Membuat blog atau membangun website, saat ini adalah suatu hal yang lazim dan bisa dilakukan dengan mudah. Ada berbagai platform diluar sana yang bisa Anga gunakan untuk membuat website. Untuk Anda yang masih pemula, Anda bisa memulainya dengan menggunakan platform seperti WordPress dan Blogspot. Keduanya adalah platform popular yang bisa digunakan untuk membuat website atau blog pertama kali. Dan ketika blog atau website Anda telah siap, langkah selanjutnya adalah mendatangkan traffic atau lalu lintas ke webstie. Ada berbagai macam metode dan cara meningkatkan traffic website.

Artikel ini akan membahas cara mudah meningkatkan traffic website, khusus untuk Anda Sobat Unlimited.

Mengapa Traffic Sangat Penting Untuk Website?

Traffic bisa dikatakan sebagai jumlah orang yang mengunjungi sebuah website, halaman apa yang mereka lihat, serta berapa lama durasi saat mereka berada di sebuah laman dan membaca konten-konten yang ada di dalamnya. Saat seseorang mengunjungi website Anda. Semua aktivitas yang terjadi saat itu akan direkam oleh domain Anda. Nantinya, angka-angka tersebut akan memberi Anda informasi tingkat popularitas website Anda.

Cara Mudah Meningkatkan Traffic Website

Sekarang pertayaannya adalah, mengapa traffic sangat peniting untuk sebuah website. Setiap website membutuhkan traffic. Karena jika tidak, website tersebut bisa tenggelam diantara website-website lain yang bertebaran di internet. Sebagus apapun website Anda, jika pengunjung atau trafficnya sedikit, website yang Anda kelola tersebut tidak akan sanggup bertahan.

Berikut adalah tiga alasan mengapa traffic sangat penting untuk sebuah website:

  • Lalu lintas pengunjung yang tertarik dengan konten yang ada pada website atau blog membuat orang bisa bertahan lebih lama menghabiskan waktu disana. Dan tidak menutup kemungkinan, mereka akan membagikannya ke orang lain.
  • Menarik lebih banyak pelanggan. Ya, dari traffic website tersebut akan membuka kemungkinan pengunjung untuk berlangganan konten Anda. Umumnya berlangganan newsletter. Dan ini adala potensi untuk mendapatkan pengunjung yang loyal.
  • Untuk bisnis, traffic website berperan penting untuk menunjang bisnis Anda berjalan dengan lancer.

Cara Mudah Meningkatkan Traffic Website

Terdapat berbagai macam cara mudah meningkatkan traffic website. Meskipun mudah, namun untuk hasil yang maksimal, perlu melakukannya secara konsisten. Berikut cara meningkatkan traffic website:

Memetakan Calon Pengunjung

Sebelum mulai membuat website, sangat penting untuk meluangkan waktu sejenak untuk mengetahui calon pengunjung Anda dan mengetahui apa yang mereka cari. Anda bisa melakuka pemetaan dengan membuat kerangka siapa target pengunjung, apa masalah yang mereka hadapi yang bisa Anda selesaikan. Serta konten seperti apa yang mereka cari.

Anda juga bisa melakukan pemetaan calon pengunjung dengan melakukan Analisa demografi. Seperti level usia, jenjang Pendidikan, dan pemahaman mereka tentang website Anda.

Melakukan Riset Keyword

Riset kata kunci adalah salah satu teknik yang banyak digunakan oleh pembuat konten dan para ahli SEO. Melakukan riset keyword membuat Anda mengetahui kata kunci spesifik yang dicari oleh pengunjung. Bagian inilah yang kadang membuat pemilik website pemula angkat tangan. Padahal riset kata kunci memiliki keuntungan, antara lain mengetahui tema yang dicari orang, menemukan ide konten, dan juga mempelajari pesaing dan cara mengalahkan kompetitor.

Cara Mudah Meningkatkan Traffic Website

Membuat Konten yang Menarik dan Bermanfaat

Salah satu hal terpenting cara meningkatkan traffic website adalah membuat konten yang berkualitas. Untuk website, konten yang berkualitas umumnya adalah konten tentang tema tertentu yang mencakup semua detail. Ini sangat membantu untuk pengguna.

Selain konten yang bagus, Anda juga harus memastikan bahwa konten Anda mudah untuk dibaca. Sangat penting untuk memilih tata Bahasa yang mudah dipahami oleh pembaca. Terlebih jika Anda memiliki konten berbahasa Inggris. Untuk membuat konten yang enak dibaca, Anda bisa menggunakan tools bernama Grammarly.

Selanjutnya, setelah membuat konten yang bagus, pastikan bahwa Anda mampu secara konsisten untuk menerbitkan konten baru. Jika menerbitkan konten setiap hari membuat Anda kesulitan, Anda bisa memulainya dengan menerbitkan konten setidaknya dua kali dalam seminggu. Dan pastikan terjadwal, misalnya setiap hari apa dan jam berapa.

Menerapkan SEO

Setelah membuat konten yang bagus, keyword yang tepat, enak dibaca, dan telah terbit dengan konsisten, jangan lupa untuk mengaplikasikan teknik SEO, terutama SEO on Page. Pastikan Anda telah menggunakan alt text pada setiap gambar yang ada pada postingan Anda. Serta jangan lupa untuk memasukkan internal link dan external link.

Dalam On Page SEO, juga jangan lupa untuk membuat meta descriptions. On page SEO tidak membutuhkan banyak untuk diaplikasikan. Dan ini juga sangat penting untuk meningkatkan traffic website Anda.

Membangun Backlink

Salah satu cara meningkatkan pengunjung website adalah membangun backlink. Backlink adalah link yang masuk ke konten Anda dari sumber eksternal, contohnya website lain. Bisa dikatakan, backlink adalah salah satu hal yang paling berpengaruh dalam penentuan ranking Google. Dan mendatangkan backlink dari website yang bereputasi baik adalah sesuatu yang tricky. Tak hanya bagi pemula, juga mereka yang sudah ahli.

Beberapa cara mendapatkan backlink berkualitas antara lain menjadi guest post di website lain, atau membuat konten menarik dengan influencer yang berpengaruh, seperti wawancara. Dan cara termudah mendapatkan backlink adalah menembahkan link ke website Anda pada semua social media Anda.

Menyertakan Video atau Podcast di Artikel Anda

Terdapat berbagai macam platform seiring majunya teknologi. Beberapa diantaranya adalan video dan podcast. Video adalah bentuk konten yang paling banyak peminatnya saat ini. Pengguna bisa menghabiskan banyak waktu pada artikel website yang terdapat video di dalamnya.

Atau jika menyertakan video dirasa akan memberatkan website, Anda bisa menyertakan podcast. Podcast adalah platform yang sedang digandruni banyak orang saati ini. Anda bisa menyertakan podcast untuk membuat pengunjung berada di website Anda lebih lama dari biasanya.

Mempercepat Loading Speed

Di era yang serba cepat seperti saat ini, pengunjung website juga menuntut hal yang serupa pada website yang dikunjunginya. Semakin cepat sebuah website, semakin bagus peringkatk SEO nya di mesin pencari Google. Untuk memastikan website Anda memiliki loading speed yang bagus, Anda harus memilih penyedia hosting yang memiliki waktu uptime yang bagus pula. Minimal harus memiliki skor 99%.

Cara Mudah Meningkatkan Traffic Website

Membagikan konten di Sosial Media

Sosial media bisa menjadi sebuah platform paling banyak digunakan saat ini. Anda bisa membagikan artikel atau konten website Anda ke media social yang sedang popular saat ini, seperti Instagram, Facebook, dan Twitter. Dan untuk mebagikannya, Anda bisa menggunakan berbagai tools social media handling, misalnya Buffer.

Kesimpulan

Itulah tadi cara meningkatkan traffic website. Kami berharapa tips ini bisa membantu Anda, Sobat Unlimited, untuk meningkatkan kunjungan ke website Anda. Apabila Anda masih memiliki pertanyaan seputar cara meningkatkan pengunjung website, atau layanan Unlimited lainnya jangan ragu untuk menuliskannya di kolom komentar. Semoga artikel ini bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *