Apa itu ekstensi domain adalah sebuah pengetahuan yang harus anda pelajari terlebih dahulu sebelum membuat sebuah website. Tentu saja dalam membuat website ada banyak proses yang harus dilalui. Untuk bisa melakukannya dengan baik, anda harus paham darimana harus memulainya. Hal ini tentu tidak akan susah anda terapkan jika anda mampu melakukannya dengan tepat. Penggunaan website ada banyak sekali pilihannya, mulai dari yang memiliki akhiran .com, .net, dan .id. Ada juga banyak sekali pilihan lain yang bisa anda pilih didalamnya. Bagi anda yang masih pemula, anda juga tak perlu cemas karena sebetulnya cara untuk membuat sebuah ekstensi domain itu mudah sekali. Untuk bisa lebih meningkatkan pemahaman anda dalam membuat sebuah website anda bisa membaca penjelasan yang ada dibawah ini.

Website Itu Apa Sih?

Apa Itu Ekstensi Domain

unlimited.id

Sebelum melangkah lebih jauh mengenai apa itu ekstensi domain, anda harus tau website itu sebenarnya apa sih? Di era modern seperti sekarang ini banyak orang mencari informasi lewat internet. Google pun menjadi salah satu mesin pencari yang banyak dipakai dan menunjukan hasil yang sangat relevan dengan yang dibutuhkan saat ini. Jadi kalau anda benar-benar ingin membuat sebuah website, sebenarnya simpel sekali untuk melakukannya. Dalam website tersebut nantinya akan disajikan informasi dalam berbagai cara. Yang paling terkenal dan banyak dicapai adalah artikel, gambar, dan juga video. Terkait mengenai penerapannya ada banyak sekali kemudahan yang akan bisa anda peroleh dalam membuat website tersebut.

Anda Memerlukan Sebuah Hosting

Pastinya anda juga membutuhkan sebuah hosting. Dalam apa itu ekstensi domain ini, anda juga harus tau fungsi signifikan dari sebuah hosting. Ibarat sebuah rumah, hosting adalah tempat dimana semua data yang ada di web dikumpulkan jadi satu dan membentuk web yang ada saat ini. Didalam hosting ini banyak data yang tersedia dengan berbagai jenis, mulai dari data gambar, data tulisan, data sistem dan lain sebagainya. Jadi sebelum tau apa itu ekstensi domain, anda harus tau apa saja isi dari domain yang nantinya menjadi pondasi dari web anda tersebut.

Apa Itu Ekstensi Domain? Ini Jawabannya

Apa itu ekstensi domain? Jawabannya adalah sebagai berikut. Ekstensi adalah sebuah kata yang terletak pada bagian kanan nama domain anda. Contohnya bisa anda lihat pada misal website namaanda.com. Kata namaanda adalah nama dari domain anda. Sementara .com adalah nama dari ekstensi domain. Anda sudah paham sampai sini bukan? Pada dasarnya hal tersebut bisa menjadi ciri khas dari web yang anda buat itu sendiri. Misalnya anda ingin membuat sebuah website tentang artikel maka anda bisa memakai ekstensi .com, sementara jika web anda berisi tentang informasi teknologi dan lain sebagainya, anda bisa memakai ekstensi .net. Lalu, untuk organisasi anda bisa memilih ekstensi .org. Untuk opsi alternatif lainnya juga ada .asia, dan .info untuk anda yang ingin memberikan informasi terkini dan terupdate kapda pembaca.

Sampai sini apa itu ekstensi domain mungkin sudah masuk di pemahaman anda. Tapi juga perlu diketahui juga apa saja tipe domain yang harus anda ketahui. Ada banyak sekali tipe domain yang bisa anda plh. Jadi and ahanya tinggal memilih mana satu yang sesuai dengan kebutuhan anda saat ini. Pertanyaan mungkin akan muncul dari sini. Apakah anda harus memilih ekstensi dengan nama .com seperti halnya web yang populer lainnya? Atau anda harus memilih pilihan .net supaya bisa tampil beda. Ada juga pilihan .online yang merupakan pilihan apa itu ekstensi domain paling antimainstream dibandingkan dengan yang lainnya. Bahkan ada juga yang mau pilih .id karena ingin membawa nama indonesia atau termasuk warga indonesia. Semua pilihan sebetulnya tidak masalah karena itu akan kembali lagi ke selera anda pastinya.

Pilihan Ekstensi Domain Yang Bisa Digunakan

Apa Itu Ekstensi Domain

unlimited.id

Generic Top Level Domain

Pilihan dari tipe apa itu ekstensi domain yang pertama adalah gTLD atau Generic Top Level Domain. Darisini anda akan bisa melihat beberapa contoh yang umum misalnya .com, .org, .net, .edu, dan lain sebagainya. Semuanya bisa anda pakai untuk kategori apa saja. Tentu saja ini juga akan memberikan banyak manfaat. Pilihan lainnya adalah .name, .org, .pro, .gov, dan masih banyak yang bisa tersedia untuk anda.

Country Code Top Level Domain

Pilihan apa itu ekstensi domain yang selanjutnya adalah pilihan yang didasari atas kode negara. Anda bisa melihatnya pada beberapa contoh yang signifikan, antara lain .id yang merupakan simbol ekstensi dari negara di Indonesia. Kemudian ada juga .sg yang merupakan simbol dari negara Singapura. Ada juga simbol .us yang merupakan ekstensi melambangkan nama domain Amerika. Ada juga .my, yang menjadi simbol dari nama domain Malaysia. Atau juga pilihan .au yang merupakan nama domain untuk negara Australia.

New Generic Top Level Domain

Opsi lain dari apa itu ekstensi domain yaitu NgTLD atau merupakan nama domain top level terbaru yang sedang booming saat ini. Misalnya adalah .tech yang menyimbolkan situs tersebut memberikan informasi atau topic tentang teknologi. Lalu ada juga .site yang melambangkan web untuk personal, atau professional. Ada juga pilihan website .space yang melambangkan website untuk berbagai industri yang kreatif seperti startup, fotografi, dan lain sebagainya. Tentu semua itu memiliki manfaatnya tersendiri yang signifikan didalamnya.

Top Level Domain Indonesia

Taukah kamu bahwa ada juga Top Level Domain Indonesia yang bisa dipilh? Dari sini anda akan melihat semua ekstensi yang dikelola oleh PANDI atau kepanjangan dari Pengelola Nama Domain Internet Di Indonesia. Jadi untuk bisa membuat domain yang tepat, tidak boleh sembarangan. Anda harus punya berbagai persyaratan khusus untuk bisa mendapatkan ekstensi dari PANDI ini. Beberapa contoh dari ekstensi yang dikelola oleh PANDI tersebut yakni ac.id, co.id, or.id, sch.id, dan lain sebagainya. Biasanya ekstensi itu dipakai untuk lingkungan akademik atau perguruan tinggi. Ada juga yang digunakan untuk sekolah, organisasi, instansi pemerintah dan lain sebagainya.

Baca Juga: Cara Menjadi Reseller Online Shop Yang Sukses Untuk Pemula

Lalu Apa Itu Ekstensi Domain Yang Harus Saya Pilih?

Apa Itu Ekstensi Domain

unlimited.id

Pertanyaan finalnya adalah mana ekstensi yang harus anda pilih. Yang terpenting adalah memilih yang sesuai dengan isi dan topik dari website anda tersebut. Dengan memilih nama domain yang tepat, sudah pasti akan lebih banyak yang bisaa anda peroleh nantinya. Keuntungan tersebut akan bisa anda rasakan manfaatnya secara signifikan. Tapi daripada fokus pada ekstensi sebaiknya fokus pada nama domain saja. Sebaiknya jangan panjang-panjang. Supaya mudah diingat oleh pengunjung setia pastinya. Selain itu, ekstensinya juga sebaiknya bisa anda pilih sendiri sesuai yang anda mau. Jika anda menarget pengunjung luar negeri, silahkan saja memakai ekstensi country mereka, semua pilihan di tangan anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *