WordPress. Siapa yang tidak kenal dengan content management system yang satu ini. CMS besutan Automattic ini adalah satu diantara tiga CMS paling populer di dunia. Bersama Joomla dan Drupal, ketiganya banyak digunakan di seluruh dunia. Tetapi memang jika dibandingkan dengan dua kompetitor lainnya, WordPress tentu saja masih menjadi CMS dengan pengguna terbanyak.

Ada banyak faktor yang menjadikan sebuah CMS, dalam hal ini WordPress menjadi sangat populer. Salah satu faktor tersebut adalah kemudahan penggunaan. Dan kemudahan penggunaan tidak hanya tentang bagaimana sebuah CMS dioperasikan, tetapi juga ketika hendak melakukan migrasi. Sobat Unlimited, artikel ini akan menjabarkan pada Anda tentang cara migrasi WordPress antar cPanel menggunakan Softaculous.

Mengapa Melakukan Migrasi WordPress?

cara migrasi WordPress antar cPanel

Banyak hal yang menjadi latar belakang seseorang ketika hendak melakukan migrasi hosting. Migrasi hosting mungkin saja dapat dilakukan jika layanan hosting yang Anda gunakan saat ini dirasa kurang mengakomodasi kebutuhan. Maka dari itu, sebelum benar-benar memilih layanan hosting, riset menjadi hal wajib yang harus Anda lakukan.

Kembali ke tema hari ini. Sebenarnya terdapat beberapa cara untuk memindahkan website WordPress. Antara lain seperti menggunakan plugin duplicator, melakukan migrasi manual, dan yang terakhir menggunakan Softaculous.

Persiapan Migrasi WordPress Antar cPanel Menggunakan Softaculous

Sebelum melakukan migrasi WordPress antar cPanel menggunakan Softaculous, ada beberapa hal yang harus Anda persiapkan. Yaitu:

  • Memiliki hosting dan domain

Hal pertama yang harus Anda persiapkan adalah hosting dan domain. Jika belum memilikinya, Anda bisa membelinya di penyedia hosting murah dengan reputasi yang bagus. Jangan lupakan juga domain yang akan digunakan. Biasanya setiap pembelian hosting selalu ada domain gratis yang diberikan cuma-Cuma untuk para pelanggan. Anda bisa melihat rekomendasi web hosting terbaik Indonesia di sini.

Dan satu hal lagi, tentu saja akun cPanel. Serupa dengan domain, setiap pembelian paket hosting selalu di-bundling dengan panel kontrol untuk menjalankan website. dan karena artikel ini menggunakan cPanel, maka pastikan Anda telah memiliki akun cPanel aktif.

Baca Juga : Cara Menggunakan cPanel Terbaru 2020

  • WordPress yang Terinstal dari Softaculous

Syarat kedua yang harus Anda penuhi adalah CMS WordPress yang diinstal dari Softaculous. Dan pastikan, WordPress yang Anda gunakan merupakan versi yang paling baru.

Cara Migrasi WordPress Antar cPanel Menggunakan Softaulous

Jika semua persyaratan yag diminta telah terpenuhi, sekarang saatnya untuk melakukan migrasi WordPress menggunakan cPanel.

Buat Akun FTP di Provider Hosting Lama

cara migrasi WordPress antar cPanel

Sebelum melakukan migrasi WordPress, yang harus Anda lakukan adalah membuat akun FTP di layanan hosting Anda yang lama. FTP atau File Transfer Protocol adalah tools yang menghubungkan file lokal yang ada di komputer Anda ke server online.

FTP memberikan keleluasaan pada Anda untuk mengatur file, mengedit,d an memeriksa apakah terdapat masalah di sana. Sebagai contoh, Anda baru saja membuat website WordPress. Kemudian Anda ingin memindahkan semua file pada komputer ke server dan meluncurkan website Anda di dunia maya. Untuk melakukannya, Anda butuh FTP.

Berikut ini adalah langkah-langkah membat akun FTP di cPanel lama Anda

Pertama, silakan login akun cPanel lama Anda. Silakan memasukkan nama pengguna dan kata kunci yang diminta. Selanjutnya, silakan masuk ke FTP Account. Agar lebih cepat untuk menemukannya, Anda bisa menggunakan kolom pencarian yang ada di bagian atas halaman dasbor cPanel Anda. Jika sudah menemukannya, silakan klik FTP Accounts.

Kemudian, buatlah user FTP Anda. Silakan masukkan informasi yang diminta. Antara lain login, domain, dan password. Pastikan password yang Anda bbuat dalam kategori kuat. Untuk kolom direktori, Anda bisa membiarkannya kosong.

Setelah selesai membuat akun FTP, silakan simpan detail username dan password FTP untuk digunakan migrasi. Anda dapat mengetahi detail tersebut dengan masuk ke menu “Configure FTP Client” pada list FTP Account.

Mengetahui Document Root Website

Selanjutnya adalah, Anda harus mengetahui document root atau lokasi penyimpanan file website yang  ingin dimigrasi atau dipindah. Ingatlah bahwa ini masih berada di hosting Anda yang lama. Untuk mengetahui document root di cPanel sendiri cukup mudah. Lokasi document root berada di menu Domain.

Ingat baik-baik lokasi document root tersebut. Karena nantinya akan digunakan ketika melakukan konfigurasi Softaculous.

Migrasi WordPress dari Softaculous

cara migrasi WordPress antar cPanel

Langkah selanjutnya adalah melakukan migrasi WordPress dari Softaculous. Pada proses ini, Anda bisa berpindah ke akun cPanel layanan hosting baru. Namun pastikan bahwa detail FTP dan document root dari hosting lama sudah disimpan. Berikut ini adalah langkah-langkahnya:

Pertama, silakan login ke akun cPanel Anda di hosting yang baru. Masukkan username dan password yang Anda dapatkan setelah melakukan pelunasan pembayaran. Selanjuntnya, masuklah ke Softaculous App Installer. Untuk mempermudah, ketikkan Softaculous App Installer di kotak pencarian.

Di Softaculous App Installer, silakan cari WordPress. Klik WordPress dan Anda akan diarahkan ke halaman Installer. Pada halaman installer, silakan klik tab Import yang ada di bagian paling kanan halaman. Silakan klik “From Remote Server” dan kemudian isikan informasi detail FTP server lama yang telah Anda buat sebelumnya.

Berikut adalah informasi yang harus Anda isi:

Domain Name – Isikan nama domain website di hosting lama yang ingin Anda migrasi ke hosting yang baru.

Sever Host – Ini sebenarnya adalah pilihan opsional. Silakan mengisinya dengan nama domain yang mengarah ke server lama atau alamat host server yang lama.

Protocol – Untuk protocol, biarkan default FTP

Port – Untuk Port, biarkan tetap default 21.

Username FTP – Isikan username FTP yang dibuat dari server lama Anda.

FTP Password – Isikan dengan password FTP yang telah dibuat tadi.

FTP Path – Bagian ini dapat diisi dengan document root yang Anda ingat atau simpan tadi.

Installation Dictionary – Ini juga opsional untuk diisi. Anda bisa mengosongkan bagian ini.

Choose Protocol – Di bagian ini, Anda bebas ingin memilih yang mana.

Choose Domain – Pilih domain di hosting yang baru.

Setelah semua informasi yang diminta telah terisi, silakan klik tombol import dan tunggu proses migrasi hingga selesai. Untuk proses transfer data sendiri akan membutuhkan waktu yang bervariasi. Jika data yang Anda miliki di hosting lama cukup besar, semakin lama waktu yang dibutuhkan untuk memigrasi WordPress.

Kesimpulan

Sebagai CMS terpopuler di dunia, WordPress menawarkan banyak kemudahan. Termasuk ketika melakukan migrasi. Semoga artikel ini dapat memberikan inspirasi bagi Anda tentang cara migrasi WordPress antar cPanel menggunakan Softaculous.

Go digital dan online-kan bisnis Anda dengan berlangganan hosting murah Unlimited. Klik di sini untuk informasi selengkapnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *