Semakin canggihnya teknologi saat ini memungkinkan siapa saja untuk dapat mengakses informasi lintas negara. Nantinya, saat sebuah website mulai mendapatkan traffic yang ramai, terkadang akan mendapat kunjungan dari negara-negara yang tidak dikehendaki oleh pengguna website. Dan salah satu cara terbaiknya adalah dengan melakukan pembatasan. Lantas, bagaimana cara membatasi pengunjung website dari luar negeri?

Tetapi, mengapa seorang pemiliki website harus membatasi pengunjung dari negara tertentu? Apakah ada yang salah? Jawabannya adalah, di dunia ini ada beberapa negara yang terkenal sebagai sarang peretas. Meskipun kita tahu, bahwa memang peretas website hampir ada di seluruh dunia. Dan tak ada salahnya untuk mengantisipasi peretasan dengan cara membatasi pengunjung website dari luar negeri.

Sebelum memulai tutorial ini, pastikan Anda untuk mempersiapkan:

  • Akses cPanel di akun hosting agar dapat terhubung melalui FTP Client.
  • IP statis.

Cara membatasi pengunjung website dari luar negeri

Cara Membatasi Pengunjung Website dari luar negeri

Ada beberapa langkah yang bisa Anda lakukan untuk membatasi kunjungan website dari luar negeri. Berikut ini adalah langkah-langkah yang dapat Anda lakukan:

  • Membuka file .htaccess dari File Manager cPanel

Pada langkah pertama cara membatasi pengunjung website dari luar negeri, yang harus Anda lakukan pertama kali adalah membuka file .htaccess yang ada di dalamnya terlebih dahulu. Ini dapat Anda bisa memanfaatkan public_html yang ada di dalamnya. Anda juga dapat menggunakan File Manager cPanel untuk dapat menjalankan tahapan selanjutnya yang perlu dilakukan.

  • Siapkan IP negara tertentu yang ingin dibatasi aksesnya

Selanjutnya langkah kedua yang dapat Anda lakukan adalah dengan menyiapkan IP dari negara mana saja yang ingin Anda batasi aksesnya. Di tahap ini, Anda membutuhkan data signifikan, yang mungkin saja jumlahnya akan sangat banyak di dalamnya. Hal ini perlu Anda perhatikan, dan menerapkan semuanya dengan baik. Sehingga Anda akan merasakan manfaatnya dalam jangka panjang.

  • Menggunakan kode “Deny From….(IP Address)

Langakh selanjutnya yang bisa Anda lakukan untuk membatasi pengunjung website dari luar negeri adalah menggunakan kode “Deny From” yang ada di dalamnya. Deny From ini kemudian dapat Anda tambahkan alamat IP yang ingin diblokkir. Misalnya Anda ingin memblokkir koneksi dari beberapa negara Eropa Timur yang terkenal dengan hackernya yang berbahaya, Anda bisa menambahkan kode deny dari alamat IP negara tersebut.

  • Memberi kode </LIMIT> di bagian akhir

Untuk membatasi akses dari negara tertentu ke website Anda, cara ini juga bisa dilakukan. Anda bisa menambabkan kode </LIMIT> di bagian akhir file .htaccsess Anda. Nantinya pengunjung website dari negara tertentu akan dibatasi lalu lintasnya/

  • Jika ingin mengizinkan atau membuka akses, rubah kode via Allow From

Selain memblokkir, kadang pada beberapa kasus Anda kembali menargetkan pengunjung dari website tertentu. Dan meskipun Anda telah memblokkir atau membatasi akses dari negara tertentu, Anda dapat mengubahnya di .htaccess menggunakan kode Allow From.

Anda bisa mengubah pengaturanny dengan menambahkan kode Allow From, diikuti oleh alamat IP dari negara yang telah Anda tentukan.

Baca Juga: Seberapa Penting SSL Untuk Website? 

Menggunakan Cara Alternatif Lainnya

Cara Membatasi Pengunjung Website dari luar negeri

  • Country IP Blocks

Selain menggunakan metode diatas, Anda juga bisa menggunakan alternative untuk membatasi website dari pengunjung luar negeri. Anda bisa menggunakan website Country IP Blocks. Cara penggunaannya pun cukup mudah. Anda dapat masuk ke website tersebut lalu pilih negara mana saja yang ingin diblokkir. Kemudian pada bagian selanjutnya, pada bagian .htaccess Deny yang ada di dalamnya.

Jika sudah, maka langkah selanjutnya adalah dengan menerapkan Create ACL yang ada di dalamnya. Setelah itu, salin file IP yang Anda miliki ke file .htaccess Anda.

  • Menggunakan Content Delivery Network

Untuk membatasi kunjungan dari luar negeri, Anda juga bisa menggunakan CDN atau Cloud Delivery Network. Terlebih jika website Anda memiliki konten statis seperti file media, gambar atau file lainnya. Dann perlu Anda tahu, CDN memiliki fitur built in geo tools untuk blocking akses dari negara tertentu.

Geo restriction atau Geoblocking memungkinkan Anda untuk memilih negara yang ingin Anda larang atau batasi aksesnya pada konten Anda. Dengan mengatur daftar hitam atau daftar putih negara yang dapat Anda control.

Jika Anda menggunakan CDN untuk mendelivery konten Anda, tak perlu khawatir dengan bandwidth, kecuali Anda membayar biaya ekstra di CDN.

  • Menggunakan Apache modul

Anda sebenarnya tidak perlu mengisi file .htaccess dengan mengisi ribuan baris IP. Sebagai gantinya, Anda dapat menginstal C library dan modul Apache untuk melakukan tugas ini. Salah satu penyedia database gratis adalah MaxMind yang bisa dilakukan untuk lookups. Mereka memiliki fitur bernama GeoLite2 yang selalu diupdate setiap bulan.

Tools Apache lain yang bisa anda gunakan adalah ModSecurity. ModSecurity adalah aplikasi firewall untuk Apache, IIS, dan NginX untuk melindungi dari serangan dan memungkinkan monitoring, logging, dan analisa secara real time.

Anda bisa menginstal dan konfigurasi jika Anda memiliki skil untuk melakukannya. Jika Anda menggunakan Web Host Manager, Anda bisa mengkonfigurasi dengan WHM.

  • Menggunakan layanan proxy Domain Anda

Metode terakhir untuk membatasi layanan kunjungan website dari luar negeri adalah menggunakan layan proxy yang disediakan oleh penyedia domain. Hal ini bekerja di level DNS. Dan kemungkinan Anda harus mengubah settingan DNS untuk menggunakannya.

Penyedia domain juga bertindak sebagai proxy terbaik dengan layanan CDN dan melayani konten Anda dengan server penargetan geografis.

Ini mungkin menjadi cara tercepat dan termudah untuk melakukan perlindungan terhadap website Anda. Kemudian dukungan CDN, caching proxy, dan kemampuan pemblokiran negara dari domain. Anda dapat menempelkan domain Anda di Cloudflare dan membuatnya terlindungi dan diatur dalam waktu sekitar 10 menit.

Baca Juga: 30 Penyedia Hosting Terbaik Indonesia

Catatan Penting

Cara Membatasi Pengunjung Website dari luar negeri

Terdapat beberapa catatan penting yang juga perlu Anda ketahui ketika melakukan upaya pemblokiran kunjungan website dari luar negeri. Berikut catatan yang perlu Anda pertimbangkan:

  • Tidak sepenuhnya efektif

Pada penerapannya, cara ini tak sepenuhnya efektif untuk digunakan. Yang jelas, efektivitas tidak lantas 100 persen, sebagaimana yang Anda bayangkan.

  • Perbarui daftar blokkir untuk meningkatkan akurasi

Untuk meningkatkan efektivitas dan akurasi, Anda bisa memperbarui daftar blokkir secara berkala.

Kesimpulan

Sobat Unlimited kini Anda telah mengetahui cara membatasi pengunjung website dari luar negeri. Jika Anda masih memiliki pertanyaan seputar artikel ini, jangan ragu untuk meninggalkan pertanyaan di kolom komentar. Semoga artikel ini bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *