Saat akan membuat website, Anda akan membutuhkan file dan folder. Juga, semakin rumit website yang Anda bangun, semakin banyak file dan forlder yang And butuhkan. Apalagi kalau Anda adalah pengembang ataupun desainer website, hal ini tentu akan sangat menyulitkan. Akan ada kemungkinan Anda sebagai pengguna lupa ke mana file media atau mungkin folder tema hilang dan tidak bisa mentrasfer ke server dengan benar.  Sehingga, Anda memerlukan bantuan FTP alias file transfer protocol.

Yang menjadi dasar dari internet adalah kemampuna transfer atau memindahkan file dari satu komputer ke komputer lain. Tak perduli di mana lokasinya. Ada cukup banyak protokol transfer yang dikenal saat ini. Salah satunya adalah FTP.

Lantas, apa sebenarnya yang dimaksud dengan FTP?

Sobat Unlimited, pada artike kali ini, kami akan membagikan informasi pada Anda tentanng apa itu FTP dan kegunaannya. Sehingga setelah membaca artikel ini, Sobat jadi lebih mengerti apa itu FTP berikut kegunaannya.

Apa Itu FTP?

apa itu FTP

FTP alias file transfer protocol adalah salah satu protokol tertua yang digunakan untuk mentransfer file di jaringan, antara server lokal dan global. FTP memungkinkan Anda untuk mentrasfer segala jenis file tanpa batasan ekstensi file.

Pada istilah yang paling sederhana, FTP adalah cara yang memunngkinkan Anda memindahkan file lewat internet. Sebagai salah satu protokol tertua yang masih digunakan hingga sekarang, Anda tak hanya bisa memindahkan file. Dengan menggunakan FTP, Anda juga bisa mengunduh dan mengupload file dari internet.

Protokol ini berbasis pada Transmission Control Protcoldan Internet Protocol atau TCP/IP. Intinya, setiap kali Anda mencoba mentransfer file di internet, TCP/IP akan mengirim file tersebut dari komputer ke jaringan online, dan begitu pula sebaliknya.

Sejarah FTP

Pada bagian sebelumya artikel ini telah dijelaskan apa itu FTP. Namun alangkah baiknya kita flashback sejenak dengan mengulik sejarah FTP. FTP memiliki hubungan dengan Telnet. Telnet digunakan untuk melakukan koneksi langsung atau indirect network. Sedangkan FTP menggunakan koneksi tidak langsung.

Yang dimaksud dengan koneksi tidak langsung adalah penggunaan sumber daya dari remote host dan menggunakannya pada sistem atau jaringan lokal. Lalu memindahkan kembali ke remote host.

Standar FTP sendiri pertama kali dikenalkan pada tahun 1971 dengan nama RFC. Bahkan TCP dan IP belum ada kala itu. Standar ini digunakan untuk mendefinisikan perintah dasar yang digunakan untuk perencanaan sistem komunikasi yang ingin menggunakannya.

Cara Kerja FTP

Koneksi FTP membutuhkan dua sisi untuk membangun dan berkomunikasi di jaringan. Untuk dapat melakukan sambungan, pengguna harus memiliki izin dengan memberikan kredensial ke server FTP. Beberapa server FTP public memungkinkan untuk tidak menggunakan kredensial. Hal ini umum terjadi dalam anonymous FTP.

Terdapat dua saluran komunikasi yang berbeda saat membuat koneksi FTP. Yang pertama disebut saluran perintah di mana instruksi dan respon. Yang lainnya disebut dengan saluran data, tempat di mana distribusi data terjadi.

Kegunaan FTP

apa itu FTP

Kita sudah membahas apa itu FTP dan juga bagaimana cara kerjanya. Pertanyaan selanjutnya adalah, apa kegunaan FTP. FTP memiliki beberapa fungsi yang digunakan banyak orang. Diantaranya dipakai untuk mengunggah halaman website ke internet. Proses unggah halaman website ini dilakukan melalui web hosting.

FTP juga dapat digunakan untuk meng-update program pada aplikasi FTP. Berikut ini adalah secara ringkas kegunaan dari FTP:

  • Melakukan proses upload halaman website ke internet via web server atau web hosting.
  • Bisa digunakan untuk browsing dan mengunduh file dari sebuah website.
  • Dapat digunakan untuk mengirim file dalam ukuran besar.
  • Bisa untuk unggah dan unduh konten.

Aplikasi FTP Terbaik

Untuk memudahkan Anda memindahkan file menggunakan FTP, Anda bisa menggunakan aplikasi FTP client yang banyak bertebaran di internet. Carilah aplikasi FTP client yang bisa digunakan di banyak sistem operasi. Berikut ini adalah ringkasan aplikasi FTP client terbaik versi Unlimited.ID

  • FileZilla

Bisa dikatakan, bahwa FileZilla adalah salah satu aplikasi FTP client yang paling populer. FileZilla populer bukan hanya karena gratis dan gampang diunduh, namun juga tak membutuhkan waktu lama untuk mempelajarinya. Walaupun memiliki interface yang sedikit old school, pengguna dapat menautkan file di website dan menyimpannya di komputer.

Ya, memang Anda akan sedikit memerlukan waktu untuk membiasakan diri dengan tampilan antar muka FileZilla, tak bisa dipungkiri ini adalah salah satu aplikasi FTP client terbaik yang ada saat ini. Salah satu keunggulannya tentu saja, FileZilla dapat digunakan pada banyak sistem operasi.

  • Cyberduck

Aplikasi FTP client terbaik selanjutnya adalah Cyberduck. FTP client yang satu ini dapat digunakan untuk Anda yang menggunakan sistem operasi Windows dan Mac. Untuk pengguna kedua sistem operasi tersebut, Cyberduck menawarkan tampilan interface yang modern dan bersih.

Bukan hanya itu, Cyberduck juga sangat pas bagi Anda yang gemar melakukan sinkronisasi dengan layanan penyimpanan cloud pihak ketiga seperti Google Drive dan Dropbox.

  • WinSCP

apa itu FTP

Walaupun tidak sepopuler FileZilla, WinSCP juga salah satu aplikasi FTP client dengan pengguna yang cukup banyak. Utamanya pengguna yang menggunakan sistem operasi Windows. Client FTP yang satu ini dapat menghubungkan server lokal dan server online Anda dengan baik.

Tools open source yang satu ini telah diunduh dan digunakan ratusan juta kali. Tampilan antar mukanya sendiri cukup mirip dengan FileZilla dengan modul ganda untuk memindahkan file.

Pengguna juga bisa menyesuaikan halaman utama dengan banyak tab, beragam tipe perintah, dan sessions. Bahkan beberapa sesi dapat dilakukan pada layar yang sama, sehingga memungkinkan Anda dapat menyelesaikan lebih banyak pekerjaan sekaligus.

  • gFTP

Untuk Anda pengguna sistem operasi Linux, aplikasi FTP client terbaik yang bisa Anda gunakan adalah gFTP. gFTP adalah aplikasi FTP client gratis berbasis open source. Aplikasi FTP ini memiliki GUI dan command line interface.

GUI-nya menggunakan layout panel ganda yang sudah familiar. Dan dilengkapi dengan sistem file lokal di panel kiri dan remote file di panel kanan. Di bawahnya terdapat daftar antrean transfer yang menunjukkan status realtime dari aktivitas transfer yang sedang terjadi.

Baca Juga : Aplikasi FTP Client Terbaik Untuk Semua Sistem Operasi 

Kesimpulan

Sejak pertama kali diluncurkan, FTP telah memudahkan jutaan kali aktivitas transfer data yang terjadi di internet. Begitu pentingnya keberadaan FTP sehingga sangat penting jika Anda adalah pemilik website untuk mengetahui apa itu FTP dan bagaimana cara kerjanya. Semoga artikel ini bermanfaat.

Mau punya website cepat dan andal? Ayo berlangganan hosting murah Unlimited sekarang juga. Klik di sini untuk informasi lebih lanjut.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *