Saat seseorang menggunakan WordPress untuk kali pertama kali, selalu timbul pertanyaan yang umumnya sama: gambar apa yang ada di sebelah nama mereka? Gambar atau ikon berwarna abu-abu inni dikenal dengan sebutan Gravatar. Di WordPress, sangat umum Anda akan mendapati ikon gravatar ini. Namun, tak jarang gambar default gravatar membuat orang kesal karena dianggap monoton. Karena itu, pada artikel kali ini, Kami akan membahas cara membuat gravatar di WordPress, untuk Sobat Unlimited semua.

Sejarah Awal Gravatar

cara membuat Gravatar di WordPress

Sebelum membahas lebih jauh tentang cara membuat gravatar di WordPress, Anda harus tahu awal mula sejarahnya. Sejarahnya dimulai dari avatar. Bukan, bukan film animasi avatar. Avatar adalah representasi grafis pengguna internet. Bisa jadi berbentuk gambar mereka sendiri, atau ikon acak ,semua terserah Anda.

Sejarah penggunaan avatar memang merentang panjang. Saat website masih digunakan secara anonym, orang akan menggunakan ikon yang ditujukan untuk identifikasi. Hal  ini sangat umum ditemui di website komunitas dan forum-forum. Anda dapat dengan mudah mengenali pengguna lain di forum hanya karena avatar mereka.

User internet zaman dulu lebih mudah mengingat avatar daripada nama yang digunakan pengguna lain. Terlebih jika Anda adalah orang yang sangat aktif di forum-forum. Namun seiring perkembangan zaman, saat forum-forum mulai ditinggalkan dan berganti menjadi website yang mana untuk memberikan komentar tidak perlu melakukan registrasi. Di sinilah peran gravatar.

Apa Itu Gravatar?

Gravatar adalah akronim dari Globally Reconized Avatar. Avatar adalah gambar atau logo dari penulis, perusahaan, atau grup pada postingan di website. Memiliki gravatar dapat membantuk meningkatkan personal Anda di dunia maya, yang ada miliaran nama di luar sana.

Banyak aplikasi populer memiliki dukungan untuk Gravatar, termasuk WordPress. Dan sebenarnya, Gravatar adalah layanan dimana pengguna dapat melampirkan foto yang dilampirkan ke profil dan akan ditampilkan setiap kali Anda berkomentar atau membuat postingan artikel di WordPress. Bukanlah hal mengherankan jika kemudian Gravatar dapat berjalan dengan mulus di WordPress karena keduanya memiliki induk yang sama, yaitu Automaticc.

Selama platform yang Anda gunakan mendukung Gravatar, layanan ini akan sangat membantu Anda. Layanan ini dapat membantu mengidentifikasi posting dan komentar Anda di website, forum, atau apapun itu. Karena fungsi yang ditawarkannya, maka tak salah jika Anda perlu membuat Gravatar.

Keuntungan Menggunakan Gravatar

Menggunakan Gravatar dapat membantu Anda meningkatkan reputasi online, karena memudahkan orang untuk mengingat Anda. Hanya dari gambar yang Anda gunakan. Jadikan Gravatar sebagai gambar profil yang membantu identitas sosial Anda di dunia maya.

Rasakanlah interaksi yang hidup berkat adanya Gravatar. Dan seperti halnya merek global lainnya, Gravatar dapat menjadi branding bagi siapapun yang berkecimpung di dunia online. Entah itu penulis, digital marketing, perusahaan, agensi, dan lain sebagainya.

Secara umum, Gravatar dapat digunakan secara gratis. Silakan buka website resmi Gravatar. Silakan mendaftar dengan email yang Anda miliki. Kemudian tambahkan foto atau logo yang unik. Untuk Anda pengguna WordPress, hampir sebagian besar tema WordPress sudah dilengkapi dan terintegrasi gravatar dengan komentar. Jika tema yang Anda gunakan tidak mendukung hal ini, Anda bisa melakukannya secara manual.

Maka, sekarang saatnya melangkah ke langkah selanjutnya. Bagaimana cara membuat Gravatar di WordPress?

Cara Membuat Gravatar di WordPress

cara membuat Gravatar di WordPress

Untuk membuat foto profil Gravatar, ada beberapa langkah mudah yang harus Anda lakukan. Apa saja? Simak langkah-langkah berikut ini:

1.Menyiapkan akun WordPress

Yang pertama kali harus Anda lakukan adalah membuat akun WordPress. Pergilah ke WordPress.com dan kemudian buatlah akun di sana. Lalu, setelah menyelesaikan pembuatan akun, Anda akan ditanyai oleh WordPress untuk menyambungkan akun Anda dengan layanan Gravatar.

Jika sebelumnya Anda pernah melakukan pendaftara di WordPress, Anda tidak perlu registrasi lagi. Cukup masukkan username dan password Anda di kolom login.

2. Registrasi dengan Gravatar

Setelah Anda memilih opsi registrasi dengan Gravatar, Anda akan diarahkan ke halaman utama Gravar. Kemudian silakan klik tombol Sign In. Nantinya, Anda akan diarahkan ke halaman login. Di sana, Anda akan mendapati tombol “Need an account?”. Silakan klik tombol tersebut untuk registrasi akun baru Gravatar.

Kemudian Anda akan diminta memasukkan email dan password. Isilah dengan email yang sering Anda gunakan untuk berkomentar di website apapun. Juga, pilihlah username yang Anda suka. Serta  pastikan juga untuk membuat kata sandi yang kuat. Karena Gravatar dapat berjalan secara multiplatform, di berbagai website, keamanan menjadi priortitas utama.

Baca Juga: Cara Meningkatkan Readability Score di WordPress

3. Aktivasi akun

Setelah klik tombol Sign Up, pihak WordPress akan mengirimkan email yang berisi link untuk aktivasi akun. Silakan klik tautan “Activate Accountt” yang dikirim ke inbox email Anda.

4. Menetapkan gambar

Setelah akun Anda selesai dibuat dan registrasi Anda telah selesai, Anda akan menerima email yang akan mengarahkan Anda ke akun WordPress. Silakan login kembali kea kun Gravatar Anda. Ketika login, akan muncul notifikasi dari Gravatar yang mengatakan Anda belum memiliki profil untuk akun Anda.

Jika Anda memilih tidak meng-attachment gambar, secara otomatis Gravatar secara otomatis memilihkannya untuk Anda. Untuk menambahkan gambar, silakan klik “Add New Image” dan upload gambar yang ingin Anda gunakan sebagai foto profil.

Ukuran gambar yang diizinkan di Gravatar adalah 80×80 pixel. Jika lebih dari itu, Anda harus memotong gambar tersebut. Setelah menetapkan gambar yang digunakan, Anda juga diminta untuk menetapkan rating untuk foto Anda. Ada empat rating foto di Gravatar, yaitu G, PG, R, dan X.

Pastikan gambar yagn Anda gunakan mendapatkan rating G agar dapat digunakan di semua jenis website dan dapat dilihat semua kalangan.

5. Memilih personality

cara membuat Gravatar di WordPress

Anda juga dapat memilih personalisasi untuk Gravatar Anda. Personality Monster ID, Identicon, dan Retro banyak digunakan oleh banyak website pribadi. Sedangkan Mystery Person, Blank,sangat cocok untuk website bisnis dan professional.

6. Lengkapi profil Anda

Setelah foto profil Anda telah tersimpan, Anda bisa melengkapi profil Gravatar Anda. Tambahkan nama, ceritakan sedikit tentang Anda, dan selesaikan hal lain yang relevan untuk ditambahkan pada akun Anda.

Cara Menampilkan Gravatar di WordPress

Agar Gravatar bisa tampil di website WordPress, pastikan Anda mengaktifkan Avatar di menu Discussion. Pergilah ke menu Setting – Discussion . Kemudian silakan centang kotak “Show Avatars”. Dan sekarang, Gravatar Anda telah terpampang di website di WordPress.

Kesimpulan

Ada banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan jika menggunakan Gravatar. Semoga dengan artikel ini, Anda lebih paham tantang cara membuat Gravatar di WordPress.

Buat website Anda sendiri dengan domain dan hosting murah dari Unlimited.ID. Klik di sini untuk informasi lebih lanjut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *