WordPress, siapa yang tak tahu dengan nama yang satu ini. Sebuah platform website yang memiliki pengguna terbesar di dunia. Tercatat ada sekitar 26 juta website di seluruh dunia yang berjalan menggunakan sistem WordPress. Dengan kata lain, WordPress menguasai pangsa pasar website sebesar 60%. Suatu hal yang sangat fantastis tentu saja. Tentu bukan tanpa alasan mengapa WordPress amat populer. Sejak pertama kali diluncurkan pada tahun 2003, WordPress menawarkan berbagai kemudahan untuk pengguna yang sedang menggeluti aktivitas blogging. Dan seperti halnya content management system lain, WordPress sangat powerful dan mudah digunakan.

Bahkan dalam deskripsinya, WordPress mencantumkan slogan ‘famous 5 minutes install”. Kalimat ini seolah menjadi penegasan WordPress bahwa untuk bisa segera menggunakannya, pengguna tak perlu repot. Instruksinya pun sudah sangat jelas. Pengguna bisa memulainya dari unzip WordPress, membuat database dengan MySQLmerubah nama dan mengedit file php. Juga, dengan mudah pengguna bisa mengunggah file WordPress ke direktori web yang tepat, membuat blog directory, dan terakhir menjalankan kode instalasi WordPress.

Baca Juga: Cara Setting WHM di VPS

WordPress sendiri dapat digunakan banyak panel kontrol. Salah satunya adalah cPanel. Untuk dapat menginstal WordPress di cPanel, Anda dapat menggunakan software app installer bernama Softaculous App Installer.

Softaculous App Installer

cara install WordPress

Banyak orang yang menggeluti dunia website tentu tak asing dengan Softaculous. Softaculous mempunyai peran yang sangat krusial saat proses instalasi aplikasi website. Fungsi Softaculous adalah untuk otomatisasi saat menginstal aplikasi website, melalui penggunaan skrip yang telah ditentukan. Instalasi ini berjalan dari menu admin website. Dan, Softaculous dapat berjalan di banyak panel kontrol, antara lain cPanel, DirectAdmin, dan Plesk.

Populernya Softaculous tak lain disebabkan oleh adanya dukungan skrip instalasi web app yang sangat banyak. Banyak skrip tersebut terbagi ke dalam banyak kategori. Antara lain seperti ad management, blogging, content management system, customer relation management, customer support, ERP, ecommerce, dan lain sebagainya. Di Softaculous, saat ini terdapat 325 script yang bisa Anda gunakan.

Untuk menginstal aplikasi menggunakan Softaculous, pengguna hanya perlu melakukan satu kali klik saja. Tetapi sebelumnya harus mengisi beberapa informasi yang dibutuhkan. Kemudian Softaculous secara otomatis akan melakukan rangkaian proses instalasi, seperti konfigurasi database, user permission, dan file web server.

Cara Install WordPress Menggunakan Softaculous di cPanel

Bila pada bagian awal tulisan ini sedikit membahas tentang apa yang menyebabkan WordPress begitu populer dan pengenalan Softaculous. Anda juga  telah mengenal Softaculous App Installer. Jadi, untuk menginstal WordPress di cPanel, Anda dapat menggunakan Softaculous. Berikut adalah panduan cara install WordPress menggunakan Softaculous.

Langkah pertama – Login ke akun cPanel

Langkah pertama kali yang bisa Anda lakukan adalah login ke akun cPanel Anda. Anda bisa login menggunakan link yang diberikan oleh penyedia hosting yang Anda gunakan. Silakan memasukkan username dan password pada kolom yang telah tersedia. Lalu Anda akan diarahkan ke halaman utama akun cPanel.

Langkah kedua – Masuk ke Softaculous App Installer

cara install WordPress

Setelah berhasil masuk ke akun cPanel, langkah selanjutnya yang bisa Anda lakukan adalah masuk ke Softaculous App Installer. Secara default, Softaculous App Installer berada di tab Software. Tempatnya berada di bagian bawah layar monitor. Maka untuk memudahkan, Anda dapat menuliskannya di kotak pencarian. Setelah ketemu, kemudian klik Softaculous App Installer.

Langkah ketiga – Memilih WordPress

Kemudian, Anda akan diarahkan ke dasbor Softaculous App Installer. Ada banyak macam content management system yang dapat Anda pilih. Karena artikel ini menggunakan WordPress, maka silakan pilih WordPress.

Setelah itu Anda akan diarahkan masuk ke halaman WordPress di Softaculous. Silakan gunakan aplikasi WordPress yang palin baru, yaitu versi 5.5.1. Anda bisa melihat berbagai informasi yang ada di sana. Berikut rangkuman informasi tersebut:

Overview – Untuk melihat domain apa saja yang telah diinstall di WordPress.

Features – Untuk melihat tampilan WordPress.

Demo – Untuk mencoba WordPress.

Rating – Melihat rating yang diberikan oleh pengguna. Semakin banyak bintang semakin baik.

Review – Untuk melihat tanggapan feedback dari orang-orang yang telah menggunakan WordPres sebelumnya.

Import – Untuk instalasi apabila sebelumnya sudah memiliki data di WordPress.

Silakan klik Install Now

Langkah keempat – Mengisi konfigurasi WordPress

Kemudian Anda akan diarahkan ke halaman yang berisi kolom-kolom konfigurasi, yang diperlukan untuk keperluan instalasi. Misalnya untuk versi WordPress, tentu saja Anda harus memilih versi yang paling baru. Untuk bagian In Directory, pastikan kolom tersebut dikosongkan jika Anda menginginkan tampilan website Anda serupa domain.com. Jika Anda ingin menjadikannya domain.com/wp, Anda dapat mengisinya dengan wp. Sedangkan untuk theme dan plugin, Anda dapat menyesuaikannya setelah proses instalasi selesai. Jadi, Anda tinggal mengisi username dan password sesuai dengan keinginan. Kemudian klik Install.

Tunggu proses instalasi hingga selesai, sampai kemudian muncul pesan notifikasi yang berisi pemberitahuan bahwa instalasi WordPress Anda telah berhasil. Dan selamat, proses instal WordPress di cPanel menggunakan Softaculous telah selesai. WordPress kini telah siap digunakan. Untuk dapat segera menggunakannya, Anda dapat login dengan memasukkan username dan password yang tadi telah dibuat.

Untuk Apa Peruntukan WordPress?

cara install WordPress

Dengan kepopuleran yang dimilikinya, kemudian akan timbul pertanyaan: Untuk apa peruntukan WordPress? Tentu ini menarik untuk dijawab. Bahwa WordPress dapat digunakan untuk keperluan apapun. Berikut ini adalah contoh-contoh penggunaan WordPress:

Blog

Penggunaan WordPress pertama yang paling umum adalah sebagai platform blog. Tidak hanya para blogger pemula, banyak pula blogger professional yang menggunakan WordPress sebagai tulang punggung dari WordPress mereka.

WordPress menyediakan banyak fitur-fitur esensial yang dibutuhkan seorang blogger. Anda bisa membuat postingan, mengedit tema,, hingga melakukan kustomisasi sesuai dengan keinginan Anda. Ini tak lepas dari dukungan tema dan plugin yang kaya di WordPress.

Website Portofolio

Selain sebagai layanan blog, hal apalagi yang bisa dilakukan oleh WordPress? Website berbasis WordPress banyak pula digunakan sebagai tempat memajang portofolio. Memiliki portofolio yang kuat di internet memungkinkan Anda untuk berbagai kemungkinan baru. Dari mendapatkan pekerjaan baru, menemukan klien potensial, hingga membangun reputasi.

Website Bisnis

Pada awal kemunculannya, WordPress banyak disebut-sebut sebagai platform yang cocok digunakan oleh bisnis kecil. Tetapi nyatanya, pengguna WordPress berasal dari semua skala bisnis. Dari perusahaan yang beroperasi di garasi rumah, hingga berbagai perusahaan kelas dunia, banyak yang menggunakan WordPress.

Website Toko Online

Untuk Anda yang berkecimpung di dunia bisnis online, WordPress dapat menjadi platform yang tepat untuk mengembangkan bisnis. Ini tak lepas bahwa banyak platform ecommerce menggunakan WordPress sebagai pondasinya. Salahs satunya adalah Shopify.

Kesimpulan

Demikian tadi cara install WordPress di cPanel menggunakan Softaculous App Installer. Cukup mudah, bukan?

Jadilah bagian dari dunia digital Indonesia dengan hosting murah Unlimited.ID. Tunggu apalagi, klik di sini untuk informasi lebih lanjut.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *