Untuk Anda yang sedang menggeluti dunia website, tentu sudah tak asing lagi dengan istilah domain authority dan page authority. Dua istilah ini telah menjadi pegangan para blogger dan pengelola website, untuk selalu menjaga performa websitenya. Semakin tinggi skor domain authority, semakin bagus pula nilai kualitas sebuah website di mata mesin pencari. Dan agar lebih terarah dalam mengelola website, sudah selayaknya Anda, Sobat Unlimited untuk mengetahui cara cek domain authority.

Sebagai seorang blogger, tidak bisa dipungkiri jika domain authority dan page authority sangat mempengaruhi blog atau website. Dan alat yang cukup populer digunakan untuk cek domain authority adalah MOZ.  Pada artikel kali ini, kami akan membagikan kepada Anda, Sobat Unlimited tentang cara cek domain authority menggunakan MOZ Pro. Jadi, simak artikel ini sampai selesai, ya.

Pengertian Domain Authority

Sebelum membahas cara meningkatkan domain authority, mari membahas apa pengertian dari domain authority. Sekadar, sebagai pengingat saja, sebenarnya. Domain authority, selanjutnya disebut dengan DA saja, adalah sebuah acuan bagi mesin pencari dalam memberikan peringkat terhadap sebuah website atau blog.

Parameter Domain Authority

Pada umumnya, mesin pencari seperti Google membeberikan peringkat bagi sebuah website berdasarkan dari tiga parameter. Berikut ini adalah tiga parameter dari DA:

Umur Domain

Parameter pertama nilai DA adalah umur domain. Semakin lama keberadaan suatu domain dan semakin aktif kegiatan yang terjadi pada suatu domain, maka akan semakin tinggi pula nilai skor pada DA tersebut. Mengapa demikian?

Karena, ini menunjukkan konsistensi dari pemilik domain untuk mengelola domainnya. Mesin pencari seperti Google akan menganggap website atau domain tersebut layak mendapatkan nilai yang tinggi. Dan pada akhirnya, penilaian ini dapat memberikan pengaruh peringkat sebuah domain di halaman hasil pencarian.

Popularitas Domain

Parameter selanjutnya adalah popularitas domain. Kepopuleran sebuah website, dapat terlihat dari banyaknya jumlah link atau tautan yang masuk lewat website-website berkualitas. Hal ini lumrah disebut sebagai inbound link. Artinya, pemberian rekomendari terhadap website Anda, alias backlink.

Inbound link juga dapat dilakukan dengan cara ikut memberikan komentar pada website atau blog orang lain. Anda sudah sangat familiar dengan istilah blogwalking, bukan? Mempromosikan website Anda pada sebuah forum juga bisa menjadi cara untuk meningkatkan popularitas domain.

Hal-hal seperti ini adalah cara yang cerdik agar Anda dapat meningkatkan jumlah pengunjung website dari menguatnya skor DA Anda di Search Engine Result Page, atau halaman penelusuran kata kunci di mesin pencari.

Ukuran Domain

Ukuran domain yang dimaksud di sini dapat dilihat dari banyaknya jumlah konten yang telah Anda publikasikan di website Anda. Semakin banyak jumlah konten atau postingan di website, maka akan semakin besar pula ukuran domain Anda. Inilah sebab mengapa para pemilik blog harus rajin membuat konten setiap harinya.

Hanya saja, banyaknya konten saja tidak cukup. Sebab mesin pencari juga dapat memberikan penilaian sebagus apa kualitas konten tersebut.

Dari ketiga hal tersebut, mesin pencari dapat menentukan peringkat domain authority dari sebuah website. Domain authority adalah satu dari sekian banyak faktor yang menjadi indikator kepercayaan mesin pencari pada sebuah website.

Perbedaan Domain Authority dan Page Authority

Selain domain authority, ada istilah lain yang juga cukup mirip, yaitu page authority, atau PA. Lantas, apa sebenarnya yang menjadi perbedaan antara domain authority dan page authority? Sebenarnya, secara umum, keduanya sama saja. Baik PA maupun DA merupakan barometer yang baik untuk suatu website ataupun halaman website yang berkualitas di mata mesin pencari.

Domain authority dapat diibaratkan sebagai penilaian atas sebuah rumah secara keseluruhan. Sedangkan page authority adalah penilaian terhadap salah satu ruang yang ada di sebuah rumah. Untuk mengoptimalkan kinerja SEO sudah seharusnya DA dan PA berjalan seiring sejalan.

Cara Cek Domain Authority Menggunakan MOZ Pro

Jika pada bagian sebelumnya artikel ini telah menjelaskan tentang pengertian domain authority, serta perbedaannya dengan domain authority dengan page authority. Sekarang saatnya membahas tentang cara cek domain authority.

Ada banyak tools yang bisa digunakan untuk melakukan pengecekan domain authority. Beberapa tools cek domain authority yang populer antara lain seperti: Small SEO Tools, SEO Review Tools, dan MOZ. Namun, karena domain authority dikembangkan oleh MOZ, maka untuk tips cara cek domain authority pada artikel kali akan menggunakan MOZ. Anda bisa mengunjungi www.moz.com.

Salah satu tools yang banyak dipakai untuk melakukan pengujian domain authority adalah MOZ. Ini sebenarnya adalah tools add on SEO yang dapat dipasang secara gratis di browser, seperti Google Chrome dan Mozilla Firefox. Instalasinya bisa dipasang dengan mudah. Anda tinggal mengunduhnya sebagai ekstensi.  Jika tidak mau

Baca Juga : Mempelajari Domain Berdasarkan Fungsinya

Untuk melakukan pengujian domain authority, Anda bisa menggunakan banyak cara. Salah satunya menggunakan tools yang banyak tersedia di internet. Hasil pengujian ini umumnya berupa kumpulan data yang dapat dianalisis.

Poin domain authority, biasanya ditetapkan berdasarkan hitungan 0-100. Semakin tinggi nilai dari DA, maka semakin berkualitas pula mesin sebuah website, berdasarkan penilan dari mesin pencari.

Berikut adalah langkah-langkah cara cek domain authority menggunakan MOZ Pro:

Pertama, silakan membuka website MOZ. Hingga Anda telah berada di halaman utama MOZ.

Dulu, cukup memasukkan URL wesite yang akan dicek di kolom URL yang tersedia untuk melakukan cek pengecekan domain authority. Namun ternyata, cara tersebut tidak berfungsi untuk melihat domain authority terbaru dari website Anda.

Yang harus Anda lakukan adalah melihat informasi Open Site Explorer akan tetap aktif untuk sementara. Hanya saja tetapi tidak akan memperbarui indeks lagi.

Untuk mengecek domain authority terbaru, silakan klik tombol link explorer. Kemudian, Anda akan diarahkan ke halaman MOZ Pro. Silakan login atau mendaftarkan akun baru, jika Anda belum memiliki akun di MOZ Pro. Anda bisa mencoba versi trial-nya untuk tahu skor domain authority terbaru website Anda.

Setelah berhasil login atau mendaftarkan akun, sekarang Anda bisa melakukan pengecekan domain authority dan domain authority. Caranya, bisa dengan memasukkan URL website ke kolom Link Explorer. Kemudian, silakan klik “search”.

Anda bisa melihat skor domain authority dari website Anda. Silakan bandingkan, antara hasil pengecekan domain authority menggunakan MOZ dan MOZ Pro.

Penutup

Bagi sebuah website, skor domain authority menjadi sangat penting. Karena, domain authority berkaitan dengan kualitas sebuah website. Meningkatkan domain authority adalah langkah yang tepat agar website Anda bisa berada di peringkat atas halaman hasil pencarian. Semoga artikel ini dapat memberikan pemahaman pada Anda tentang cara cek domain authority menggunakan MOZ Pro.

Mau punya website kencang, aman, dan andal? Tunggu apalagi, ayo berlangganan hosting murah Unlimited sekarang juga.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *