Cara tambah domain membantu anda yang memiliki banyak domain sekaligus dan memasukannya kedalam cPanel. Setelah anda memiliki akses menuju hosting, anda akan bisa menciptakan domain yang anda inginkan. Di sinilah biasanya tumbuh keinginan untuk menciptakan banyak domain sekaligus. Tentu saja anda sendiri yang menentukan tipe domain seperti apa yang akan anda buat nantinya. Dengan menciptakan banyak domain, maka anda bisa memaksimalkan fungsi dari jasa hosting yang digunakan. Anda tak perlu khawatir karena hanya dengan menggunakan fitur Addon saja anda bisa menambahkan domain ke dalam Control Panel. Hal ini pastinya akan memberikan kemudahan kepada anda untuk menciptakan banyak domain yang diinginkan sekaligus di dalamnya.

Cara Tambah Domain Dengan Addon Domain

Untuk tahap persiapan awal, yang harus anda lakukan adalah menambahkan fitur addon terlebih dahulu. Untuk bisa mendapatkan akses cPanel tersebut anda bisa menggunakan jasa hosting domain terpercaya. Akun hosting tersebut akan bisa anda dapatkan dengan segera melalui login username dan password yang bisa anda buat sendiri. Untuk lebih lengkapnya berikut adalah panduan menambahkan domain dengan memanfaatkan fitur Addon.

Apa Saja Yang Harus Dilakukan?

 

Cara Tambah Domain Di cPanel Dengan Mudah dan Cepat

unlimited.id

Pertama, Langkah awal yang bisa anda lakukan adalah dengan memilih menu search yang tersedia di halaman cPanel. Ini adalah sebuah fitur yang memudahkan anda mencari sejumlah fitur yang anda perlukan untuk membangun domain yang anda miliki.

Kedua, Tuliskan kata kunci berupa Addon pada kolom search tersebut. Jika keyword yang dimasukan benar, maka anda akan menemukan fitur berupa Addon Domains yang muncul. Silahkan mengeklik tanda panah atau arahkan kursor anda menuju icon fitur ini.

Ketiga, Setelah menu Addon Domains ini anda buka, maka anda akan masuk ke halaman Addon Domains yang dibutuhkan. Dari sini anda hanya tinggal memasukan data yang dibutuhkan di kolom Create an Addon Domain. Informasi yang anda masukan adalah New Domain Name, Sub Domain, dan Domain Root.

Keempat, Pastikan anda mengisi dengan benar kolom yang dibutuhkan. New Domain Name adalah nama domain yang ingin anda tambahkan. Kemudian, pada kolom kedua, cPanel secara otomatis akan menambahkan Subdomain. Anda tidak hanya bisa menambahkan satu nama domain saja. Tapi anda juga bisa menambahkan beberapa nama domain sekaligus. Misalnya namadomainandasatu, namadomainandadua, namadomainandatiga, dan seterusnya.

Kelima, cara tambah domain untuk kolom yang ketiga, anda tidak perlu mengisinya karena kolom ini akan terisi secara otomatis. Disini cara tambah domain untuk kolom ketiga akan langsung muncul dengan contoh public_html/domainanda.com. Artinya, pada cara tambah domain ini nanti sistem akan menyimpan nama domain anda di file bernama public_html pada bagian cPanel.

Keenam, Pada opsi Create an FTP account associated with this Addon Domain, anda bisa mencentang atau tidak sesuai dengan kebutuhan. Apa bedanya? Jika anda adalah orang yang mengelola semua domain sendiri, maka abaikan saja kolom ini. Tapi kalau anda ingin menambahkan domain yang nanti dikelola oleh klien atau orang lain, disinilah cara tambah domain yang harus diterapkan adalah mencentang tanda ini.

Panduan Mengisi FTP Account Yang Terasosiasi Dengan Addon Domain

 

Cara Tambah Domain Di cPanel Dengan Mudah dan Cepat

unlimited.id

Cara tambah domain yang selanjutnya adalah ketika anda mencentang bagian Create an FTP account associated with this addon domain. Disini yang harus anda lakukan adalah mengisi FTP username yang berisikan nama domain anda. Kemudian, isi password sebanyak dua kali untuk verifikasi. Nanti juga akan ada notifikasi tentang kekuatan dari password akun anda. Semakin kuat semakin bagus. Jika sudah selesai, maka anda tinggal memilih generate password saja. Nantinya akan muncul password yang anda butuhkan. Fitur ini memiliki keuntungan dalam rangka membuat password FTP yang aman dan susah ditebak.

Panduan Mengatur Addon Domain

Usai melakukan cara tambah domain diatas, maka anda kini masuk ke tahap selanjutnya yaitu melakukan pengaturan terhadap Addon Domain dari cara tambah domain. Tunggulah beberapa saat sampai semua proses pengaturan yang diinginkan terselesaikan. Usai semua selesai maka akan muncul notifikasi bahwa addon domain anda sudah berhasil diciptakan. Asumsikan bahwa pada langkah ini anda sudah menambahkan domain yang dimaksud di cPanel. Apabila mengikuti cara tambah domain, maka anda pasti sudah melewati tahap ini. Untuk mengecek apakah domain yang anda masukan sudah masuk atau belum, silahkan memilih bagian Modify Addon Domain. Menu ini akan bisa anda temukan pada bagian Addon Domains. Berikut adalah beberapa penjelasan tentang opsi yang bisa anda pilih:

Document Root: Pada bagian ini anda akan bisa melakukan konfigurasi terhadap subfolder yang berasal dari Addon Domain. Apabila anda memilih menu subfolder, maka anda akan diarahkan pada bagian File Manager yang terdapat pada Control Panel.

Subdomain: Anda akan melihat kolom ini tercipta secara otomatis setelah anda menambahkan nama domain yang diinginkan.

Addon Domains: Di kolom inilah semua domain yang telah anda daftarkan bisa terlihat. Apabila anda sudah menerapkan cara tambah domain, maka disini anda akan bisa melakukan modifikasi melalui menu yang sudah tersedia.

Redirects To: Anda bisa melakukan pengaturan disini apakah addon domain yang ditambahkan sudah diarahkan dengan tepat. Disini jika anda belum mengaturnya dengan benar maka akan muncul notifikasi not directed. Apabila sudah, maka anda tinggal memilih menu Manage Redirection yang terdapat pada sebelah kanan yang mengarahkan anda pada halaman baru untuk mengatur addon domain yang hendak di-redirect.

Baca Juga: Setting / Mendaftarkan Child Name Server/Private Name server di Area Klien Unlimited.ID

Cara Tambah Domain Tidaklah Sulit

Cara Tambah Domain Di cPanel Dengan Mudah dan Cepat

unlimited.id

Cara tambah domain tentu saja tidak sesulit yang anda bayangkan. Disini anda bisa melakukannya dengan memanfaatkan menu cPanel yang tersedia didalamnya. Kemudian tinggal memasang fitur Addon dan semua akan bisa anda lakukan dengan mudah. Jika anda memiliki domain, sangatlah penting untuk melakukan konfigurasi di berbagai sisi yang penting pada domain anda.

Dengan cara tersebut maka domain yang anda ciptakan akan bisa berfungsi dengan optimal. Anda pun akan bisa membuat domain yang benar-benar sesuai dengan kebutuhan. Anda tak perlu lagi bingung tentang cara tambah domain karena tutorial diatas akan membantu anda mewujudkan semuanya dengan mudah. Untuk lebih jelasnya tentang panduan cara ini, anda juga bisa menghubungi pihak layanan jasa hosting domain terpercaya yang anda gunakan.

Disini nanti anda akan mendapatkan panduan langsung dari staff yang ahli di bidangnya. Intinya adalah menu Addon Domains harus anda ketahui cara penggunaanya terlebih dahulu. Pastikan juga anda memilih password yang tepat dan benar-benar susah ditebak pada saat Generate Password. Tahap ini bisa anda temukan pada saat melakukan modify pada FTP cPanel domain anda. Ini akan mencegah domain anda bebas dari serangan pihak ketiga atau dibobol oleh orang lain. Generate Password akan membantu menciptakan kombinasi kata kunci yang susah ditebak pada bagian password domain anda tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *