affiliate marketing

Ketika sedang mencari tambahan penghasilan atau bahkan alternatif sumber penghasilan Anda saat ini dengan memulai bisnis affiliate marketing, Anda dihadapkan dengan beberapa pilihan penting. Di antara pilihan tersebut adalah produk apa yang akan Anda promosikan? fisik atau digital?

Produk fisik adalah produk yang bisa Anda lihat dan dipegang. Berkat Internet, toko retail besar seperti Walmart dan Target dapat menjual lebih banyak barang secara online, dalam merespon kompetisi dari perusahaan besar lainnya seperti Amazon dan eBay.

Banyak affiliate marketer saat ini lebih banyak mempromosikan produk fisik, terutama jika berada di ceruk yang melibatkan aktivitas fisik atau perlengkapan. Olahraga, latihan fitness, dan berkebun adalah beberapa kategori yang cukup populer.

Mengingat potensi produk fisik, kebanyakan pemula justru lebih memilih menghasilkan uang dengan mempromosikan produk digital (misalnya, e-book, software, fotografi dan gambar, grafis, tutorial, dan pelajaran).

Berikut adalah beberapa keuntungan dari promosi produk digital.

1. Lebih cepat dan mudah

Ketika telah memutuskan untuk memilih informasi produk digital, bahkan seorang pemula pun dapat mengatur infrastruktur bisnis yang sah dalam hitungan hari, atau bahkan jam. Yang dibutuhkan adalah memilih niche/ceruk affiliate marketing yang menguntungkan dan memilih produk yang tepat dari seorang merchants/penjual online, kemudian promosikan produk tersebut melalui platform affiliate Anda sendiri.

Di sisi lain, berurusan dengan barang fisik itu berarti selalu berhubungan dengan suppliers/pemasok dan perusahaan transportasi untuk mengamankan channel bisnis Anda. Dalam dunia nyata, kita sering menghadapi berbagai penundaan yang signifikan.

2. Tidak perlu khawatir tentang persediaan

Produk digital tidak harus ditumpuk di ruang bawah tanah, garasi, atau gudang.

Ketika penjualan dibuat atas nama Anda, itu secara langsung akan men-download dari ClickBank atau situs independen merchants ke pelanggan. Bahkan, ketika Anda berurusan dengan produk hybrid seperti DVD, Anda tidak akan harus bertanggung jawab untuk penyimpanan mereka.

3. Hampir tidak ada masalah kerja

Kebanyakan merchants terkemuka akan mengurus semua masalah terkait dengan layanan pelanggan dan pengembalian uang.

Yang paling buruk mungkin Anda harus membantu prospek dengan download file mereka, tapi di zaman serba online seperti saat ini jelas itu bukan masalah yang besar. Selain itu, mereka sering menawarkan materi affiliate marketing (misalnya suggested emails, banner iklan, dll) yang dapat digunakan secara langsung atau disesuaikan untuk daftar subscriber Anda.

4. Keuntungan produk digital lebih tinggi dari produk fisik

Orang-orang bersedia membayar untuk konten yang besar, itu sebabnya tidak mengherankan bahwa marketers yang berhasil menavigasi niche mereka akan dihargai mahal. Sama seperti emas, minyak, kopi dan komoditas bernilai lainnya, informasi memiliki mata uang yang besar bagi mereka yang memahami kekuatan dan mengenali nilainya.

Maka, jangan terkejut jika menemukan produk digital yang menawarkan lima puluh, enam puluh dan tujuh puluh persen komisi, bahkan kadang-kadang bisa lebih! Hal ini sangat kontras dengan produk fisik yang paling populer seperti sepatu atau elektronik, di mana memiliki margin yang lebih rendah.

Dalam menyajikan keuntungan dari mempromosikan produk digital, kita sama sekali tidak menolak nilai dari menambahkan produk fisik untuk bisnis affiliate marketing di beberapa titik dalam satu waktu. Bahkan, secara alami niche Anda mungkin akan menuntut Anda untuk mempromosikan dengan sesegera mungkin, sehingga Anda memiliki sisi baik instruksional dan praktikal dari penjualan produk.

Situs-situs seperti ClickBank dan lainnya tidak hanya menawarkan kemudahan bagi pemula ketika datang untuk mencari produk digital, tetapi mereka juga menawarkan beberapa tips dan trik jika kita merasa down dengan jargon affiliate marketing kita. Sekali Anda memutuskan pada jalur ini, teruslah mencari saran terbaik dan jangan pernah berhenti belajar tentang proses pemasaran.

Penjualan produk digital, informasi produk digital lebih tepatnya, bisa sangat menguntungkan, terutama bagi mereka dengan semangat dan motivasi untuk membantu orang lain berhasil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *