iklan facebook

Perkembangan Facebook sebagai bisnis yang matang dan raksasa teknologi sejak tahun 2004 menunjukkan contoh yang baik bagaimana kemampuan iklannya telah berkembang dalam beberapa tahun terakhir.

Hampir tidak ada sebelum 2010, pendapatan iklan pada kuartal saat ini telah lebih dari $4 miliar USD, dengan sebagian besar berasal dari pengguna ponsel (1,3 miliar pengguna ponsel, 850 juta pengguna aktif per hari). Tampaknya, ini semakin membuat banyak bisnis yang memanfaatkan iklan Facebook untuk meningkatkan traffic.

Pada artikel ini kita akan membahas lima jenis iklan paling populer di Facebook yang dapat Anda gunakan untuk menjangkau lebih banyak orang dan menumbuhkan online audiens.

1. Facebook Page ‘Like’ Ads

Jika tujuan utama Anda adalah untuk meningkatkan ‘Likes’, ini adalah jenis iklan yang cocok untuk Anda. Iklan Page ‘Likes’ dapat dilihat dari mobile, newsfeed dan kolom kanan Facebook, dan memiliki call-to-action (CTA) sederhana.

Tombol ‘Like’ yang ada di mana-mana akan mendorong pengguna untuk melihat perusahaan Anda.

Memilih gambar terbaik untuk iklan Like adalah penting, karena Anda fokus pada mendapatkan audiens yang telah ditargetkan.

2. Facebook Domain Ads

Jika Anda ingin mengarahkan pengunjung ke landing page untuk membeli produk, mendaftar email list, atau meningkatkan hasil lead generation Anda, pertimbangkan iklan domain. Di Facebook Anda akan menemukan iklan domains di kolom kanan halaman Anda, yang sering disebut sponsored ads.

Iklan domain adalah iklan yang paling sederhana untuk mengatur, tapi sayangnya iklan jenis ini tidak didukung pada platform mobile. Mirip seperti Google AdWords, Anda dapat memilih judul, deskripsi singkat, dan URL yang akan ditampilkan di depan.

Anda harus memantau Click Through Rate (CTR) untuk menilai iklan domain Anda secara efektif.

3. Newsfeed Facebook Ads

Iklan newsfeed atau Page Post links adalah jenis paling umum dari iklan Facebook yang dapat dilihat pada perangkat mobile, kolom kanan serta standar newsfeed.

Iklan jenis ini cukup efektif untuk mempromosikan situs web eksternal, karena itu menyoroti gambar yang berfungsi utuk menarik perhatian pengguna, bahkan mereka yang sibuk dengan aktivitas Facebook lain. Gunakan teks dan link deskripsi pada penawaran Anda untuk mempertegas unique selling point Anda.

Iklan newsfeed yang bekerja dengan baik adalah yang memberikan hasil. Iklan newsfeed juga merupakan cara yang bagus untuk mengumpulkan ‘Likes’ untuk halaman perusahaan Anda. Jangan lupa bahwa pengunjung dapat meninggalkan komentar dalam iklan Anda. Jadi, segera balas komentar mereka untuk menunjukkan keterlibatan dan perhatian dalam feedback mereka.

4. Facebook Multiproduct Ads

Pada tahun 2014, Facebook memperkenalkan penyempurnaan dari variasi iklan newsfeed yang memungkinkan situs ecommerce atau lainnya yang memiliki banyak produk untuk menyajikan produk mereka secara rapat dan terorganisir.

Iklan multiproduct tersedia baik untuk tampilan desktop dan mobile yang memungkinkan Anda untuk menampilkan hingga tiga link berbasis slide. Setiap iklan memiliki gambar sendiri, judul, deskripsi dan link. Ini membuat Anda mengarahkan traffic dari Facebook menjadi jauh lebih efektif.

5. Page Post Videos

Sebuah konsep baru dalam iklan Facebook yang membawa kekuatan dari video marketing ke ujung jari Anda.

Iklan jenis ini sangat cocok bagi perusahaan besar yang memiliki sumber daya dan anggaran melimpah untuk membuat video khusus. Namun, karena biaya pembuatan video dan editing kini relatif terjangkau, perusahaan kecil pun dapat menggunakan media sosial mereka untuk menarik audiens yang lebih besar.

Kesimpulan

Sebelum memutuskan untuk terjun ke dalam iklan Facebook, luangkan waktu untuk memahami kekuatan dan kekurangan iklan Facebook. Penawaran Facebook telah berevolusi dan terus berkembang selama bertahun-tahun, jadi pastikan Anda memilih jenis iklan yang paling sesuai dengan kebutuhan dan tujuan Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *