Selama ini kita tahu, Google memiliki platform blog yang memiliki pengguna yang besar di dunia, yaitu blogger. Meskipun demikian, Google tidak mengekslusifkan layanan hanya pada platform milik mereka. Buktinya adalah kehadiran sebuah plugin untuk website WordPress bernama Google Site Kit. Meski dapat dikatakan keduanya bersaing, kolaborasi antara Google dan WordPress adalah kabar gembira, terutama bagi Anda pengguna CMS WordPress. Google Site Kit adalah cara Google untuk meningkatkan integrasinya dengan WordPress. Dengan merilis plugin open source, Google berharap bisa memudahkan siapa saja untuk mengoptimasi websitenya. Untuk bisa menggunakannya, Anda harus menginstallnya terlebih dahulu. Pembaca Unlimited, berikut cara install Google Site Kit agar optimasi website kian mudah.

Apa Itu Google Site Kit?

Google Site Kit adalah plugin resmi WordPress dari Google sebagai bahan mencari insight tentang bagaimana orang menemukan website Anda. Site Kit adalah one stop solutions untuk menyebarkan, mengelola, dan mendapatkan insight dari tools Google untuk keperluan optimasi website. Tentu akan sangat menyenangkan apabila Anda bisa mengelola website dengan sangat mudah, dan tentunya gratis.

cara install Google Site

Pertanyaan selanjutnya adalah, untuk siapa Google Site Kit? Jawabannya adalah, siapapuu. Siapapun yang menggunakan website berbasis WordPress. Dari pemilik bisnis kecil hingga mereka yang bekerja sebagai pengembang website. Dari pemula sampai yang ahli. Semua bisa.

Bagi pemiliki website, mengetahui cara bagaimana menemukan dan menjangkau website Anda adalah sesuatu yang penting. Google Site Kit membantu Anda dalam membangun, memaintain, dan mengiringi pertumbuhan website Anda. Dengan Site Kit, Anda akan terbantu pula ketika mengambil keputusan dari wawasan yang Anda dapatkan, langsung dari dashboard website.

Bagi pengembang dan agensi, Google Site Kit sangat cocok untuk sebagai one stop solutions untuk pekerjaannya. Ia bisa digunakan untuk mengembangkan, mengelola, dan mendapatkan insight untuk kesukesan website klien. Dan bagi Anda yang bekerja di bidang hosting provider, Google Site Kit menyediakan cara yang terukur dan mudah bagi pengguna Anda dalam mengakses tools dan metric Google.

Fitur Google Site Kit

Kita semua tahu, Google sekarang tak hanya menjelma menjadi mesin pencari paling populer di dunia. Dengan berbagai kecanggihannya, Google, dengan Site Kitnya menjadi plugin yang sangat powerful berfitur komplit. Lantas, apa saja fitur unggulan Google Site Kit?

Mencatat Semua Traffic

Untuk bisa melakukan pengambilan keputusan, salah satu modal yang diperlukan adalah laporan, atau catatan mengenai trafik yang masuk ke website Anda. Hanya saja untuk melakukan ini, plugin Google Site Kit Anda harus terhubung dengan Google Analytics. Laporan ini akan membantu Anda memahami bagaimanan orang menjangkau website Anda, dari data Analytics. Berikut trafik yang tercover:

Refferal

Referal adalah orang yang menjangkau website Anda dari link yang terdapat pada sumber lain. Dan untuk mengetahui siapakah yang terhubung ke website Anda bisa menggunakan Google Analytics.

Organik

Trafik organic adalah ketika orang menemukan website dari mesin pencari.

Trafik direct

Trafik direct adalah sumber lalu lintas dari orang yang langsung mengetikkan nama website Anda pada browser mereka. Atau juga bisa saja orang yang telah menandai website Anda. Inilah pembaca anda yang paling setia.

Email

Anda bisa membuat parameter khusus di Analytics. Misalnya melacak berapa kunjugan yang datang ke website dari bulletin.

Selain beberapa metric diatas, Anda juga bisa memeriksa beberapa hal lain. Seperti memeriksa bounce rate dan lama waktu yang dihabiskan pengunjung di website Anda.

Menganalisa Saluran Pencarian

Laporan ini akan menunjukkan pada Anda berapa banyak orang melihat dan mengklik website Anda di Google Search. Data ini bisa didapatkan dari Seacrch Console dan Analytics. Anda bisa menganalisa berdasarkan data berikut:

cara install Google Site

Impression

Impresi menunjukkan barapa banyak orang yang melihat website Anda di hasil pencarian Google.

Klik

Orang yang mengklik tautan ke website Anda pada hasil pencarian Google.

Pencarian Unik dari Pencarian

Pencarain unik adalah orang yangn menemukan website Anda di bila pencarian Google selama sesi di situs Anda. Jika pengunjung mengunjungi website Anda lebih dari sekali dalam satu sesi, oleh Google akan dianggap unik.

Popularitas

Salah satu keunggulan install Google Site Kit adalah Anda, sebagai pengguna bisa menganalisa laporan tentang popularitas website Anda. Data ini berasal dari Google Search Console dan Analytics. Yang termasuk laporan popularitas antara lain:

Pencarian Teratas

Pencarian teratas didasarkan pada seberapa banyak kata kunci atau halaman ditayangkan.

Konten Paling Populer

Halaman paling populer dengan paling banyak view. Termasuk pada top search query yang relevan dengan halaman tersebut.

Google Page Speed

Hal lain yang menjadikan install Google Site Kit sangat bermanfaat adalah bisa kemampuannya mendeteksi kecepatann sebuah website. Anda bisa mengetahui seberapa cepat halaman website Anda. Juga memeriksa permasalahan yang kemungkinan bisa menurunkan kecepatannya.

Rentang kecepatannya dari skala lamba, rata-rata, dan cepat.

Google Adsense

Google Adsense. Siapa yang tak kenal dengan platform Google yang satu ini. Ini adalah salah satu jaringan periklanan terkemuka di dunia. Bagi blogger, pemilik website, ataupun content creator, mendapat approval Google Adsense adalah salah satu yang diiginkan. Apakah Anda juga demikian?

Cara Install Google Site Kit

Untuk mulai menggunakan Google Site Kit, Anda bisa langsung menginstallnya langsung via dashboard WordPress. Cara Install Google Site Kit di WordPress sendiri cukup mudah. Yang perlu Anda perhatikan adalah, pastikan website Anda sudah tayang. Jika website Anda belum tayang, Google Site Kite tak akan menampilkan data apapun kepada Anda. Terdapat dua cara install Google Site Kit, langsung dari WordPress dan cara manual. Berikut cara installnya:

Cara Install Google Site Kit dari WordPress

  • Login ke WordPress

Pertama kali yang harus Anda lakukan login ke dashboard website WordPress.

  • Pastikan Website Anda sudah bisa diakses
  • Klik Plugins

Klik add new, kemudian ketikkan Site Kit di bilah pencarian. Anda akan menjumpai Google Site Kit di hasil pencarian.

  • Install dan aktivasi menggunakan plugin dari Google.
  • Sambungkan Google Site Kit pada akun Google Anda. Jika website Anda memiliki beberapa admin WordPress, maka setiap admin harus menghubungkan akun Google mereka sendiri untuk mengakses plugin.

Cara Install Google Site Kit Secara Manual

Tak hanya langsung dari WordPress, Anda juga bisa melakukan install Google Site Kit secara manual. Berikut cara install Google Site Kit secara manual:

cara install Google Site

  • Cara pertama yang harus Anda lakukan adalah memasukkan folder google-site-kit ke /wp-content/plugins/directory.
  • Kemudian masuk halaman plugins.
  • Aktivasi Google Site Kit menggunakan plugin dari Google.
  • Sambungkan Google Kit ke akun Google Anda.

Langkah Selanjutnya

  • Masuk ke menu Google Site Kit.
  • Ikuti setiap instruksinya.
  • Kemudian masuk ke halaman utama Google Site Kit, disana telah ditampilkan metric dari Google Console.
  • Sambungkan tools Google yang Anda inginkan di Site Kit.

Kesimpulan

Site Kit adalah sebuah tools yang bagus untuk optimasi website. Cara install Googel Site Kit di WordPress pun sangat mudah. Tak membutuhkan skill pemrograman yang advance. Demikian artikel cara install Google Site Kit untuk optimasi website yang bagus. Semoga artikel ini bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *