Kendala FTP Filezilla akan menjadi sebuah masalah yang signifikan jika anda tidak tau bagaimana cara mengatasinya dengan baik. Sebelum melangkah lebih jauh membahas mengenai apa itu FTP, alangkah baiknya jika anda memahami terlebih dahulu apa itu FTP. Hal ini akan memperdalam wawasan anda mengenai FTP dan juga memberikan informasi yang sesuai dengan kebutuhan anda saat ini. Pastinya akan lebih banyak manfaat yang akan bisa anda dapatkan dengan menggunakannya. Masalah biasanya akan muncul ketika anda memasukan sebuah file atau upload di kemudian kendala FTP Filezilla tidak stabil muncul. Hal ini akan membuat anda sudah bisa login, tapi gagal menampilkan file dan directory FTP yang ada didalamnya. Biasanya masalah ini akan muncul dengan notifikasi yang berwarna merah. Tulisannya biasaya adalah Error Connection Time Out kemudian diikuti dengan Error Failed To Retrieve Directory Listing.

Kenapa Kendala FTP Filezilla Bisa Terjadi?

Cara Mengatasi Kendala FTP Filezilla

unlimited.id

Kendala FTP Filezilla ini bisa terjadi karena berbagai alasan yang juga harus anda ketahui terlebih dahulu. Dengan memahami kendala FTP Filezilla yang ada, sudah pasti hal ini akan memberikan kepada anda keamanan dan juga mencapai solusi yang anda butuhkan ketika anda mengakses atau menggunakan FTP tersebut. Salah satu alasannya adalah karena pada bagian ekripsi tersebut, di koneksi FTP Server dan FTP Client ada masalah yang terjadi. Oleh karena itu, ada beberapa hal yang bisa anda terapkan didalamnya untuk bisa mengatasinya dengan segera.  Solusi yang bisa anda terapkan antara lain sebagai berikut:

Pertama, anda wajib untuk memakai provider ISP yang lain untuk mengatasi  masalah kendala FTP Filezilla ini. Pasalnya, problem ini bisa terjadi karena enkripsi yang datang melalui protocol FTP tersebut tidak didukung maksimal terhadap ISP yang dipakai oleh pengguna saat ini. Jika hal ini terus terjadi dan berlanjut, maka anda pun akan terus mengalami masalah serupa di kemudian hari. Ini akan membuat anda semakin banyak mengalami kendala pastinya nanti. Jadi agar kendala tidak datang lagi, maka sebaiknya ganti ISP anda darai sekarang.

Kedua, anda juga harus mengubah pengaturan yang ada di software FTP Client anda tersebut. Perubahan pengaturan adalah sebuah cara tepat jika anda enggan atau tidak mau ganti ISP anda ke yang lainnya. Atau mungkn, hal tersebut memang tidak memungkinkan untuk diterapkan karena ada beberapa pertimbangan yang harus anda lihat didalamnya.

Cara Merubah Pengaturan Software FTP Clients

Cara Mengatasi Kendala FTP Filezilla

unlimited.id

Lakukan cara ini jika anda memilih opsi kedua terkait solusi kendala FTP Filezilla tersebut. Opsi ini akan memungkinkan anda menggunakan cara yang tepat untuk mengatasinya dengan segera. Disini kuncinya adalah mengeset ulang pengaturan yang terdapat pada FTP Client Software itu sendiri. Anda bisa memulainya dengan masuk ke dalam menu manager site, apabila anda memakai filezilla tersebut sebagai software FTP Clientnya. Proses pengeditan juga sebenarnya tidak sesusah yang anda bayangkan. Disini ada beberapa hal yang bisa anda terapkan untuk bisa melakukan semua pengaturan tersebut dengan baik pastinya.

CARA PERTAMA:

Cara awal yang harus anda lkukan yakni pakai login ID anda di cPanel. Lalu saat anda sudah masuk ke cPanel maka anda harus mengubah pengaturan portnya sesuai dengan yang ditentukan dibawah ini.

HOST: untuk bagian ini anda bisa mengisi dengan IP server atau nama domain anda, ataua bisa juga nama server anda.

USERNAME: anda bisa mengisinya dengan usernamecpanel tanpa ada embel-embel tanda @ didalamnya.

PASSWORD: masukan saja passwordcpanel yang anda miliki.

PORT: untuk pilihan port anda bisa memasukan pilihan 22 atau default saja alias dikosongkan saja.

PROTOCOL: terkait pilihan yang satu ini anda bisa memilih pilhan protocol untuk jenis SFTP.

LOGON TYPE: untuk bagian ini, anda bisa memilih pilihan Logon yang normal.

CARA KEDUA:

Kendala FTP Filezilla juga bisa diselesaikan dengan cara alternatif. Anda bisa memakai username FTP yang ada seperti semula. Semua bagian yang ada enkripsinyaa saja yang perlu anda ubah. Jika anda bisa melakukannya dengan baik maka data yang akan terdapat pada situs anda akan bisa berubah pengaturannya seperti yang ada dibawah ini:

HOST: untuk pilihan host ini anda bisa memasukan IP server atau nama domain, atau juga hostame yang terdapat pada server anda.

USERNAME: masukan saja user FTP yang anda miliki.

PASSWORD: anda bias memasukan password FTP yang anda miliki.

PORT: untuk pilihan port yang satu ini bisa anda pilih dengan angka 21 atau bisa anda kosongkan saja sesuai kebutuhan yang anda inginkan.

PROTOCOL: untuk menu protocol ini anda bisa mengesetnya dengan pilihan FTP.

ENCRYPTION: lalu mengenai enkripsi anda bisa memilih dengan pilihan only use plain FTP (INSECURE)

LOGON TYPE: kemudian untuk pilihan tipe LOGON, anda bisa memilih pilihan yang normal saja.

Cek Apakah Kendala FTP Filezilla Masih Muncul?

Cara Mengatasi Kendala FTP Filezilla

unlinnited.id

Setelah menerapkan cara diatas, anda bisa mengecek ulang lagi apakah masalah kendala FTP Filezilla itu masih muncul. Biasanya setelah menerapkan cara diatas, anda akan bisa segera mendapatkan solusi dan masalah serupa tidak akan muncul lagi. Dengan menerapkan cara yang benar dalam mengatasi kendala FTP Filezilla tersebut maka anda pun akan mampu mendapatkan solusi signifikan yang anda butuhkan didalamnya. Yang pasti anda juga bisa menghubungi layanan hosting domain yang anda pilih guna mendapatkan informasi lebih lanjut serta melakukan penelusuran terkait apa yang sebenarnya terjadi. Jadi jika sumber masalahnya sudah ditemukan, anda pun akan bisa mendapatkan keuntungan dan manfaat yang lebih besar dan nyata lagi nantinya.

BACA JUGA: Cara Meningkatkan Pengunjung Website Paling Optimal

Kesimpulan

Cara mengatasi kendala FTP Filezilla tidaklah susah bukan? Anda pastinya akan menemukan sejumlah masalah jika sudah membuat domain atau web, tapi hal tersebut bukan masalah mengingat banyak sekali cara yang bisa anda terapkan agar bisa keluar dari masalah tersebut. Yang terpenting adalah tetap optimis dan meyakini bahwa setiap masalah yang terjadi pasti ada solusinya. Terlebih lagi, dalam dunia IT memang semua masalah yang terjadi akan selalu ada jalan keluarnya. Ada dua hal yang bisa anda pilih disini, anda menyelesaikan masalah secara manual, atau anda meminta bantuan ahli. Seperti yang dijelaskan di atas, anda juga bisa mencoba bertanya langsung pada staff IT yang ahli untuk mendapatkan pencerahan mengenai apa yang sebaiknya anda lakukan guna mengatasi hal ini dengan segera dan pasti. Jadi anda pun akan mampu merasakan sendiri manfaat luar biasa yang akan bisa anda dapatkan didalamnya.

Pada dasarnya permasalah kendala FTP Filezilla ini terjadi karena ada error pada bagian connection atau jaringan. Jika anda mampu menelusuri dan membenahinya dengan baik, itu bukanlah hal yang sulit dilakukan. Tinggal atur ulang saja semuanya di pengaturan cPanel anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *