Memiliki website sudah menjadi kebutuhan bisnis masa kini. Apalagi berkat adanya WordPress, membuat website jadi lebih mudah. Maka tak heran, banyak website baru bermunculan. Dan banyak diantara website baru tersebut yang menggunakan WordPress sebagai pondasi websitenya. Memang, kemudahan adalah hal utama yang ditawarkan WordPress kepada para penggunanya. Salah satu kemudahan tersebut ada pada kustomisasi.

Sebagai pengguna, Anda dapat melakukan kustomisasi bahkan tanpa perlu skill bahasa pemrograman sama sekali. WordPress menyediakan berbagai macam plugin yang memudahkan Anda yang gemar bereksperimen dengan website. Salah satu plugin yang ramai digunakan tersebut adalah Elementor.

Elementor adalah salah satu plugin yang wajib diinstal, disamping ribuan plugin keren WordPress lainnya. Dengan Elementor, Anda bisa melakukan banyak hal. Misalnya, memodifikasi tampilan website  membuat profil perusahaan, curriculum vitae, hingga membuat landing page. Semua bisa dilakukan menggunakan Elementor.

Pada artikel kali ini, Unlimited akan mengajak Sobat semuanya untuk memahami cara membuat landing page dengan Elementor. Jadi, simak artikel ini sampai selesai ya, Sobat.

Pengertian Elementor

cara membuat landing page

Sebelum membahas lebih jauh tentang cara membuat landing page dengan Elementor, ada baiknya untuk berkenalan dulu dengan Elementor. Untuk Anda yang belum tahu, Elementor adalah salah satu page builder terbaik di WordPress saat ini. Hingga kini, Elementor telah diinstall oleh pengguna hingga 3 juta kali. Plugin yang satu ini juga mendapatkan rating yang bagus dari para penggunanya.

Elementor adalah plugin yang dapat diinstal dengan mudah di website berbasis WordPress. Selain mudah diinstal, Elementor juga cukup kompatibel dengan banyak tema di WordPress. Entah itu tema berbayar ataupun tema gratisan.

Plugin Elementor sendiri memiliki dua versi. Yaitu versi gratis dan versi berbayar. Anda bebas ingin menggunakan yang mana. Hanya saja, jika memang tidak membutuhkan banyak fungsi tambahan, versi gratisannya bisa Anda jadikan pilihan. Banyak yang menggunakan plugin Elementor untuk pembuatan landing page.

Dan, ya, karena menggunakan Elementor, Anda pun tak harus memiliki skil bahasa pemrograman untuk bisa membuat landing page sendiri. Penyebabnya adalah karena Elementor memiliki fitur drag and drop, yang sesuai dengan kebutuhan untuk membuat sebuah landing page.

Baca Juga : Ketahui Fungsi RAM Pada Website Di Sini!

Kelebihan yang Dimiliki oleh Elementor

cara membuat landing page

Untuk menggunakan Elementor, tentu Anda harus mengetahui alasan kuat mengapa Anda harus menggunakan plugin yang satu ini. Alasan terkuatnya tentu adalah kelebihan yang dimiliki oleh Elementor. Berikut ini adalah kumpulan kelebihan page builder Elementor yang harus Anda ketahui:

  • Gratis

Kelebihan pertama Elementor, tentu adanya versi gratisan pada page builder yang satu ini. Hadirnya versi gratis adalah salah satu hal yang menjadi pertimbangan pengguna. Dan meskipun gratis, fitur yang dimilikinya sudah termasuk lengkap. Khususnya untuk Anda yang akan membuat landing page menggunakan Elementor.

Jika fitur pada versi gratis dirasakan masih kurang, Anda bisa mengupgradenya ke versi Elementor Pro.

  • Mudah Digunakan

Keunggulan kedua yang dimiliki oleh Elementor adalah kemudahan penggunaan. Anda hanya tinggal melakukan drag and drop saja. Sisanya kembali pada selera desain Anda. Bagi para pemula, yang tidak banyak memahami bahasa pemrograman website, tentu hal ini sangat membantu sekali.

  • Responsif

Jika membicarakan keunggulan Elementor, tentu tak bisa meninggalkan responsivitas yang dimilikinya. Elementor tidak hanya dapat digunakan pada tampilan desktop saja. Namun juga sangat kompatibel dengan perangkat mobile seperti smartphone dan tablet.

Ketika sedang mengedit landing page, Anda bisa melihat tampilan yang ada di desktop, tablet, dan smartphone. Hebatnya lagi, Anda bisa melihatnya secara realtime.

  • SEO Friendly

Kelebihan lain Elementor adalah ramah terhadap SEO, alias Search Engine Optimization. Jadi, selain memiliki tampilan landing page yang bagus, Anda juga dapat melakukan optimasi SEO pada landing page tersebut.

  • Open Source

Untuk Anda yang gemar berkreasi dengan plugin, Elementor memiliki lisensi open source. Sehingga, Anda bebas mengutak-atik plugin ini tanpa takut akan mendapatkan sanksi dari pengembang.

  • Mudah dikustomisasi

Untuk Anda yang belum puas dengan tampilan default Elementor, plugin ini menawarkan kemudahan untuk melakuka kustomisasi. Anda bisa melakukan kustomisasi mulai dari ukuran, bentuk, CSS, dan masih banyak lagi lainnya.

Cara Membuat Landing Page dengan Elementor

cara membuat landing page

Di atas, Anda telah mengatahui apa itu Elementor berikut dengan kelebihan-kelebihan yang dimilikinya. Sekarang saatnya untuk menginstal Elementor lalu kemudian membuat landing page yang dapat digunakan untuk kepentingan bisnis Anda. Berikut adalah langkah-langkahnya:

Langkah Pertama – Login ke WordPress

Pertama, tentu Anda harus login terlebih dahulu ke website WordPress. Silakan memasukkannya dengan username dan password yang telah Anda punya.

Langkah Kedua – Klik Menu Plugin

Kemudian, dari dasbor WordPress, temukan menu Plugins. Letaknya agak kebawah. Silakan klik Add New.

Langkah Ketiga –Mencari Elementor Page Builder

Setalah masuk ke halaman plugin, silakan ketikkan “Elementor” pada bilah pencarian. Tunggu sebentar hingga muncul Elementor Page Builder.

Langkah Keempat – Instal dan Aktivasi

Setelah menemukan Elementor Page Builder, silakan klik Install Now, kemudian klik Aktivasi.

Langkah Kelima – Create Your First Page

Setelah klik “Activate”, akan muncul dasbor yang menyambut Anda di halaman utama Elementor. Silakan pilih “Create Your First Page”. Tunggulah sampai Elementor terbuka, dan Anda akan mendapati dasbor Elementor. Anda bebas melakukan kustomisasi di sana.

Langkah Keenam – Membuat Pages

Setelah itu, silakan klik menu “Pages”, dan klik pada halaman yang Anda inginkan sebagai halaman Landing Page. Di sana terdapat tombol “Edit With Elementor”. Silakan klik tombol tersebut untuk membuat landing page dengan Elementor.

Pertama, silakan klik tombol “+” untuk memilih kolom yang diinginkan sebagai tampilan website. Kemudian, Anda akan diarahkan untuk memilih kolom yang diinginkan untuk pembagian tampilan website.

Langkah Ketujuh – Memilih Elemen Landing Page

Setelah memilih kolom, yang harus Anda lakukan selanjutnya adalah mendesain landing page. Anda bisa memasukkan heading, image, carousel, Maps, Icon, Image Box, dan lain sebagainya. Menyesuaikan dengan kreativitas Anda.

Elemen standar yang biasa ada di sebuah landing page antara lain adalah progress bar, text editor, dan icon box.

Drag “Text Editor” ke kolom yang tadi telah Anda pilih. Kemudian akan dibuat Progress Bar, klik “+” pada Progress Bar ke kolom bagian kanan.Untuk Icon Box, drag elemen tersebut ke setiap kolom. Isilah elemen-elemen tersebut hingga landing page yang diinginkan telah jadi.

Kesimpulan

Demikian tadi cara membuat landing page dengan Elementor. Cukup mudah, bukan, Sobat? Semoga dengan ini Anda tidak lagi bingung tentang cara membuat landing page dengan Elementor. Semoga artikel ini bermanfaat.

Go digital sekarang juga dengan web hosting murah Unlimited. Klik di sini untuk informasi lebih lanjut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *