Platform blog dari Google, Blogspot bisa dibilang menjadi salah satu pilihan favorit bagi orang-orang yang baru pertama kali membuat blog. Blogspot, bersama WordPress dan Tumblr menjadi tiga platform yang paling banyak digunakan oleh blogger pemula. Platform besutan Google ini banyak disukai karena mudah digunakan dan tentunya gratis.

Tetapi, Blogspot juga tak lepas dari kekurangan. Apa itu? Ya, setiap blog yagn dibuat menggunakan Blogspot akan menggunakan subdomain sebagai alamatnya. Ini menjadikan alamat sebuah blog menjadi panjang dan terlihat kurang menarik. Penggunaan subdomain ini juga dapat mempengaruhi kredibilitas blog Anda. Namun jangan khawatir, Anda masih bisa mengubahnya dengan nama domain.

Artikel ini akan menjabarkan pada Anda, Sobat Unlimited tentang cara mengganti domain Blogspot dengan mudah.

Mengapa Harus Mengganti Domain Blogspot?

cara mengganti domain blogspot

Untuk beberapa keperluan, melakukan penggantian domain di Blogspot merupakan sebuah keharusan. Walaupun sebenarnya juga tidak ada larangan untuk terus menggunakan subdomain blogspot. Setidaknya, terdapat dua alasan penting mengapa Anda harus melakukan custom domain di blogspot. Berikut dua alasan untuk menghindari pemakaian subdomain blogspot:

  • Tidak fleksibel – Satu hal yang harus Anda ketahui adalah, subdomain tidakd dapat dipindahkan ke platform lain. Misalnya, jika suatu hari Anda ingin beralih ke CMS lain, seperti WordPress contohnya. Alamat blog yang Anda gunakan dapat dipastikan tidak dapat digunakan di platform yang baru nantinya. Akan sangat rugi jika Anda kehilangan pembaca setia hanya karena hal-hal seperti ini.
  • Sulit ditemukan di Google – Saat Anda memasukkan sebuah kata kunci pencarian di Google, besar kemungkinan nama blog Anda tidak akan muncul. Oleh karena itu, jika ingin membesar, subdomain blogspot Anda harus segera ditanggalkan.
  • Terlihat tidak professional – Jika Anda memiliki sebuah brand, Blogspot bukanlah media yang tepat untuk membangun suatu brand. Banyaknya spam yang dilakukan oleh Blogspot membuat platform ini tidak memiliki kredibilitas yang bagus.
  • Sukar mendapatkan backlink – Backlink adalah salah satu cara agar blog Anda mudah ditemukan oleh Google. Tetapi dengan alasan diatas, blogger atau pemiliki website lainnya akan enggan memberikan backlink ke blog Anda karena masih menggunakan subdomain Blogspot. Terutama oleh blogger yang belum pernah Anda kenal sebelumnya.
  • Custom domain dapat digunakan untuk membuat email – Tentu akan terlihat keren saat Anda memiliki email yang menggunakan nama domain sendiri. Dalam konteks bisnis, tentu alamat email tersebut akan membuat Anda terlihat sangat professional.
  • Harga domain yang murah – Jika Anda merasa harga semua domain itu mahal, tolong pikirkan lagi. Untuk bisa memulain website dengan professional Anda yang pertama, Anda bisa membeli beberapa ekstensi domain yang berharga murah. Salah satu domain dengan harga murah adalah .xyz.

Apa Itu Custom Domain ke Blogspot?

Custom domain di Blogspot umumnya dilakukan untuk mengganti link URL website. Misalnya domainsaya.blogspot.com menjadi domainsaya.com, dan lain sebagainya. Untuk bisa melakukan custom domain blogspot, yang perlu Anda lakukan hanyalah order domain saja. Bahkan Anda tidak perlu melakukan order hosting karena Blogspot sudah menyediakan server mereka sendiri.

Cara Mengganti Domain Blogspot Melalui Member Area Unlimited

Berikut ini adalah langkah-langkah yang harus Anda lakukan untuk melakukan custom domain di Blogspot. Simak cara mudah custom domain Blogspot berikut ini:

Langkah pertama – Login ke dasbor Blogspot

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah login ke dasbor Blogspot. Anda bisa masuk menggunakan akun Gmail yang telah Anda miliki sebelumnya. Jika sudah, segeralah masuk ke menu setting dengan mengklik ikon roda gerigi yang ada di bagian kiri bawah layar Anda.

Langkah kedua – Menyiapkan URL Pihak Ketiga

Setelah masuk ke menu Setting, silakan masuk ke tab Publikasi dan klik “Siapkan URL Pihak Ketiga Blog Anda”.

Langkah ketiga – Masukkan Nama Domain yang Dimiliki

Jika sudah, silakan masukkan nama domain yang Anda miiki. Pastikan penulisannya juga lengkap, dengan disertai WWW. Misalnya Kita akan ambil contoh www.domainsaya .com. Setelah itu, silakan klik simpan.

cara mengganti domain blogspot

Hingga kemudian akan muncul kode cname, yang akan digunakan untuk melakukan pengaturan di member area.

Langkah keempat – Login ke Akun Member Area Unlimited

Yang kemudian harus Anda lakukan adalah mengakses dasbor Anda di akun member area Unlimited. Masukkan username, password, dan kode unik yang diminta untuk login. Jika sudah masuk ke dasbor, silakan klik “Domain”.

Langkah kelima – Memilih domain yang akan dikustom

Langkah selanjutnya adalah memilih domain yang akan dikustom. Setelah mengklik domain, akan muncul list domain yang telah Anda miliki sebelumnya. Pilih domain yang hendak dikustom . Setelah itu, klik Setting.

Langkah keenam – Ubah Name Server

Setelah klik Setting, langkah selanjutnya adalah mengubah ns, atau name server domain tersebut dengan menggunakan name server khusus kelola DNS yang mana saat ini menggunakan name server: ns1.unlimited.id dan ns2.unlimited.id.

Catatan: semua domain yang menggunakan menu kelola DNS harus menggunakan name serer tersebut. Jika tidak, maka settingan DNS tidak dapat digunakan.

Langkah Ketujuh – Pilih Menu Kelola DNS

Selanjutnya adalah klik Menu Kelola DNS. Kemudian Anda akan diarahkan pada beberapa kolom yang harus diisi. Pada kolom nama host, isikan dengan ikon @. Lalu pada kolom Jenis Record, pilih A (Address). Sedangkan untuk kolom Alamat isi dengan link tujuan. Dan kolom Prioritas bisa Anda kosongkan.

Masukkan empat IP Address Blogger satu per satu. Berikut adalah alamat IP yang bisa Anda masukkan:

216.239.32.21

216.239.34.21

216.239.36.21.

216.239.38.21

Langkah kedelapan – Masukkan codename

Dan langkah terakhir yang harus Anda lakukan untuk melakukan custom domain Blogspot menggunakan nama domain sendiri adalah memasukkan codename yang tadi telah Anda dapatkan. Cara input codename hampir sama dengan saat menginput A (Adddress). Hanya saja pada kolom Jenis Record diubah menjadi CNAME (Alias).

cara mengganti domain blogspot

Jika settingan suda lengkap, dalam hal ini alamat IP dan kode CNAME, selanjutnya Anda tinggal menunggu masa  propagasinya selesai. Masa propagasi sendiri  akan berlangsung paling cepat 4 jam. Sedangkan yang paling lama dapat memakan waktu hingga 1×24 jam.

Kesimpulan

Pengguna Blogspot biasanya akan mendapatkan subdomain blogspot.com. Dan Anda bsia menggantinya menggunakan custom domain.

Semoga artikel ini dapat memberikan pemahaman bagi Sobat Unlimited tentang cara mengganti domain di Blogspot menggunakan member area Unlimited.ID.

Go digital dan kembangkan bisnis Anda dengan hosting murah terbaik Unlimited.ID. Klik di sini untuk informasi selengkapnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *