Kita semua tentu tahu bahwa Google memiliki sebuah platform blogging populer bernama Blogger.Hal ini memungkinkan pengguna membuat blog menggunakan akun Google. Namun, banyak blogger pemula yang menyadari bahwa ada banyak batasan tentang apa yang dapat Anda lakukan dengan blog gratis mereka. Di sisi lain, WordPress memberikan pengguna kepemilikan penuh aas website Anda. Selain itu, Anda bisa menambahkan fitur yang dapat disesuaikan untuk mengembangkan dan monetisasi blog.

Hanya saja, yang kita bahas kali ini adalah WordPress hosting. Karena itu, Sobat Unlimited, artikel kali ini akan menjabarkan pada Anda cara migrasi blogger dari Blogger ke WordPress.

Mengapa harus WordPress?

Kemudian, tentu akan timbul pertanyaan mengapa Anda harus berpindah ke WordPress. Sederhanan saja sebabnya. WordPress menawarkan keleluasaan lebih dibandingkan dengan blogger. Dari segala sisi. Mulai dari tampilan, fitur, optimasi SEO. Berikut ini adalah beberapa poin keunggulan utama WordPress dibandingkan dengan Blogger:

  • Display

Dibandingkan dengan WordPress, Blogger memiliki tema dan wallpaper yang lebih terbatas. WordPress kebalikannya. WordPress hadir dengan ribuan tema dan widget yang dapat membuat website Anda lebih menarik.

  • Kontrol website

Jika Anda menggunakan hosting WordPress, maka Anda akan mendapatkan keleluasaan lebih dalam mengontrol website. Anda dapat menetapkan apapun yang Anda inginkan.

  • Mudah dikelola

WordPress menawarkan kemudahan pengeleloaan untuk penggunanya. Pengguna dapat mengelola website dengan aman dan nyaman melalui WP admin area yang telah disediakan.

  • Akses website lebih cepat

Bila dibandingkan dengan Blogger, file HTML pada WordPress terdapat di berbagai file database. Berbanding terbalik dengan file HTML Blogger yang hanya ada di satu tempat. Dengan demikian, ketika akses akan lebih cepat, file tertentu yang dipanggil oleh browser langsung muncul tanpa harus load seluruh file HTML.

  • Plugin yang menghadirkan berbagai fitur tambahan

Ketika Anda menggunakan WordPress, pengguna akan mendapatkan kemudahan melakukan apapun berkat adanya plugin. Misalnya, Anda ingin memperbaiki aspek keaman WordPress atau menambahkan website builder, semua bisa Anda lakukan dengan mudah.

Migrasi Blogger tanpa harus menurunkan peringkat Google

cara migrasi blogger ke WordPress

cara migrasi blogger ke WordPress

Salah satu hal yang paling banyak dikhawatirkan orang saat migrasi dari blogger ke WordPress adalah turunnya peringkat di mesin pencari. Berikut ini adalah panduan mudah cara migrasi blogger ke WordPress tanpa takut kehilangan rangking mesin pencari. Dengan panduan ini pula, Anda dapat memindahkan semua postingan, halaman, hingga komentar yang ada di blog.

1. Memiliki hosting WordPress

Untuk menampung data website, tentu Anda memerlukan hosting WordPress. Pertama, pilihlah layanan hosting yang menyediakan layanan hosting WordPres terbaik. Siapkan juga nama domain untuk blog WordPress terbaru Anda.

Sesaat setelah hosting Anda telah aktif, jangan lupa untuk mmenginstal WordPress via cPanel.

2. Ekspor data blogger

Sebelum melakukan migrasi dari Blogger ke WordPress, yang harus Anda lakukan kemudian adalah mengekspor data blogger. Ambil seluruh data Blogger Anda dan simpan di komputer dalam format XML. Bagaimana caranya?

Silakan masuk ke admin Blogger Anda. Kemudian masuk ke Setelan.Lalu pilih Lainnya. Pada menu Import & cadangan, klik tombol Cadangkan Konten.

Setalahnya akan muncul kotak dialog yang meminta konfirmasi tentang pencadangan konten. Silakan klik Simpan ke Komputer untuk melanjutkan. Data tersebut nantinya akan terunduh di komputer atau perangkat apapun yang Anda gunakan dengan format XML.

3. Impor Blogger ke WordPress

cara migrasi blogger ke WordPress

Setelah berhasil mendownload data blogger, silakan berganti ke WordPress Anda. Sebelumnya pastikan domain dan hosting telah, serta Anda telah menginstal WordPress. Silakan ikuti caranya berikut ini:

  • Silakan masuk ke admin area WordPress Anda. Kemudian klik menu Tools > Import. Pada submenu Tools, silakan pilih Blogger.
  • Setelah itu, pilih Install Now dari WordPress Anda. Selanjutnya akan muncul tampilan untuk segera menginstal. Untuk itu, Anda memerlukan plugin Blogger Importer untuk memindahkan file XML Anda ke website WordPress.
  • Selanjutnya silakan klik Run Importer dan plugin otomatis akan aktif sebelum Anda mulai memindahkan data WordPress.
  • Untuk mengunggah file XML yang tadi sudah Anda download, pilih Choose File. Setelah itu klik Upload File and Import. Catatan tambahan. Jika ukuran file XML yang diunggah lebih besar dari batas yang ditetapkan, Anda harus meningkatkan kapasitas upload WordPress terlebih dahulu.
  • Kemudian, Anda bisa mengganti authors dari user blogger ke user WordPress. Lalu silakan klik Submit untuk mengupload data konten dan media blogger ke WordPress.
  • Tunggulah hingga akhirnya proses instalasi ini selesai. Sampai kemudian muncul tampilan yang menampilkan pesan All done. Have fun!

Dan, selesai. Kini website Blogger Anda telah berpindah ke hosting WordPress. Untuk memastikan Anda tidak kehilangan peringkat Google dan pengunjung website, selanjutnya Anda bisa lakukan setting permalink dan redirection.

4. Melakukan pengaturan permalink

Setelah berhasil melakukan migrasi Blogger ke WordPress, jangan lupa untuk melalukan pengaturan permalink di WorPress. Ini penting dilakukan agar Anda tidak kehilangan indeks di Google yang telah susah payah Anda bangun saat masih menggunakan Blogger, bukan?

Permalink sendiri adalah struktur dari SEO. Sehingga Anda perlu mengaturnya menyerupai struktur SEO pada Blogger sebelum Anda berpindah ke platform baru, yaitu WordPress.

Caranya sendiri cukup mudah. Dari dasbor WordPress, silakan masuk ke menu Settings, kemudian pilih pada bagian Permalinks. Di Permalinks, pilih Custom Structure, kemudian tambahkan kode di bawah ini

/%year%/%monthnum%/%postname%.html. Jika sudah, silakan klik Save.

5. Melakukan pengaturan redirection

Agar website yang baru Anda pindahkan dari Blogger ke WordPress tidak kehilangan ranking Google, maka sangat penting untuk melakukan pengaturan redirection. Caranya, Anda perlu menginstal dan mengaktifkan plugin Blogger to WordPress. Caranya? Ikuti langkah berikut ini, ya.

  • Setelah menginstal dan mengaktifkan plugin, silakan masuk ke halaman Tools > Blogger to WordPress Redirection, lalu Start Configuration. Plugin tersebut secara otomatis akan mendeteksi URL blog Anda. Selanjutnya klik tombol Get Code untuk mendapatkan kode redirection.
  • Setelah itu Anda akan mendapatkan potongan kode yang digunakan untuk redirection user dari blogger ke website WordPress baru Anda. Salin kode tersebut untuk dimasukkan ke dalam template blogger.
  • Kemudian, masuklah ke dasbor Blogger dan pilih menu Theme. Terlebih dahulu ubah menjadi kembali ke template klasik.
  • Setelah kembali ke template klasik, akan muncul tampilan dengan tampilan editor HTML. Masukkan script yang telah Anda salin dari plugin Blogger to WordPress Redirection sebagai pengganti script yang ada di dalam halaman editor HTML blogger Anda. Jika sudah, klik Simpan Temaa.
  • Setelah itu, kembalilah ke halaman WordPress, masuk ke plugin Blogger WordPress Redirection, lalu klik Verify Configuration.

Selamat, kini website Blogger Anda sudah sepenuhnya pindah ke website WordPress.

Kesimpulan

Bagaimana, cukup mudah bukan, cara migrasi blogger ke WordPress. Semoga dengan artikel ini, Anda tak akan ragu lagi saat akan melakukan migrasi.

Ingin merasakan punya website yang dapat Anda kelola sepenuhnya, Unlimited punya beragam paketnya hanya untuk Anda. Klik disini untuk informasi lebih lanjut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *