Pertumbuhan jaringan internet di Indonesia terus menunjukkan tren yang positif. Meskipun kita semua tahu pertumbuhan jaringan internet Indonesia masih jauh tertinggal jika dibandingkan dengan negara-negara maju. Hal ini tak lepas dari besarnya potensi pengguna internet di Indonesia yang memiliki penduduk lebih dari 250 juta jiwa. Karena itu sangat penting dibentuk sebuah tulang punggung internet Indonesia, atau yang banyak dikenal sebagai Indonesia Internet Exchange atau server IIX. Tetapi, apa sesungguhnya IIX itu? Mengapa kehadirannya begitu penting untuk dunia broadband Indonesia? Sobat Unlimited, artikel ini akan mengajak Anda semua untuk mengetahui lebih dalam apa itu server IIX dan segala seluk beluk tentang hosting server Indonesia.

Latar belakang IIX

Pengertian Server IIX Hosting Indonesia

Kehadiran IIX tak bisa dilepaskan dari keinginan untuk mengembangkan pasar internet Indonesia. Untuk memenuhi prasayarat tersebut, maka dibentuklah sebuah interkoneksi nasional antar penyelenggara jasa internet di Indonesia. Sehingga, antar pelanggan internet di Indonesia dapat berkomunikasi secara mudah dan murah.

Tanpa adanya interkoneksi nasional ini, lalu lintas informasi antar provider internet di Indonesia akan sepenuhnya bergantung pada interkoneksi internet dari luar negeri. Yang tidak akan bisa dikendalikan oleh penyedia hosting asal Indonesia.

Baca Juga: Kumpulan Hosting Dengan Uptime Kencang!

Tujuan IIX

Indonesia internet exchange diciptakan tentu bukan tanpa tujuan. Tujuan program IIX adalah membentuk jaringan interkoneksi nasional yang memiliki kemampuan dan fasilitas yang sesuai dengan kebutuhan yang ada. Sehingga setiap penyelenggara internet yang memiliki izin operasi di Indonesia dapat menggunakannya.

Manfaat Indonesia Internet Exchange

Dengan adanya tulang punggung lalu lintas internet nasional tersebut, dengan pengembangannya yang dilakukan oleh provider internet Indonesia, maka akan banyak sekali manfaat yang dirasakan. Manfaat IIX antara lain sebagai berikut:

  • IIX adalah jalur alternative yang lebih murah dibandingkan dengan menggunakan tulang punggung jaringan internet dari negara lain. Yang notabenenya backbone internet dari negara lain juga ingin mengambil keuntungan dari penggunaan fasilitas tersebut.
  • Bandwith yang tinggi antar provider internet Indonesia akan memberikan insentif bagi penyedia informasi yang menempatkan databasenya, baik penyedia informasi lokal maupun internasional.
  • Sebagai solusi bila ada penyedia internet Indonesia memiliki kendala koneksi ke luar negeri.
  • Interkoneksi nasional ini dapat dimanfaatkan oleh berbagai jenis layanan-layanan baru, yang membutuhkan pita lebar tinggi. Daripada menggunakan interkoneksi dari luar negeri yang tentu saja akan menambah tinggi beban biaya.

Hosting Server Indonesia

Pengertian Server IIX Hosting Indonesia

Hosting server Indonesia atau yang biasa disebut dengan Indonesia Internet Exchange secara fisik komputer atau server yang berada di data center yang berlokasi di di wilayah Indonesia. Ketika Anda ingin membuat website, pemilihan lokasi server menjadi sesuatu yang harus Anda perhatikan. Karena, lokasi server adalah salah satu aspek dan faktor yang mempengaruhi performa, terutama kecepatan website Anda. Jika saja Anda salah memilih lokasi server hosting yang tepat, dapat mengakibatkan website Anda berjalan dengan lambat untuk diakses.

Server hosting Indonesia atau IIX umumnya terletak di wilayah ibukota negara. Tetapi tidak menutup kemungkinan ada juga penyedia hosting yang menempatkan servernya di kota lain. Terutama yang dekat dengan kantor pusat mereka. Karena banyak juga penyedia hosting server Indonesia yang berpusat di luar ibukota Jakarta. Salah satunya adalah Unlimited yang berpusat di Yogyakarta.

User bisa memilih hosting server Indonesia jika memang memiliki pengunjung lokal Indonesia. Hanya saja jika Anda memiliki target pengunjung campuran, kini dengan Anda bisa dengan tenang menggunakan server hosting lokal Indonesia. Jika Anda menargetkan pengunjung global, jaringan backbone internet Asia Pasifik mempunyai backbone fiber optic bawah laut dengan wilayah East Coast dan West Coast server USA.

Kelebihan Hosting Server Indonesia

Karena letaknya yang berada di Indonesia, hosting server Indonesia memiliki beberapa kelebihan. Berikut beberapa kelebihan yang dimiliki layanan hosting server Indonesia:

  • Kelebihan pertama hosting server Indonesia tentu saja terletak pada kecepatan akses oleh pengguna lokal. Hal ini tak lepas dari routing atau proses perjalanan data yang lebih pendek.
  • Kedua, karena routingnya yang lebih pendek, server hosting Indonesia sangat cocok digunakan oleh website yang menargetkan pengunjung dari Indonesia saja.
  • Satu lagi yang mejadi kelebihan hosting server Indonesia adalah cenderung tidak terpengaruh oleh kondisi konektivitas internasional dari ISP lokal yang digunakan oleh pengunjung.

Indonesia Internet Exchange Hari Ini

Penerapan IIX yang telah dirintis lebih dari 20 tahun yang lalu, kini dapat kita semua rasakan manfaatnya. Kini banyak penyedia domain dan hosting lokal yang menawarkan berbagai fitur-fitur yang sangat memanjakan pengguna. Salah satu manfaat terbesar adalah interkoneksi yang lebih murah berkat adanya pita lebar atau yang biasa dikenal dengan bandwith.

Bandwith menggambarkan kecepatan transfer data maksimum koneksi internet. Item yang diukur adalah berapa banyak data yang dapat dikirim melalui koneksi tertentu dalam kurun waktu tertentu. Data sering mengalir melalui beberapa koneksi jaringan, yang berarti koneksi dengan bandwith akan bertindak sebagai hambatan.

Fungsi bandwith

Pengertian Server IIX Hosting Indonesia

  • Menyediakan jalur pengiriman data yang mudah

Salah satu yang harus Anda ketahui yang berkaitan dengan lalu lintas jaringan adalah bagaimana satu media terhubung dengan media lainnya. Caranya bisa diterapkan lewat proses transfer data yang ada di dalam jaringan. Dari sini akan terlihat banyak sekali perangkat yang bisa digunakan. Antara kebel fisik LAN, dan juga perangkat komputer yang digunakan pada prosesnya.

Proses pertukaran data ini bisa dilakukan oleh penguna. Semuanya akan memberikan lebih banyak manfaat dan keunggulan pada proses pengelolaan website yang Anda lakukan.

  • Membagi kecepatan transfer data

Kegunaan bandwith selanjutnya adalah kemampuan untuk memberi batasan kecepatan transfer data. pada sebuah jaringan internet, akan ditemui banyak sekali administrator jaringan yang akan memanfaatkan jaringan tersebut. Hal yang umum dilakukan oleh pengguna antara lain, mulai dari download file, baik foto atau video, dan lain sebagainya. Terkadang, pengguna mendowload file dalam sebuah resolusi high definition atau HD, yang sangat menyita bandwith.

Jika hal ini diteruskan, bandwith pengguna lainnya akan terpengaruh.

  • Mengatur besar data yang di transfer

Dalam jaringan komputer, administrator memiliki peran yang sangat penting. Salah satunya adalah mengatur batasan data yang ditranfer. Administrator jaringan terkadang harus melakukan pembatasan besar data yang diakses atau diunduh dari internet. Tujuannya tak lain untuk mengurangi traffic yang tinggi dalam jangka waktu lama.

Demikian artikel server IIX. Server IIX mencoba menjembatani interkoneksi pengguna internet di Indonesia. Mau bikin website? Paket Hosting terbaik Unlimited dengan hosting server Indonesia menyediakan performa hosting terbaik hanyak untuk Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *