WordPress adalah salah satu platform website dengan jumlah pengguna terbesar di dunia. Ada banyak alasan mengapa WordPress disukai oleh banyak orang. Salah satunya adalah kecepatan yang dimilikinya. 

Dengan loading yang cepat, maka akan semakin baik. Dari sisi pengunjung dan website, tentu saja. Bagi website, semakin cepat waktu akses dapat menghasilkan peluang konversi yang lebih tinggi. 

Sedangkan bagi pengunjung, loading website yang cepat dapat mengefisienkan waktu yang digunakan untuk browsing. 

Website yang lambat diakses memiliki beberapa dampak negatif. Mulai dari bounce rate yang tinggi, sedikitnya konversi, dan turunnya ranking di halaman hasil pencarian. Maka dari itu, penting untuk meningkatkan kecepatan website. 

Kabar baiknya adalah, WordPress memiliki banyak cara yang bisa digunakan untuk meningkatkan kecepatan website. Maka dari itu, pada artikel kali ini, kami akan berbagi dengan Sobat Unlimited, tentang cara meningkatkan kecepatan website. Jadi, simak artikel ini sampai selesai, ya. 

Apa Penyebab Website Melambat? 

Sebelum mulai membahas tentang cara meningkatkan kecepatan website WordPress, kamu harus mengetahui penyebab website menjadi lambat. Ada banyak penyebab website menjadi lambat. 

Bisa jadi, kamu tak punya banyak waktu untuk membangun website dengan kualitas terbaik. Sehingga, server tidak cukup kuat untuk mengatur website-mu. Trafik yang tiba-tiba melonjak juga bisa menjadi penyebab melambatnya sebuah website. 

Sebagai contoh, website-mu melambat karena trafik yang melonjak. Ketika ini terjadi, akan muncul keterangan “Try it again later”

Cara Meningkatkan Kecepatan Website WordPress 

Website yang melambat, dapat berdampak buruk. Penurunan conversion rate, terutama. Maka dari itu, penting sekali untuk mempelajari bagaimana cara meningkatkan kecepatan website WordPess. 

Berikut adalah beberapa cara meningkatkan kecepatan website WordPress: 

1. Memilih Paket Hosting yang Tepat 

Hal paling penting yang harus diperhatikan sebelum membuat website adalah, memilih hosting yang tepat. Ya, hosting adalah salah satu alasan tentang eksistensi sebuah website. 

Karena itu, kecepatan website WordPress sangat bergantung pada hosting yang kamu pilih. Selain sebagai rumah, hosting juga bertindak sebagai perantara antara website-mu dengan pengunjung. Dan kecepatan transfer data juga sangat dipengaruhi oleh server yang kamu pilih. 

Pilihlah penyedia hosting yang tidak hanya menawarkan harga termurah. Lihat juga kualitas server dan pelayanan yang diberikan. 

2. Update Versi WordPress

Bagi beberapa orang, notifikasi untuk update aplikasi adalah hal yang mengganggu. Namun, sebaiknya kamu tidak menyepelekan hal ini. Segala hal yang terdapat di website WordPress, seperti plugin, tema, dan aplikasi lainnya, harus di update. Setidaknya, sekali. 

Menunda-nunda update versi aplikasi di WordPress hanya akan memperlambat waktu akses WordPress-mu. 

Bukan hanya mempercepat akses, manfaat lain dari update aplikasi di WordPress juga dapat menghindarkan website dari celah keamanan. Karena ,versi terbaru aplikasi sudah tentu ditingkatkan keamanannya. 

3. Melakukan Caching 

Caching dapat membantu sebuah website untuk menurnkan request yang harus ditangani sebuah website. Simpelnya begini, caching adalah cara mengingat website pada pengunjungnya untuk waktu tertentu. 

Bagaimana cara kerja caching? 

Misalnya, ada  pengunjung yang baru pertama mengunjungi website-mu. Semua request akan tersimpan sebagai file cache. Jadi, ketika pengunjung tersebut datang lagi ke website-mu, data tersebut akan ditampilkan. 

Sebagai hasilnya, caching dapat menurunkan resources yang seharusnya dikeluarkan oleh website-mu. Karena itu, caching dapat meningkatkan kecepatan website. 

4. Optimasi Gambar 

Untuk meningkatkan kecepatan website, kamu perlu melakukan optimasi gambar yang ada di konten. Setelah melakukan optimasi, akan ada perbedaan yang kamu rasakan. Loading time website-mu akan akan lebih cepat. Traffic juga akan meningkat. 

Dari sisi SEO, optimasi gambar adalah pilihan terbaik. Untuk memudahkan, kini kamu bisa mengoptimasi gambar dengan bantuan plugin. Salah satu plugin optimasi gambar terbaik untuk WordPress saat ini adalah TinyJPG. Apapun jenis website-mu, optimasi gambar jelas sangat penting. 

5. Menggunakan Content Delivery Network 

Untuk memproses file berukuran besar di website, kamu butuh tools content delivery network. Jarak fisik adalah salah satu faktor penentu kecepatan distribusi informasi. Maka dari itu, kamu perlu menggunakan yang content delivery network. 

Dengan menggunakan CDN, segala informasi bisa terdistribusi dengan cepat tanpa halangan geografis. 

Penggunaan CDN juga dapat meningkatkan keamanan website. CDN membantu menyajikan halaman website pada pengunjung. Ia bekerja dengan menyimpan cache website di server yang ada di seluruh dunia. 

6. Menggunakan Plugin WordPress Terbaik 

Salah satu hal yang ditawarkan WordPress dan disukai para penggunanya adalah adanya plugin. Plugin sangat berguna untuk memudahkan penggunanya dalam mengelola website. Kamu bisa menggunakan plugin, tanpa harus membuat website lambat diakses. 

Temukanlah plugin WordPress yang tepat. Kenapa harus tepat? Ya, karena plugin WordPress ada banyak sekali, bukan puluhan, ratusan, tapi ribuan. 

Tentu tidak mungkin menggunakan ribuan plugin sekaligus. Salah-salah, website-mu malah tidak bisa diakses karena banyak plugin yang crash. Akan sangat kacau sekali. 

Bahkan untuk satu fungsi saja, kamu akan menemukan banyak plugin yang sama. Salah memilih plugin dapat menyebabkan website-mu mengalami bloated. Loading lama, terserang malware, dan mendapatkan penalti dari Google. 

Plugin terbaik memberikan dampak positif pada banyak hal. Mulai dari keamanan, SEO dan konversi. 

7. Minify File

Salah satu cara mempercepat loading website adalah melakukan minify file. Minify adalah istilah dalam pemrograman yang mengacu pada proses penghapusan karakter yang tidak diperlukan dalam mengeksekusi kode. 

Teknik ini dapat meningkatkan loading halaman website. Dampak jangka panjangnya, bisa meningkatkan user experience pengunjung di website-mu. 

8. Membersihkan Elemen Website yang tidak Penting 

Salah satu cara meningkatkan kecepatan website WordPress adalah menghapus plugin dan tema yang tidak digunakan lagi. 

Plugin dan tema WordPress yang baik adalah yang mendapatkan update dari pengembangnya. Namun tak jarang pemilik website yang tidak melakukan update. Website WordPress terdiri atas banyak elemen. Seperti file, gambar, dan dokumen itu sendiri. 

Banyak dokumen tersebut yang seringkali tidak digunakan lagi dan hanya memenuhi kapasitas penyimpanan server. Makin banyak file yang tidak terpakai, akan memberi pengaruh pada kecepatan website. 

Karena itu, penting untuk membersihkan website secara rutin. Untuk mempermudah, kamu bisa menggunakan plugin pembersih website. 

Penutup 

Pengunjung seringkali tidak menoleransi website yang lambat diakses. Meningkatkan kecepatan website WordPress adalah salah satu cara agar pengunjung betah berlama-lama di websitemu. 

Unlimited memiliki paket hosting untuk Anda yang menginginkan website yang cepat, reliabel, dan aman. Klik disini untuk informasi lebih lanjut. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *