Apa Itu Resources

unlimited.id

Pemahaman mengenai apa itu resources akan memudahkan anda dalam menemukan solusi mengenai web ataupun hosting yang anda miliki. Selain itu juga memastikan apakah server website yang anda gunakan dalam kondisi yang baik-baik saja atau tidak. Anda juga akan bisa menemukan penyebab utama yang menjadikan situs anda down atau tidak bisa diakses untuk sementara waktu. Banyak orang yang beranggapan bahwa masalah error pada web itu suatu yang biasa. Padahal bisa jadi penyebabnya adalah hal-hal yang spesifik. Jadi pemahaman tentang apa itu resources akan menjadi sesuatu yang penting untuk diterapkan. Anda yang membuat website menggunakan hosting dan domain pastinya akan lebih mudah memperoleh semua yang anda butuhkan.

Apa Itu Resources dan Kaitannya Dengan Hosting

Keterkaitan antara apa itu resources dengan hosting memang tak bisa dipisahkan. Terutama bagi anda yang menggunakan layanan shared hosting dimana semua spesifikasi dibagi antara satu user dengan user lainnya. Kalau sudah demikian, tentu saja ada beberapa hal yang harus anda ketahui didalamnya. Berikut adalah beberapa hal yang wajib anda ketahui tersebut.

Apa Itu Resources

unlimited.id

Pertama, dalam hal apa itu resources adalah pemahaman tentang Limit Memory atau Memory Process pada setiap program web php yang dibuat. Setiap layanan hosting tentu akan menyediakan paket yang berbeda. Dalam hal ini, anda harus bisa melihat mana pilihan paket yang terbaik dan juga signifikan untuk digunakan. Hal ini akan mampu mengoptimalkan performa anda dalam rangka membuat layanan domain hosting yang sesuai dengan kebutuhan.

Kedua, selain mengenai apa itu resources terkait Limit Memory, anda juga harus paham mengenai Memory RAM itu sendiri. Memory RAM ibarat sebuah RAM yang dipasang pada perangkat PC atau Laptop pada umumnya. Disini anda akan melihat bahwa masing-masing RAM memiliki ukuran yang berbeda. Tentunya semakin besa juga akan semakin baik karena daya tamping data pun juga akan bisa bekerja dengan maksimal.

Ketiga, ada kalanya hal mengenai apa itu resources juga terkait dengan I/O atau Input Output yang terjaadi didalamnya. Ada jumlah maksimal dari input output itu sendiri dalam perangkat keras yang terdapat pada server. Dan hal tersebut juga bisa didapatkan dalam hitungan detik.

Apa Itu Resources Dan Kaitannya Dengan CPU, Entry Process dan File Counts Soft/Hard

Apa itu resources yang selanjutnya berkaitan dengan CPU atau ibarat sebuah processor yang ada didalam sebuah perangkat keras. Disini CPU yang disajikan juga ada banyak sekali pilihannya. Yang jelas semakin baik spec dari CPU tersebut maka kinerjanya pun juga akan maksimal dalam rangka memproses suatu script yang dijalankan oleh user tertentu. Kemudian ada juga Entry Process atau yang sering disebut sebagai proses dari CPU itu sendiri. disini ada beberapa proses script yang akan berjalan dan jika semua bisa sinergi satu sama lain, maka tidak akan terjadi masalah yang tak berarti.

Apa Itu Resources

unlimited.id

Apa itu resources juga dijelaskan dalam bentuk File Counts. File Counts itu sendiri juga dibagi menjadi dua yaitu yang tipe Soft dan juga yang tipe Hard. Untuk yang tipe soft adalah jika hosting sudah mencapai batasan maksimal, maka hosting tersebut tidak akan bisa dibackup lagi. Tapi untuk yang tiipe hard, jika sudah mencapai batas maksimal maka diperlukan langkah upgrade untuk langkah lebih lanjutnya.

Penggunaan Plugin Sebagai Komponen Penting CMS

Selain mempelajari mengenai apa itu resources, anda juga harus paham mengenai penggunaan plugin yang merupakan komponen penting dalam sebuah CMS. Anda pastinya sudah tidak asing lagi dengan yang namanya CMS WordPress. Dari sini anda pasti paham bahwa plugin bersifat menjalankan script tertentu secara otomatis. Hasilnya akan mampu anda rasakan secara maksimal. Jika plugin tersebut mampu bekerja dengan baik dan berkesinambungan, maka anda bahkan bisa memberikan perlindungan dan fitur yang nyata bagi web WordPress yang anda miliki.

Apa Itu Resources

unlimited.id

Apa itu resources dan kaitannya dengan Plugin CMS itu? Disini anda harus paham bahwa tidak semua plugin mampu berjalan dengan baik jika tidak sepadan dengan kebutuhan resource dari plugin itu sendiri. Inilah yang nantinya akan memicu berbagai masalah mulai dari error plugin dan lain sebagainya sehingga dalam jangka panjang akan berpotensi membuat website anda tiba-tiba error atau down. Karena itulah anda harus menerapkan plugin yang mampu dgunakan untuk kebutuhan resources yang tinggi. Disinilah keuntungan yang anda dapatkan akan lebih banyak lagi.

Ada beberapa plugin dengan sifat realtime. Artinya adalah plugin tersebut akan mampu menjalankan proses yang ada secara berkesinambungan. Misalnya jika anda ingin melakukan sync post terhadap artikel yang ada di situs anda tersebut. Kemudian, beberapa plugin tertentu yang sekiranya bekerja secara otomatis untuk keperluan social media anda. Ada juga plugin tertentu yang bekerja dengan sistem statistic. Maksudnya adalah plugin tersebut bekerja untuk merekap data pengunjung. Dengan mengetahui karakter dari plugin tersebut maka anda akan mampu memaksimalkan resource hosting dengan mudah dan maksimal.

Apa Itu Resources Berkaitan Dengan Resources Usage

Apa itu resources juga erat kaitannya dengan resource usage yang terpakai pada cPanel atau Control Panel yang ada di web anda. Pertama, anda juga harus melakukan pengecekan terhadap resource usage yang ada di cPanel dan memastikannya untuk bekerja dengan sempurna. Anda bisa login terlebih dahulu dengan masuk di namadomainanda/cpanel. Kedua, langkah yang harus anda lakukan adalah memilih CPU and Concurrent Connection Usage. Hal ini berlaku jika anda menggunakan theme yang baru pada halaman cPanel anda. Kalau menggunakan cPanel lama maka yang harus anda lakukan adalah memilih bagian Resource Usage.

Untuk melihat tampilan secara detail dari apa itu resources tersebut, maka anda hanya tinggal memilih opsi “Details” yang ada dibawahnya. Disini anda akan bisa langsung nantinya melihat grafik yang berisikan data mengenai penggunaan resource usage yang digunakan pada hosting anda tersebut. Supaya anda bisa mendapatkan penggambaran yang lebih jelas, alangkah baiknya jika anda mencoba membuat sebuah website terlebih dahulu dengan menggunakan jasa hosting domain. Untuk paketan hostingnya, anda bisa memilih tipe shared hosting karena akn lebih mudah anda gunakan nantinya sebagai sarana pengujian trial and error.

Baca Juga: Mengembalikan Custom Domain Blogspot ke Alamat Asal .BLOGSPOT.COM

Kesimpulan

Kini anda sudah memahami mengenai apa itu resources dan juga cara kerjanya dalam layanan hosting yang anda gunakan. Sudah pasti hal tersebut akan memudahkan anda untuk meningkatkan performa yang dimiliki oleh website anda dan juga mengoptimalkan fungsi yang ada didalamnya. Keuntungan yang akan didapatkan juga bisa lebih banyak. Dengan adanya informasi yang lengkap mengenai apa itu resources, maka anda pun juga tidak akan kesulitan pada saat hendak menjalankan web itu sendiri untuk kebutuhan yang spesifik. Serta akan lebih mudah menelusuri berbagai fitur yang terkendala atau juga ingin anda upgrade di website anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *