HTML atau HyperText Markup Language adalah Bahasa pemrograman standar yang digunakan untuk membuat sebuah halaman website. Halaman ini kemudian bisa diakses untuk menampilkan berbagai informasi di dalam sebuah browser. HTML adalah bahasa pemrograman yang paling umum digunakan. Ia dirancang untuk memproses, menentukan, dan menyajikan teks dengan menyematkan tag dan anotasi teks dalam file untuk membuat manipulasi teks yang mudah bagi komputer. Kemudian pada tahun 2018, HTML mengalamin pembaruan dengan rilisnya HTML5 ke pasaran. Tetapi, apa itu HTML5? Kenapa harus ada HTML5? Kemudian, apa yang membedakan HTML5 dengan HTML standar? Sobat Unlimited, artikel ini akan menjawab pertanyaan Anda tentang apa itu HTML5.

Apa itu HTML?

Apa Itu HTML5

Seperti yang telah disebut di awal artikel ini, HTML atau Hypertext Markup Language adalah bahasa pemrograman website yang paling umum digunkanan. Bahasa pemrograman ini memberikan akses pada pengembang untuk mendesain bagaiman elemen halaman website seperti, text, hyperlink, dan file multimedia ditampilkan di browser.

HTML bekerja secara statis, dengan kata lain sebagai pengembang Anda tidak dapat membuat website yang dinamis atau bersifat interaktif menggunakan HTML. Anda hanya bisa mengubah elemen statis dari website itu sendiri. Seperti header halaman, footer, posisi gambar, dan lain sebagainya.

Untuk membuat website yang bagus dan interaktif, setidaknya Anda harus mengkombinasikan HTML dengan dua bahasa pemrograman lainnya, yaitu: Cascading Style Sheet (CSS) dan Javascript. HTML menggunakan beberapa tag, termasuk heading, table, dan paragraph untuk mendefinisikan struktur sebuah halaman. Beberap tag menggunakan formula <A> dan </A>. Formula ini umum disebut dengan opening dan closing tag.

Tim Berners-Lee pertama kali merilis HTML pada tahun 1991. Kemudian, HTML mengalami banyak update sejak pertama kali diluncurkan. Seperti HTML 2.0 pada tahun 1995, HTML 3.2 tahun 1997, HTML 4.01 tahun 1999, dan XHTML di 2000. Hingga akhirnya versi terpudate dari HTML, yaitu HTML5 dirilis pada tahun 2014.

HTML memiliki sejumlah fitur tambahan yang tidak ditemui pada versi terdahulu. Antara lain seperti dukungan penyimpanan offline, elemen konten yang lebih spesifik (footer, header, navigasi, dan lain-lain). Kemudian doctype inline yang lebih sederhana, dukungann embedding audio dan video.

Pebedaan HTML dan HTML5

Tujuan utama dirilisnya HTML5 adalah untuk meningkatkan pengalaman penjelajahan di internet, baik untuk pengembang dan pengguna. Berikut ini adalah beberapa perbedaan mendasar antara HTML dan HTML5:

  • Untuk mendukung kemampuan memproses grafis, HTML5 mendukung SVG ( Scalable Vector Graphics), canvas, dan grafik virtual lainnya. Sedangkan pada HTML, untuk pemrsesan grafis hanya menggunakan vector. Itupun harus digunakan secara bersamaan dengan software pengolah gambar lainnya, seperti Flash, VML (Vector Markup Language), dan Silverlight.
  • Perbedaan kedua yang tampak kentara adalah penggunaan database SQL di HTML5 untuk menyimpan data sementara. Sedangkan pada versi HTML terdahulu, untuk menyimpan data sementara pengguna hanya menggunakan cache browser, yang tentu saja pada jangka Panjang akan memberikan dampak pada browser Anda.
  • Dengan menggunakan HTML5, Javascript dapat dijalankan di dalam browser web. Sedangkan pada HTML pada versi sebelumnya, JavaCsript hanya bisa berjalan di utas antarmuka browser.
  • HTML5 tidak didasarkan pada SGML. Hal ini berarti telah terjadi peningkatakn aturan parsing yang memberikan peningkatan kompatibilitas. Anda dapat menggunakan inline MathML dan SVG dalam teks dengan HTML5. Sedangkan pada HTML versi lawas, Anda tidak akan mendapatkan fitur tersebut.
  • Terdapat beberapa elemen yang dihapus dalam HTML5. Elemen yang dihapus tersebut antara lain seperti isindex, noframes, acronym, applet, basefont, dir, font, frame, frameset, big, center, strike, dan tt.
  • Perbedaan lain yang dimiliki oleh HTML5 dibanding pendahulunya adalah ia mendukung form control jenis baru. Termasuk tanggal dan waktu, email, nomor, range, tel, url, pencarian, dan lain sebagainya.
  • Ada beberapa fitur dan elemen baru di HTML5. Semua fitur tersebut sangat penting. Hanya saja yang paling penting adalah summary, time, aside, audio, command, data, datalist, dan masih banyak yang lainnya.

Fitur Utama HTML5

Apa Itu HTML5

Keunggulan utama HTML5 dibandingkan para pendahulunya adalah, kini Anda dapat menambahkan konten multimedia tanpa harus menggunakan Flash atau pemutar multimedia lainnya. Berkat HTML5, pengguna dapat mengakses situs website tapa terhubung ke internet. Hal ini berkat ditambahkannya fungsi drag and drop, serta pengeditan secara online yang telah dipopulerkan oleh Google Document. Berikut ini adalah fitur yang bisa Anda dapatkan saat menggunakan HTML5:

  • Multimedia

Anda dapat menambahkan element multimedia tanpa menggunakan Flash dan plugin pihak ketiga lainnya berkat hadirnya tag <video> dan <audio>. Dengan tanpa menggunakan plugin pihak ketiga, Anda bisa mengurangi file final berkas multimedia yang Anda unggah. Selain itu, Anda dapat mengunggah video ke penyedia pihak ketiga dan menyematkannya di website Anda tanpa mempengaruhi ukurannya.

  • Geolocation

Geolocation memungkinkan Anda mendeteksi lokasi tiap pengguna yang mengunjungi website Anda. Fitur ini memiliki berbagai kegunaan. Misalnya untuk menerapkan opsi bahasa bergantung pada lokasi pengguna. Hal ini akan meningkatkan pengalaman pengguna. Namun fitur ini memerlukan persetujuan pengguna untuk mengaktifkannya karena berkaitan dengan privasi.

  • Akses Aplikasi

Salah satu fitur utama hasil dari pengambangan HTML5 adalah hasil akhirnya yang benar-benar bisa diakses. Artinya, Anda dapat mengakses aplikasi ini dari berbagai perangkat, mulai dari komputer, tablet, atau telepon genggam.

Keuntungan Menggunakan HTML5

Apa Itu HTML5

  • Free

Anda tidak memerlukan software khusus untuk memulai pemrograman HTML5. Anda bahkan bisa memulainya menggunakan notepad, menyimpannya sebagai HTML dan bisa melihatnya di browser apapun. Pun demikian, Anda bisa menggunakan aplikasi editor gratis seperti Notepad +++, Atom, dan Eclipse yang menawarkan fungsi dasar seperti diferensiasi antara tag dan konten.

  • Struktur

Melalui penggabungan tag baru seperti <header>, <section>, atau <footer>, dokumen HTML dapat tersruktur di berbagai bagian, tidak hanya menyediakan tampilan tetapi juga terstruktur pada seluruh situs website. Kode HTML dapat dengan mudah dipisahkan antara tag dan konten. Tag-nya jelas dan deskriptif, sehingga pengembang dapat memulai coding tanpa masalah.

  • Kompatibilitas Browser

Beberapa browser yang popular seperti Chrome, Firefox, Opera, dan Safari telah mendukung HTML5. Dengan kata lain, apapun browser yang Anda gunakan, Anda bisa melihat konten secara jelas. Agar browser Anda kompatibel dengan HTML5, jalan satu-satunya adalah mengupdate versi browser.

  • Desain yang Adaptif

Halaman apapun yang dibuat menggunakan HTML5 selalu kompatibel dengan computer dan perangkat seluler. Artinya, Anda dapat mengatur spesifikasi selular dari dokumen HTML itu sendiri. Ini adalah fitur HTML5 yang paling penting. Karena memungkinkan pengguna untuk mengakses halaman web atau aplikasi apapun dari perangkat seluler semudah menggunakan computer.

Kesimpulan

Sobat Unlimited, demikianlah artikel tentang apa tu HTML5. Diharapkan, setelah membaca artikel ini membuka pemahaman Anda mengenai apa itu HTML5 dan pentingnya menggunakan HTML5 untuk website.

Jika Anda masih memiliki pertanyaan tentang apa itu HTML5 atau layanan Unlimited lainnya, silakan menuliskannya di kolom komentar atau menghubungi tim support Unlimited. Semoga artikel ini bermanfaat.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *