Cara backup data website bisa anda lakukan dengan mudah menggunakan Softacolous yang tersedia pada cPanel yang anda miliki. Dari sini anda akan bisa mendapatkan kemudahan yang dibutuhkan dalam rangka melakukan proses backup data yang diinginkan dengan mudah. Sebagaimana diketahui, proses backup data memang sangatlah penting bagi keberlangsungan website yang anda miliki. Data anda akan tetap terselamatkan jika sewaktu-waktu ada masalah yang terjadi pada website anda itu sendiri. Hal ini jelas akan mampu menghadirkan kepada anda solusi terdepan yang dibutuhkan didalamnya.

Baca Juga: Membuat Account Email Di cPanel

Dengan melakukan backup data, maka hal ini akan memberikan kemudahan bagi anda untuk bisa menerapkan langkah yang tepat dalam cara yang bisa anda lakukan didalamnya. Alhasil, website yang anda miliki pun akan tetap bisa berfungsi optimal sebagaimana mestinya. Hal ini pun juga akan memberikan tambahan keuntungan yang anda butuhkan didalamnya. Beberapa tahapan yang bisa anda lakukan didalamnya antara lain sebagai berikut:

Panduan Cara Backup Data Website Yang Tepat

  1. Dalam tahap awal cara backup data website tersebut, anda bisa memulainya dengan cara masuk ke cPanel yang anda miliki. Cara loginnya bisa langsung masuk melalui URL website anda yang kemudian pada bagian belakangnya tak lupa mengetikan /cpanel. Dari sinilah anda akan mampu mendapatkan kemudahan dalam mencapai hasil yang anda butuhkan itu sendiri. Di sinilah semuanya akan bisa anda dapatkan dengan lebih mudah dan juga maksimal.
  2. Tahapan berikutnya yang bisa anda lakukan adalah memilih Softacolous Apps Installer. Dari sini anda bisa memilih kategori Software yang ada didalamnya. Dari software inilah semua Apps Installer akan bisa anda dapatkan, termasuk salah satunya adalah Softacolous ini.
  3. Step ketiga yang bisa anda lakukan adalah dengan membuat backup data untuk website yang diinginkan. Tentu anda harus pilih lebih dahulu mana pilihan CMS yang akan anda gunakan nantinya untuk diinstall di halaman Softacolous ini. Dari sinilah anda akan bisa memperoleh dan mendapatkan semua yang anda perlukan didalamnya. Anda bisa memilih pada bagian All Installations untuk lebih jelasnya mengenai penerapan cara yang satu ini. Anda bisa menemukan itu semua dengan mudah pada bagian sudut kanan atas layar dari website yang anda miliki tersebut.
  4. Kemudian, dalam tahapan keempat, anda juga bisa mencoba untuk mengakses semua filr yang telah terinstall melalui softacolous ini. Namun, dari sini yang terpenting adalah dengan memilih pilihan CMS terkait, kemudian, anda tinggal menekan tombol BACKUP yang terdapat tepat pada bagian sebelahnya.

Tahapan Lebih Lanjut Dalam Cara Backup Data Website

Langkah lebih lanjut yang bisa anda terapkan dalam cara backup data website ini adalah dengan memilih bagian Backup Directory dan juga Backup Database yang terdapat didalamnya. Hal ini akan memastikan bahwa Softacolous sudah anda terapkan sepenuhnya pada website yang anda inginkan itu sendiri. Jika semua langkah sudah selesai, maka anda bisa masuk pada bagian Backup Instalasi yang tertera di bagian halaman terkait. Untuk lebih jelasnya, anda kini bisa mencoba untuk melakukan semuanya dari sekarang dan mendapatkan hasil yang anda inginkan dan butuhkan didalamnya. Selengkapnya bisa anda simak pada bagian berikut ini:

  • Tunggu beberapa saat sampai proses backup yang anda inginkan tersebut selesai. Selama proses backup tersebut berlangsung, anda tidak perlu menutup atau melakukan refresh terhadap halaman yang terdapat didalamnya.
  • Jika proses backup tersebut sudah selesai, maka anda bisa mencoba menerapkan langkah selanjutnya maka anda bias memilih mengakses halaman backup data yang sudah tersedia.
  • Di sinilah langkah terpenting yang perlu anda terapkan dalam cara backup data website tersebut yaitu anda harus mendownload hasil dari file backup yang anda buat itu sendiri. Dari sinilah anda nantinya akan mampu menemukan hasil yang anda butuhkan dan inginkan didalamnya.
  • Jika sudah selesai dengan proses backup maka lakukan saja proses download yang anda inginkan sesuai kebutuhan itu sendiri. Di sinilah anda nantinya akan mampu memperoleh hasil terbaik yang anda inginkan untuk dicapai didalamnya.

Kenapa Backup Data Itu Penting?

Ada begitu banyak manfaat dari penerapan cara backup data website yang anda lakukan. Dalam tahapan ini, backup menjadi sebuah proses yang sangat penting apabila anda ingin menyimpan file backup tersebut didalam komputer yang anda miliki. Kemudian, dengan adanya file backup tersebut, anda juga akan bisa menerapkan metode yang tepat dalam melakukannya. Hal ini jelas akan sangat menguntungkan bagi anda mengingat dalam tahapannya memang ada banyak sekali manfaat dan keuntungan yang akan bisa anda dapatkan untuk jangka panjang itu sendiri.

  1. Manfaat pertama dari menerapkan cara backup data website ini adalah membantu supaya website yang anda miliki tetap bisa bertahan dan aman dari serangan hacker dan juga hal-hal lain yang menyebabkan website tersebut error. Apabila ada masalah semcam ini yang timbul, maka tahapan yang bisa anda lakukan adalah dengan menerapkan RESTORE saja dan file yang hilang akan bisa segera dipulihkan dengan tepat dan sempurna.
  2. Lalu, manfaat lain yang juga tak kalah penting dalam penerapan backup ini adalah melindung file dan konten yang ada di website anda, pada saat nanti ada terjadi crash atau semacamnya yang terjadi. Potensi crash dan sebagainya ini memang tidak boleh sampai anda lewatkan. Karena crash itu sendiri akan membuat website anda menjadi rusak file-file tertentu didalamnya. Tapi kalau anda sudah punya file Backup tersebut maka sudah pasti web anda akan tetap aman dan beroperasi sebagaimana mestinya.
  3. Saat ada masalah Error yang terjadi pada Plugin, Theme, dan lain sebagainya, maka anda masih memiliki file Backup yang berguna untuk mengamankan data yang anda miliki tersebut dengan cara dan penerapan yang tepat dan benar. Tentu saja anda akan mendapatkan file backup tersebut untuk tetap bisa anda pergunakan sebagaimana mestinya.
  4. Dalam tahapan yang lebih lanjut, anda bisa memanfaatkan cara backup data website ini sebagai langkah untuk mencegah tamu tak diundang, seperti Malware, Virus, Botware dan lain sebagainya yang berniat buruk untuk menyerang website yang anda miliki.

Kesimpulan

Pada penerapannya cara backup data website, tentu saja anda harus pahami pula bahwa proses backup itu adalah bagian terpenting yang akan memberikan kemudahan bagi anda serta jalan keluar ketika ada masalah yang muncul dalam website anda tersebut. Jika sudah demikian, maka langkah terbaik yang jelas dan memang anda lakukan adalah dengan mencoba menerapkan metode yang tepat dari sekarang. Adanya metode dan penerapan yang tepat tersebut sudah pasti akan menghadirkan kepada anda sesuatu yang tepat dan terbaik ada didalamnya. Inilah yang bisa anda coba maksimalkan didalamnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *