Bagi sebagian, atau kebanyakan dari kita pasti menganggap panggilan telepon dan koneksi internet tampaknya terjadi secara instan. Tentu kita sering merasa bahwa perangkat kita seperti telepon genggam atau laptop dan komputer memiliki sambungan langsung ke situs website favorit Anda. Halaman website yang memuat dengan sangat cepat sehingga nampaknya Anda harus memiliki koneksi langsung ke komputer manapun, bahkan diseluruh dunia. Tapi bukan itu yang seharusnya terjadi. Bukan itu yang disebut dengan traceroute.Artikel ini secara mendalam akan membahas apa itu traceroute

Ketika Anda berada di internet, informasi atau permintaan yang terkirim dari komputer Anda tidak terjadi dalam satu kali hop. Bahkan dibutuhkan sejumlah komputer lain yang berjejaring bersama untuk membantu pengguna menerima dan mengirim informasi. Permintaan dan balasan data Anda mengambil rute unik di jaringan internet. Dan disinilah konsep traceroute yang patut Anda ketahui.

Apa Itu Traceroute

Traceorute adalah utilitas atau alat yang merekam rute (computer gateway khusus di setiap hop) melalui internet, antara computer Anda dengan computer tujuan yang telah ditentukan. Ini juga menghitung dan menampilkan jumlah waktu yang dibutuhkan dalam setiap hop atau lompatan.

 

Apa Itu Traceroute? Begini Cara Kerjanya!

Traceruote adalah alat yang berguna, yang berguna untuk memahami jika terjadi masalah dalam jaringan, dan untuk mendapatkan data secara rinci dari internet itu sendiri. Utilitas lain yang sering digunakan sebelum menggunakan traceroute adalah PING. Ini digunakan untuk melihat apakah ada host di dalam jaringan.

Utilitas traceroute selalu disertakan dalam sejumlah system operasi. Baik yang berbasis Windows dan UNIX. Juga menjadi bagian dari paket TCP/IP. Jika system operasi yang Anda gunakan tidak menyertakan traceroute, Anda bisa menginstalnya sendiri, tak tak cukup sulit untuk melakukannya.

Secara sederhana, prosedur traceroute memungkinkan Anda untuk mengetahui dengan tepat bagaimana pengiriman data, seperti pencarian Google berjalan dari computer Anda ke komputer lain. Pada dasarnya traceroute akan mengkompilasi daftar komputer di jaringan yang terlibat aktivitas internet tertentu.

Cara Kerja Traceroute

Pada prosesnya, traceroute akan mengidentifikasi setiap komputer atau server dalam daftar teersebut dan mengkalkulasi berapa waktu yang dibutuhkan data untuk berpindah dari satu komputer ke komputer berikutnya. Jika terjadi gangguan dalam proses transfer data, traceroute akan menunjukkan dimana masalah tersebut terjadi.

Menariknya, traceroute memilki cara penggunaan yang sangat praktis. Jika Anda emgalami kesulitan dalam mengakses website tertentu, melakukan traceroute dapat membantu mencari tahu diimana masalah terjadi sepanjang jaringan.

Internet Control Message Protocol (ICMP) dengan nilai variable time to live (TTL) adalah paket gema yang paling sering digunakan traceroute. Untuk menjamin akurasinya, setiap hop dikalikan beberapa kali (umumnya tiga kali) untuk mendapatkan respon hop yang lebih baik. Traceorute menggunakan pesan ICMP dan TTL di header alamat IP agar berfungsi. Tools traceroute ini umumnya disertakan sebagai utilitas oleh Windows, yang bersamaan dengan TCP.

Selain itu, traceroute adalah alat yang berguna untuk menentukan respon delay dalam routing yang di jalur jaringan di seluruh node yang aktif. Ini sangat membantu untuk menemukan kegagalan yang ditemui saat dalam perjalanan data ke komputer tujuan.

Ironisnya, pesan traceroute sering diblokkir oleh berbagai system otonomi khusus, yang membuat traceroute tidak akurat untuk beberapa kasus.

Bagaimana Proses Perjalanan Data?

Sebelum membahas lebih jauh tentang bagaimana cara kerja traceroute, alangkah baiknya kita mencari tahu bagaimanana proses perjalanan data berlangsung. Jadi, setiap komputer pada traceroute atau tracert diidentifikasi berdasarkan alamat IP-nya. Alamat IP ini terdiri atas sembilan digit angka yang dipisahkan oleh periode identifikasi koneksi jaringan unik komputer tersebut.

Berikut ini yang harus Anda ketahui tentang perjalanan data antar perangkat:

  • Perjalanan dari satu perangkat ke perangkat lain dikenal dengan sebutan hop.
  • Jumlah yang diperlukan untuk membuat hop, atau lompatan diukur dalam satuan milidetik.
  • Informasi yang bergerak di sepanjang traceroute dikenal sebagai paket.

 

Apa Itu Traceroute? Begini Cara Kerjanya!

Pada saat proses membaca traceroute, umumnya akan menampilkan tiga kolom yang terpisah untuk waktu hop. Hal ini dikarenakan setiap traceroute akan mengirimkan tiga informasi terpisah ke setiap komputer atau perangkat. Di bagian paling atas daftar, traceroute akan memberikan batas berapa garis hop yang akan ditampilkan. Pada umumnya, jumlah maksimal berkisar di angka 30 hop.

Dan ketika traceroute mengalami kesulitan mengakses komputer, maka akan tampil pesan “Request timed out”. Setiap kolom hop akan menampilkan tanda bintang, bukan milidetik.

Peretas Dalam Hop

Jamak ditemui saat traceroute menampilkan satu kali hop, dua kolom berikutnya akan menampilkan tanda bintang. Hal ini untuk menunjukkan bahwa saat menerima satu paket, dua paket lainnya akan dibuang. Anda harus paham, bahwa ini adalah aktivitas yang tidak biasa. Karena masalah keamanan, banyak computer secara rutin menolak banyak paket, atau akan meneruskannya ke sumber yang berbeda.

Bebarapa saat yang lalu, para peretas komputer secara rutin menggunakan traceroute untuk melakukan pemetaan, bagaimana sebuat informasi bergerak dalam jaringan komputer sebelum melakukan serangan tertentu. Karena itu, untuk mengatasi ancaman keamanan yang selalu terjadi, terdapat beberapa jaringan yang tidak memungkinkan dilakukannya traceroute.

Cara Menjalankan Traceroute

Walaupun pada dasarnya memiliki fungsi yang sama, patut Anda ketahui bahwa menjalankan traceroute sangat berbeda antara satu system operasi satu dengan yang lainnya. Yang membuatnya berbeda adalah syntax dan output yang dihasilkan. Berikut ini adalah cara menjalankan tracert command pada Windows, Linux, dan MacOS.

Sistem Operasi Windows

Anda bisa menjalankan tracert command prompt pada semua platform system operasi besutan Micorosft ini. Anda bisa menjalankannya di semua seri system operasi Windows, seperti Windows XP, Vista, Server, Windows 7, 8, dan 10. Semua versi Windows tersebut mampu menjalankan command tracert dengan sangat baik. Berikut langkah yang bisa Anda lakukan unutk menjalankan tracert command di Windows:

  • Langkah pertama, silakan buka “Command Prompt”. Anda bisa melakukannya dengan klik ikon “Start”, kemudian ketikkan “CMD, lalu klik enter.
  • Kemudian, Anda bisa menggunakan “tracert command”. Caranya adalah dengan mengetikkan “tracert” Bersama dengan target untuk melacak rute tujuan.

Linux

Sama seperti pada Windows, Anda bisa menjalankan traceroute pada semua system operasi berbasis Linux seperti Debian, Rad Hat, Ubuntu, dan lain sebagainya. Berikut caranya:

  • Langkah pertama, bukalah Teminal Linux. Caranya, tekan CTRL + Alt + T. Atau Anda juga bisa mengetikkannya secara langsung di bilah pencarian “terminal”.
  • Langkah kedua adalah menginstal traceroute. Jika Anda belum memiliki traceroute, And harus mendownloadnya terlebih dahulu. Di Ubuntu misalnya. Perintah untuk menginstal traceroute adalah “sudo apt-get install traceroute”.
  • Kemudian tuliskan “traceroute” disertai dengan hostname atau alamat IP tujuan untuk menggunakan tracert command.

MacOS

 

Apa Itu Traceroute? Begini Cara Kerjanya!

Anda juga bisa menjalankan perintah tracert pada system operasi Mac. Berikut cara menjalankan perintahnya:

  • Pertama, yang Anda lakukan adalah membuka terminal. Anda bisa masuk ke “Applications”, kemudian pilih “Utilitiest” dan klik dua kali pada “Terminal”.
  • Tuliskan perintah traceroute. Anda bisa menggunakan perintah traceroute dan masukkan computer target.

Kesimpulan

Tak hanya mampu menguji konektivitas layaknya Ping tools, Traceroute adalah salah satu perangkat analisis jaringan native terbaik. Ia akan menemukan semua hop diantara source dan komputer tujuan, termasuk nama, serta waktu delay. Ini semua dilakukan menggunakan protokol yang sama, yaitu Ping dan ICMP. Juga dengan mengubah bidang dalam paket IP dan TTL.

Pembaca Unlimited, demikian artike mengenai apa itu traceroute, bagamaimana cara kerjanya dan bisa berjalanan di system operasi apa saja. Kami berharap Anda tentu semakin mengerti apa itu traceroute. Semoga artikel ini bermanfaat.

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *