, DA ditentukan dengan menghitung banyak factor, termasuk menautkan domain root dan jumlah total tautan ke dalam skor DA tunggal. Skor ini kemudian dapat digunakan untuk membandingkan atau melacak ranking sebuah website dari waktu ke waktu.

Skor DA ini sangat penting bagi keberlangsungan sebuah website, karena berhubungan langsung dengan search engine optimization atau SEO. Tingginya skor DA tak hanya menjadi bukti tingkat kepercayaan pengguna website tersebut. Namun juga berpengaruh pada page rank di mesin pencari, dalam hal ini Google.

Banyak ahli SEO yang berpendapat nilai domain authority juga digunakan Google untuk menentukan page rank pada halaman situsnya. Tentu bukan sebuah pendapat yang tidak beralasan. Umumnya website yang memiliki nilai DA yang tinggi berada di halaman pertama dan berada pada posisi atas di mesin pencari. Maka tak salah jika halaman pertama mesin pencari selalu di dominasi oleh website dengan skor DA yang tinggi.

Memiliki nilai DA yang tinggi tentu memberikan dampak yang sangat positif. Dengan berada di halaman pertama halaman pencarian, sebuah website, semakin besar website Anda untuk mendapat pengunjung lebih banyak. Jadi, dibandingkan website yang memiliki DA yang rendah, tentu lebih baik untuk mendapatkan nilai DA yang tinggi.

Berikut tiga faktor yang mempengaruhi nilai domain authority:

  1. Usia Domain

Semakin lama keberadaan sebuah domain dan aktitivitas yang tinggi, semakin tinggi pula nilai DA dari domain tersebut. Mengapa? Karena hal ini menunjukkan konsistensi dari si pemiliki website dalam mengelola websitenya. Google akan menganggapnya layak dinilai tinggi dan penilaian ini juga mempengaruhi peringkat di halaman pencarian.

  1. Popularitas Domain

Populernya sebuah website dapat terlihat dari berapa jumlah link yang masuk melalui situs-situs berkualitas. Biasanya dikenal dengan inbound link. Inbound link memiliki arti pemberian rekomendasi terhadap situs Anda (backlink). Inbound link juga bisa didapatkan dengan cara ikut memberikan komentar pada website atau blog orang lain alias blogwalking. Atau Anda bisa mempromosikan domain Anda pada forum-forum terkait.

Hal-hal tersebut adalah cara ampuh untuk mendongkrak banyaknya pengunjung website dari hasil menguatnya domain di SERP atau search engine result page.

  1. Ukuran Domain

Ukuran yang dimaksud disini adalah banyaknya konten yang telah dipublikasikan di website Anda. Semakin banyak jumlah konten, maka semakin besar pula ukuran domain tersebut. Karena itulah banyak blogger atau pemiliki website rutin membuat konten baru setiap harinya. Hanya saja jumlah konten saja tak cukup. Sebab mesin pencari akan menilai seberapa berkualitas konten tersebut.

Perbedaan Domain Authority dan Page Authority

Sebagian dari Anda tentu perna mendengar istilah ini. Jadi sebenarnya apa perbedaan domain authority dan page authority? Keduanya adalah barometer baik bagi sebiah website ataupun halaman website yang berkualitas bagi mesin pencari. Secara sederhana, domain authority seperti penilaian atas sebuah rumah secara keseluruhan. Sedangkan page authority adalah penilain pada salah satu bagiannya saja. Contohnya salah satu ruangan yang ada di rumah tersebut.

Dan untuk mengoptimalkan kinerja SEO, tentu saja DA dan PA harus berjalan seiring sejalan.

Cara Menguji Domain Authority

Sebagai pemilik website, tentu saja Anda bisa menguji domain authority website. Banyak website yang bisa Anda gunakan untuk melakukannya. Salah satunya adalah moz.com. Anda juga bisa menggunakan add on SEO dari MOZ yang bisa dipasang di browser Anda, bisa di Chrome atau Firefox. Add on ini bisa diunduh dengan gratis. Setelah add on terpasang, Anda bisa langsung mengetahui DA dan PA sebuah website saat mengunjunginya.

Cara menguji Domain Authority di MOZ

  • Masukkan alamat website pada kolom URL yang ada
  • Kemudian klik “Search” di bawah kolom URL
  • Hasilnya akan keluar kemudian

Apa Itu Domain Authority

Cara Meningkatkan Domain Authority

Jika website Anda belum memiliki nilai domain authority yang tinggi, tidak perlu khawatir. Terdapat cara meningkatkan domain authority yang bisa Anda lakukan. Lalu, bagaimana caranya? Berikut cara meningkatkan domain authority:

  1. Membuat Konten Berkualitas

Hal pertama yang harus Anda lakukan untuk meningkatkan skor domain authority adalah dengan membuat konten berkualitas. Buatlah konten yang informatif, rapi, dan tentuna konsisten. Konten yang buruk hanya akan mengecewakan pengunjung karena merasa waktunya terbuang sia-sia.

Kemudian Google sebagai mesin pencari juga menilai kualitas sebuah konten. Semakin bagus kualitas sebuah konten, akan semakin bagus penilaian yang diberikan oleh Google. Dimana penilaian ini sangat berpengaruh pada hasil pencarian di mesin pencari.

  1. Promosi Konten

Anda telah berhasil membuat konten yang berkualitas. Yang harus Anda lakukan kemudian adalah mempromosikannya. Terdapat beragam saluran promosi yang bisa Anda gunakan. Menggunakn media social misalnya. Silakan bagikan konten yang telah Anda buat di media social seperti Facebook, Instagram, dan Twitter. Buatlah promosi yang menarik agar mampu menarik pengunjung. Semakin banyak yang melihat promosi tersebut, semakin besar pula potensi klik yang akan didapat.

  1. Menerapkan SEO

Ketiga, cara meningkatkan domain authority adalah menerapkan SEO. Tentu bukan sembarang SEO yang diterapkan. Anda harus menerapkan Teknik SEO yang tepat. Alangkah baiknya jika mempelajari hal ini secara mendalam. Karena bisa dikatakan, SEO adalah dasar dari peningkatan nilai DA ini.

Apa Itu Domain Authority

Kesimpulan

Pembaca Unlimited, demikianlah pembahasan mengenai domain authority. Semoga Anda semua telah memahami apa itu domain authority. Juga bagaimana cara meningkatkan skor domain authority. SEO berperan besar untuk meningkatkan peringkat DA.

Untuk mengalami serunya mempelajari domain authority, segeralah membuat website Anda sendiri dan berlangganan hosting di Unlimited. Anda bisa memulainya dengan menemukan domain Anda sendiri disini.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *