Cara pasang SSL kini bisa anda lakukan dengan mudah dan cepat menggunakan cPanel. Pastinya kita semua tau bahwa SSL adalah komponen yang sangat penting pada sebuah web. Apalagi jika situs tersebut akan dipakai untuk keperluan SEO. Sayangnya ada beberapa user yang kurang paham dengan HTTPS. Ini akan menjadikan mereka kesulitan melakukan cara pasang SSL. Supaya tidak kesulitan, maka disini anda akan mendapatkan panduan tentang cara pasang SSL di Control Panel. Sebetulnya disini langkah yang harus diterapkan sederhana saja, yaitu tinggal generate private key saja. Kemudian ditambah dengan enerate certificate service request. Setelah semua syarat generate terpenuhi, maka anda bisa langsung memilih install SSL tersebut. Supaya lebih jelas lagi, silahkan ikuti panduan yang ada dibawah ini.

Cara Pasang SSL, Pertama Lakukan Login Terlebih Dahulu

Cara pasang SSL tahap awalnya adalah dengan melakukan login terlebih dahulu di cPanel hosting anda. Kemudian, anda akan melihat beberapa kategori pada kolom security. Disitu ada banyak kategori seperti SSH Access, Leech Protection, ModSecurity, dan lain sebagainya. Disitu ada pilihan SSL/TLS, silahkan pilih menu tersebut untuk berlanjut ke langkah selanjutnya.

Siapkan Private Keys Anda

Cara pasang SSL selanjutnya adalah mempersiapkan private keys-nya terlebih dahulu. Disini private keys berfungsi sebagai sarana mendeskripsikan info yang terhubung melalui SSL anda. Cara untuk melakukannya adalah buka SSL/TLS Manager, lalu pilih opsi pertama yang bertuliskan generare, view, upload or delete your private keys. Disini ada banyak pilihan yang bisa anda pilih untuk size-nya yang dibutuhkan, tapi sangat disarankan untuk memilih yang berukuran 2,048 bits ukurannya. Jika sudah selesai, maka langkah akhir yang harus anda terapkan adalah memilih opsi Generate.

Lakukan Certificate Signing Request

Cara pasang SSL tahap berikutnya yaitu dengan melakukan generate CSR. Jika anda sudah menerima SSL di web, pasti anda akan menghasilkan CSR atau permintaan tanda tangan sertifikat. Nantinya permintaan tersebut akan berisikan tentang info khusus dari server hosting yang digunakan, perusahaan anda, dan tak lupa pula nama domain anda. Jika sebelumnya anda memilih opsi pertama, kali ini anda bisa melaju ke opsi kedua yaitu pilih CSR à Signing Request. Disini yang perlu anda lakukan hanyalah mengisi semua kolom CSR yang tersedia, dan pilih untuk melakukan generate. Isian yang harus diisi adalah sebatas formalitas, yaitu dengan memasukan key, domain, city, state, country, company, dan lain sebagainya. Jangan lupa isi email-nya juga semua sampai lengkap. Apabila semua sudah anda lakukan maka anda bisa melakukan select all à copy untuk menyimpan semua yang sudah anda isi tersebut. Kemudian berikan code CSR yang anda dapatkan kepada layanan penyedia SSL yang anda gunakan. Naantinya anda akan bisa segera melakukan generate pada bagian sertifikat SSL yang digunakan.

Segera Lakukan Verifikasi

Cara Pasang SSL Sampai Tuntas

unlimited.id

Diasumsikan pada cara pasang SSL ini anda sudah melakukan order pada sebuah layanan SSL. Jadi anda bisa memilih jenis SSL apapun yang anda kehendaki. Kemudian anda juga sudah melakukan CSR seperti yang diterapkan diatas. Selanjutnya jika tahapannya sudah selesai, maka anda hanya perlu untuk melakukan verifikasi. Kenapa perlu verifikasi? Karena ini sangat penting untuk membuktikan bahwa web yang anda ingin pasangi SSL tersebut adalah benar-benar punya anda. Disini nantinya akan tersedia beberapa opsi verifikasi. Semua opsi tersebut mencakup email, HTTP dan juga bisa menggunakan DNS. Disarankan memakai HTTP atau Email saja karena lebih mudah dilakukan.

Dengan melakukan verifikasi melalui email maka anda hanya tinggal tunggu saja penyedia SSL memberikan email verifikasi kepada anda. Seperti tahapan verifikasi pada umunnya, email verifikasi yang dikirimkan kepada anda nantinya hanyalah sebuah link biasa. Anda tinggal memilih link tersebut dan nantinya verifikasi akan berhasil dilakukan.  Apabila langkah order dan verifikasi sudah dilakukan maka anda dipersilahkan untuk masuk ke tahapan selanjutnya.

Proses Instalasi Sertifikat SSL

Jika sudah melakukan verifikasi seperti cara pasang SSL diatas, maka selanjutnya dalam cara pasang SSL adalah memastikan bahwa layanan ini sudah diaktifkan di website anda. Biasanya hal ini ditandai dengan penyedia SSL tersebut mengirimkan file sertifikat yang bisa dipasang langsung di website anda. File ini nantinya akan mengandung ekstensi .crt. Anda bisa buka saja file tersebut di notepad, setelah itu segera pasang di website anda. Caranya adalah dengan memilih opsi di kolom ketiga yang bertuliskan Certificates (CRT) dibawahnya ada opsi generate, view, upload, or delete SSL certificates. Disini anda harus sudah menyiapkan file .crt yang tadinya anda dapatkan dari layanan SSL tersebut. Kemudian tinggal copy paste-kan saja di kolom besar yang bertuliskan paste the certificate into the following, atau paste here.

Nyalakan Sertifikat SSL Anda

Nah, setelah proses instalasi yang anda terapkan diatas berhasil, maka segera saja cara pasang SSL nyalakan sertifikat SSL tersebut. Tahapannya adalah dengan memilih domain yang tadi sudah anda install dengan SSL. Jangaan lupa pilih autofill by domain. Jika sudah selesai maka langsung saja pilih menu INSTALL CERTIFICATE. Tunggu beberapa saat, apabila prosesnya sudah berhasil dengan tuntas maka yang tersedia adalah sebuah Pop Up baru muncul dengan tulisan bahwa SSL yang anda buat tadi sudah dikonfigurasi dengan baik. Tahapan selanjutnya adalah tinggal memilih menu OK saja. Dengan cara tersebut maka anda kini akan bisa membuat sebuah sertifikat SSL yang lebih aman untuk web yang anda miliki. Google akan secara otomatis menunjukan hasil halaman anda aman pada saat ada pengunjung yang melakukan request ingin menuju ke halaman anda. Ternyata cara pasang SSL tidak sulit, bukan?

Baca Juga: Tutorial Custom Domain Blogspot Melalui Client Area Unlimited.ID

Kunjungi Digicert Untuk Pengecekan Tambahan

Cara Pasang SSL Sampai Tuntas

unlimited.id

Cara pasang SSL sudah anda pelajari, lalu bagaimana agar bisa anda melakukan pengecekan tambahan? Caranya mudah saja, anda hanya tinggal maasu ke halaman digicert.com. Disinilah anda akan bisa langsung melihat apakah domain anda tersebut sudah benar-benar available terhadap SSL yang anda pasang. Kalau semua berjalan dengaan sukses maka akan ada tulisan sampai kapan expired date dari SSL tersebut. Tentu anda harus melakukan update jika masanya sudah expired. Kemudian, ada juga nama dari pemilik SSL tersebut. Biasanya namanya akan diikuti dengan subject yang berisikan nama domain anda. Kemudian dilanjutkan dengan tulisan valid sampai kapan SSL tersebut.

Dengan memahami cara pasang SSL maka anda tidak akan kebingungan lagi tentang bagaimana cara untuk memasang sebuah SSL ke web anda. Tentunya cara ini sangat mudah dan tidak memakan banyak waktu. Jadi anda tidak perlu khawatir lagi. Anda juga bisa memasang SSL ini di domain anda agar kelihatan lebih bagus dan punya kredibilitas meningkat. Tentu akan berpengaruh juga pada SEO dan jumlah pengunjung datang ke web anda nanti.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *