Jetpack adalah salah satu plugin di WordPress yang paling populer, bersama Yoast SEO. Aplikasi besutan Automattic memiliki banyak fitur terbaik yang dapat berjalan di self hosted WordPress Anda. Sehingga Anda harus tahu cara instal plugin Jetpack. Bagi Anda yang terbiasa menjalankan website menggunakan CMS WordPress. Plugin ini dapat membantu Anda mengatasi berbagai hal yang berkaitan dengan website Anda.

Antara lain masalah keamanan, hingga melakukan optimasi untuk meningkatkan performa website. Cara menggunakannya pun cukup mudah. Anda dapat menginstalnya di WordPress, dan kemudian menjalankannya.

Sobat Unlimited, artikel ini akan menjelaskan kepada Anda, cara instal plugin Jetpack di website berbasis WordPress. Untuk itu, simak artikel ini sampai habis, ya.

Apa Itu Jetpack?

Cara Instal Plugin Jetpack

Sebelum masuk ke inti artikel cara instal plugin Jetpack, Anda harus tahu lebih dahulu, apa itu Jetpack. Jetpack adalah plugin WordPress dengan fitur yang variatif. Di Jetpack, fitur ini disebut dengan modul. Sebagai pengguna, Anda bebas memiliu modul mana yang ingin diatifkan.

Dan karena dikembangkan oleh Automattic, yang juga mengembangkan WordPress, Jetpack menjadi familiar bagi mereka, pengguna WordPress.

Sebuah plugin bisa jadi populer dan banyak digunakan, faktor nomor satu tentu terkait dengan fitur yang dimilikinya. Berikut ini adalah beberapa fitur yang dimiliki oleh Jetpack:

  • Custom CSS: Fitur powerful pertama yang dimiliki oleh Jetpack adalah kemampuannya untuk melakukan kustomisasi CSS. Anda dapat menyesuaikan tampilan tema website tanpa harus takut tema Anda akan terhapus ketika update.
  • Widget bilah sisi ekstra: Anda dapat menambahkan lebih banyak widget ke sidebar. Termasuk link RSS, linimasa Twitter, hingga tombol like Facebook.
  • GIF block: Fitur ini memungkinkan Anda untuk mencari dan menautkan gambar berformat GIF dari Giphy secara langsung ke postingan atau halaman yang ada di website.
  • Google Analytics: Dengan Google Analytics, Anda dapat mengatahui statistik yang dimiliki website Anda.
  • Spam filtering: Fitur ini secara otomatis menyaring spam comment.
  • Sitemap: Memudahkan pengguna untuk mematakan halaman agar dapat terindeks oleh mesin pencari, seperti Google atau Bing.
  • SEO Tool: Ini adalah fitur Jetpack yang paling dikenal. Gunanya untuk mengoptimasi website Anda di mesin pencari.
  • Site Accelerator: Berfungsi membantu website Anda loading lebih cepat dengan cara optimasi gambar dan mengadakannya sebagai file statis.

Cara Instal Plugin Jetpack di WordPress

Cara Instal Plugin Jetpack

Untuk dapat menginstal plugin Jetpack, langkah yang harus Anda lakukan terlebih dahulu adalah menginstal WordPress. Proses instalasi ini bisa jadi berbeda antara satu penyedia hosting dengan yang lainnya. Tetapi cara yang paling populer adalah menggunakan app installer pihak ketiga, seperti Softaculous. Cukup dengan plug and play.

Langkah 1: Login ke dasbor WordPress

Setelah berhasil menginstal WordPress, selanjutnya Anda bisa langsung login ke halaman dasbor dengan akun admin. Anda dapat login dengan cara mengetikkan www.[namasitus].com/wp-login.php.

Langkah 2: Cari plugin

Setelah login berhasil, selanjutnya Anda dapat menambahkan plugin Jetpack. Caranya, arahkan ke laman plugn pada sidebar sebelah kiri. Plugin > Add New. Karena Jetpack adalah salah satu plugin yang populer, umumnya plugin ini dapat dijumpai di urutan teratas. Tetapi, jika Anda tidak menemukan, Anda bisa mencarinya dengan cara mengetikkannya di kotak pencarian.

Langkah 3: Install Plugin Jetpack

Jika Anda sudah menemukan plugin yang dicari, Anda bisa langsung menginstalnya. Silakan klik “Install Now” untuk menambahkan plugin tersebut ke WordPress Anda. Proses intalasi ini akan memakan waktu setidaknya 15-30 detik ketika selesai.

Langkah 4: Aktivasi Jetpack

Meskipun sudah menginstal Jetpack, tugas Anda belum selesai sampai disini. Anda harus mengaktifkan plugin tersebut. Anda dapat melakukannya dengan cara masuk ke halaman plugin, kemudian temukan Jetpack sub menu Installed Plugin, dan klik “Activate”. Silakan tunggu beberapa saat.

Setting Jetpack di WordPress

Cara Instal Plugin Jetpack

Setelah proses aktivasi selesai, Anda akan diarahkan ke halaman yang mengenalkan fitur apa saja yang dimiliki oleh Jetpack. Jetpack akan menyarankan Anda untuk melewati proses set up. Silakan klik tombol Set Up Jetpack, kemudian lakukan langkah-langkah di bawah ini:

  1. Menghubungkan Jetpack ke WordPress

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah login ke akun WordPress Anda. Anda tidak dapat mengakses semua fitur Jetpack jika tidak menghubungkan Jetpack Anda ke WordPress. Klik pada Set up Jetpack, dan secara otomatis diarahkan ke WordPress.com. Anda bisa memilih, antara login dengan akun baru atau akun WordPress yang sudah ada.

Setelah login, Anda akan diarahkan pada halaman yang menawarkan paket Jetpack premium. Namun, jika Anda ingin menggunakan paket gratis, silakan scroll ke bagian paling bawah halaman, lalu klik “Start with Free”.

Setelah masuk ke dasbor Jetpack, Anda bisa melihat ringkasan analisis website Anda. Mulai dari grafik, statistik, hingga laporan keamanan.

  1. Mengaktifkan Modul Jetpack

Setelah mendapatkan akses ke dasbor Jetpack, Anda bisa segera mengaktifkan modul yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Caranya sendiri cukup mudah. Caranya sendiri cukup mudah.

Silakan masuk ke menu Setting, yang ada di bagian pojok kanan atas halaman. Kemudian, Anda akan melihat beberap tab yang ada di dalamnya. Tab tersebut antara lain seperti Security, Performance, dan Writing. Anda bisa mengaktifkan berbagai modul yang ada pada tab tersebut.

Misalnya saja, Anda masuk ke tab Performance. Dan Anda bisa mengaktifkan modul Site Accelerator dengan mengklik tombol “Enable site accelerator”. Modul site accelerator sendiri memiliki dua tombol di bawahnya. Yaitu speed up image load times, yang berguna untuk meningkatkan kecepatan loading gambar. Dan speed up static file load times, yang punya fungsi untuk meningkatkan kecepatan waktu load file statis pada website.

Apakah Jetpack membuat website melambat?

Walaupun memiliki reputasi bagus, tak sedikit laporan yang menyebut kehadiran Jetpack dapat mengakibatkan website melambat. Sebagai pengguna, Anda dapat memeriksa apakah Jetpack mempengaruhi loading time website Anda. Beberapa tool pihak ketiga yang bisa Anda gunakan antara lain GTMetrix atau PageSpeed Insight dari Google.

Kesimpulan

Demikian cara instal plugin Jetpack di WordPress. Hanya dengan beberapa langkah, Anda akan mendapatkan plugin paket lengkap. Bisa dibilang, Jetpack mengumpulkan beberapa plugin terpisah menjadi satu. Anda bisa menikmati berbagai fitur dengan mengaktifkan modul yang ada di dalamnya.

Unlimited memiliki paket hosting untuk Anda yang menginginkan website yang cepat, reliabel, dan aman. Klik disini untuk informasi lebih lanjut.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *