Cara melihat statistic visitor ataupun pengunjung yang ada di website anda akan bisa anda terapkan dengan berbagai cara. Pada saat anda melakukan semuanya dengan tepat, sudah pasti hasil yang akan bisa anda peroleh pun juga akan luar biasa. Dalam hal ini, cPanel memang memiliki cukup banyak fungsi yang signifikan. Dengan adanya panel yang menunjukan statistik dari pengunjung tersebut, sudah pasti ada lebih banyak manfaat yang akan bisa anda dapatkan didalamnya. Ini juga akan memberikan kemudahan dalam rangka merancang strategi mendatangkan pengunjung website dengan mudah.

Baca Juga: Membuat Account Email Di cPanel

Sebagaimana diketahui, anda mungkin sudah mengaplikasikan teknik SEO yang diperlukan bagi website yang anda miliki. Tapi apakah teknik SEO yang sudah anda terapkan pada website tersebut sudah cukup? Tentu saja tidak. Pasalnya, dalam penerapan teknik SEO tersebut, anda juga akan bersaing dengan banyak pihak. Tapi alih-alih melihat competitor lainnya, anda bisa memulainya dari melihat statistic website anda secara internal terlebih dahulu. Dari sini anda akan bisa tahu seberapa ampuh strategi SEO yang sudah diterapkan itui bekerja. Apakah anda telah mendapatkan hasil yang diharapkan atau belum. Berikut adalah beberapa poin penting dalam memperhatikan statistic pengunjung yang ada di website.

Poin Penting Dalam Penggunaan Statistic Visitor

Cara Melihat Statistik Visitor Via cPanel
unlimited.id
  • Menggunakan cPanel bisa anda gunakan sebagai pilihan mengingat saat ini ada juga layanan serupa yang akan memberikan informasi tentang traffic statistic kepada anda, miaslnya Google Analytic. Ini adalah alat standard yang bisa anda gunakan. Namun, ada kalanya anda sebaiknya tidak terlalu bergantung pada alat yang satu ini. Anda bisa mencoba untuk memanfaatkan penggunaan alat lainnya yang terdapat didalamnya.
  • Bagi anda penggemar setia CMS WordPress dan Joomla, anda juga tak perlu cemas karena anda bisa menambahkan ekstensi berupa statistic pengunjung di masing-masing CMS tersebut. Dengan adanya statistic inilah maka anda akan mendapatkan kemudahan dalam rangka menghasilkan sesuatu yang anda butuhkan didalamnya.
  • Tapi sayangnya, perlu diperhatikan pula bahwa penggunaan plugin atau fitur yang terlalu berlebihan pada CMS tersebut juga akan berpengaruh lebih banyak pada daya muat dari website yang anda miliki. Sehingga pada akhirnya website anda itu sendiri akan menjadi susah untuk digunakan.
  • Lalu bagaimana cara melihat statistic visitor yang tepat dengan memanfaatkan cPanel? Tak perlu cemas karena anda bisa menggunakan sebuah Build In Tools yang menyediakan fasilitas pengecekan statistic terhadap website terkait, misalnya AWStats. Dengan adanya build in tools ini maka banyak yang akan bisa anda peroleh nantinya.

Panduan Cara Melihat Statistic Visitor Dengan AWStats

Anda bisa memulai langkah penerapan cara melihat statistic visitor yang tepat dengan metode yang ada didalamnya sebagai berikut:

  1. Masuk atau login terlebih dahulu ke website akun cPanel yang anda miliki. Kemudian pilih AWStats yang tersedia didalamnya.
  2. Jika sudah masuk, maka tahapan lanjutan yang bisa anda lakukan adalah dengan memilih nama domain yang anda ingin cek statistic-nya. Di sinilah anda akan bisa melihat icon berupa magnifying glass yang terdapat pada kolom View yang tersedia didalamnya. Inilah yang bisa anda coba untuk pergunakan.
  3. Dari sinilah anda nantinya akan menemukan berbagai informasi yang anda butuhkan, mulai dari statistic pengunjung, statistic negara asal pengunjung, dan lain sebagainya. Penjelasan selengkapnya akan bisa anda temukan di bab di bawah ini:

Cara Memanfaatkan Statistic Visitor

Cara Melihat Statistik Visitor Via cPanel
unlimited.id

Dalam penerapannya, berikut adalah beberapa hal yang bisa anda coba untuk lakukan dalam rangka melakukan hal-hal yang anda inginkan dalam cara melihat statistic visitor tersebut:

  • STATISTIC PENGUNJUNG: Memiliki peran dan fungsi penting untuk menunjukan statistic yang tersedia didalamnya. Pada bagian tanggal anda bisa memasukan tanggal Reported Periode atau kapan mulai laporan statistic pengunjung tersebut anda inginkan. Di sinilah anda akan bisa mendapatkan semua yang anda perlukan didalamnya. Pada tahapan yang lebih lanjut anda akan bisa memperoleh semua informasi yang lengkap mulai dari Unique Visitors, Number Of Visits, Pages, Hits, Bandwidth, dan lain sebagainya. Semuanya akan bisa anda maksimalkan dan pergunakan dengan mudah.
  • STATISTIC NEGARA ASAL PENGUNJUNG: Anda bisa melihat statistic negara asal pengunjung sebagai pilihan tepat yang bisa anda dapatkan didalamnya. Dengan adanya penerapan tersebut, maka anda pun akan bisa lebih mudah dan tepat mendatangkan sesuatu yang anda inginkan didalamnya. Inilah yang jelas akan bisa anda coba terapkan untuk tahapan lebih lanjut, misalnya dengan melihat Locales sajua anda bisa tahu negara mana tempat dari traffic tersebut berasal. Lalu aktivitas apa saja yang mereka lakukan terhadap halaman yang anda miliki didalamnya.
  • STATISTIC SISTEM OPERASI YANG DIGUNAKAN: Pada penerapan statistic sistem operasi yang digunakan, anda bisa melihat penggna mengunjungi website anda tersebut dengan menggunakan apa. Apakah Windows, Linux, iOS, Java, Machintos, dan lain sebagainya yang akan bisa anda temukan didalamnya. Dari sinilah semuanya akan mampu anda dapatkan dengan mudah dan tepat itu sendiri.

Panduan Melihat Statistic Dengan Memakai Menu Visitors

Cara Melihat Statistik Visitor Via cPanel
unlimited.id

Untuk penerapan dan tahapan selanjutnya, anda bisa mencoba untuk memakai menu visitors yang terdapat didalamnya. Ini adalah langkah alternatif yang bias anda lakukan. Metode penerapannya cara melihat statistic visitor adalah sebagai berikut:

  • Tahapan awalnya bisa anda mulai dengtan melakukan Login terlebih dahulu ke cPanel yang anda miliki. Setelah itu, kemudian anda bisa mencoba untuk memilih menu Visitors yang terdapat didalamnya.
  • Kemudian, pilih menu View pada bagian domain yang akan dikunjungi didalamnya. Pada menu tersebut, anda nantinya akan bisa dengan mudah mendapatkan informasi yang menampilkan IP Pengakses, URL yang diakses, waktu mengakses, ukuran yang diakses, serta browser yang akan digunakan nantinya untuk mengakses itu sendiri. Itulah beberapa informasi yang nantinya akan bisa anda dapatkan didalamnya.
  • Melalui AWstats juga bisa anda terapkan jika anda ingin melakukan cara penerapan dengan AWstats di atas, maka anda bisa melakukannya dengan masuk ke cPanel à AWstats.
  • Nantinya untuk memperoleh hasil akhir yang lebih jelas, anda bias memilih pada bagian rangkuman Unique Visitors, Number Of Visits, Page, Hits, dan lain sebagainya. Semuanya itu akan memberikan kepada anda informasi yang anda butuhkan dan juga perlukan didalamnya.

Akhir Kata

Mudah sekali cara melihat statistic visitor lewat cpanel, bukan? Dari penjelasan di atas, bisa disimpulkan bahwa panduan atau cara melakukannya bisa anda terapkan dengan menggunakan AWstats dan juga langsung memilih menu Visitors. Mana yang menurut anda terbaik? Silahkan anda menentukan sendiri sesuai dengan pilihan yang diinginkan. Dari sinilah manfaat dan hasil yang anda butuhkan didalamnya akan bisa tersedia dengan cara dan penerapan yang tepat didalamnya. Jadi anda pun akan benar-benar bisa mendapatkan semua yang anda butuhkan dan perlukan tersebut dengan cara dan penerapan yang jelas.

Baca Juga: Penjelasan Inodes Pada Unlimited Hosting

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *