Banyak cara untuk memperlancar proses bisnis dan pekerjaan. Apalagi di era internet seperti saat ini. Beragam tools yang bisa digunakan agar pekerjaan menjadi lancar. Dan salah satu tools yang paling banyak digunakan untuk memperlancar pekerjaan adalah Google Suite. Lewat Google Suite, Google seperti ingin memberikan pengalaman kolaborasi yang menyenangkan untuk para penggunanya. Pertanyaannya adalah, pernahkah Anda mendengar Google Suite? 

Untuk menjalankan bisnis, penting rasanya untuk memiliki satu tools yang bisa melakukan semuanya. Dan dengan ekosistem yang ada, aplikasi ini cukup dapat sangat diandalkan. 

Sobat Unlimited, pada artikel kali ini, Kami akan menjelaskan pada Anda semuanya, apa itu Google Suite dan manfaatnya untuk bisnis. Jadi, simak artikel ini sampai selesai, ya. 

G Suite Adalah 

Sebagai bagian dari panduan lengkap Google Suite, atau bisa disebut dengan G Suite saja, tentu Anda harus tahu bagaimana awal mula Google Suite. Google Suite adalah sebuah tools yang dimiliki oleh Google, yang menggabungkan berbagai fitur untuk membantu menyelesaikan masalah-masalah produktivitas yang sering dihadapi oleh organisasi dan perusahaan. 

Di dalam tools ini sendiri, Google menyematkan berbagai aplikasi yang sangat berguna untuk menunjang produktivitas. Mulai dari produk untuk email, pembuatan dokumen, presentasi kalender, penyimpanan awan, dan masih banyak lagi lainnya. Pada dasarnya, Google Suite Suite adalah sebuah aplikasi yang menggabungkan tools project management dan komunikasi. 

Baca Juga : Cara Melihat Traffic Website Dengan Mudah

Tahun 2006 akan selalu diperingati sebagai tahun kelahiran Google Suite. Tepatnya pada tanggal 28 Agustus 2006. Nama pertamanya adalah Google Apps for Work. Aplikasi ini juga sempat berubah nama menjadi Google Apps for Your Domain, sebelum akhirnya dirilis ulang oleh Google dengan nama G Suite. 

Seperti yang telah disebutkan pada bagian sebelumnya, ini adalah sebuah tools, perangkat lunak, dan produk yang dibuat khusus oleh Google untuk mendorong kolaborasi dan produktivitas. 

Produk G Suite 

Google Suite terdiri dari dari aplikasi-aplikasi yang ada di ekosistem Google. Mulai dari layanan email Gmail, Hangouts, dan Kalender untuk kebutuhan komunikasi. Kemudian ada juga Google Drive untuk penyimpanan awan, Docs, Sheet, Slides, Forms, dan Google Site untuk keperluan kolaborasi. Dan yang terakhir ada panel Admin dan Vault untuk mengatur dan mengelola usernya. 

Google Suite sendiri memiliki dua paket. Yaitu Basic Plan dan Business Plan. Basic Plan Google Suite sendiri terdiri dari alamat email dengan domai Anda sendiri, video dan voice call, kalender, memori sebesar 30GB. Ada juga dokumen yang kolaboratif, spreadsheet, presentasi, dan sites. Tak ketinggalan juga kontrol penuh atas keamanan, privasi, dan support 24 jam dalam 7 hari via telepon dan email. 

Sedangkan untuk paket Business Plan, Google Suite memberikan peningkatan fitur yang bisa didapatkan oleh pengguna. Misalnya Vault untuk eDiscovery dan memungkinkan banyak fitur khusus tambahan. Termasuk kontrol admin lanjutan untuk Drive, penyimpanan tak terbatas, audit dan pelaporan konten, serta masih banyak lagi lainnya. 

Berikut ini adalah aplikasi yang ada di G Suite: 

Gmail 

Siapa yang tak kenal dengan produk Google Suite yang satu ini. Gmail merupakan salah satu aplikasi email yang paling populer dan banyak digunakan berbagai macam perusahaan. Menggunakan Google Suite, Anda akan mendapatkan semua fitur Gmail dengan domain Anda sendiri. Anda bisa menambahkan logo brand di bagian kiri email. Log dari email anggota tim juga dapat tersimpan. Anda bisa menggunakan dan menghapusnya kapan saja, misalnya ketika karyawan Anda telah keluar. 

Google Contacts

Google juga mendesain ulang Google Contacts mereka. Karena fitur ini jarang digunakan oleh pengguna, sebagai gantinya Anda dapat menambahkan kontak dan melengkapinya secara otomatis di email baru langsung dari Gmail. 

Google Calendar 

Aplikasi yang satu ini dapat membantu Anda untuk mengatur jadwal kerja Anda. Anda bisa merencanakan meeting sesuai dengan jadwal semua orang yang terlibat. Anda juga bisa mengatur reminder agar Anda tidak melewatkan satupun jadwal yang pernah Anda buat. 

Google Calendar juga memiliki fitur Google Task yang dapat digunakan sebagai to-do list dan dapat membantu mengatur daftar pekerjaan Anda. 

Google Docs

Dapat dikatakan, ini adalah salah satu fitur original G Suite. Anda bisa membuat dokumen di sini dan berkolaborasi dengan anggota tim lainnya. 

Google Sheets

Serupa dengan Docs, Sheets adalah aplikasi original Google Suite. Aplikasi pengolah data ini juga bisa berkolaborasi dengan anggota tim lainnya. Dengan ratusan fungsi dan add ons, Anda akan mendapatkan pengalaman olah data yang lebih baik. 

Google Slides 

Kalau Anda membutuhkan aplikasi presentasi,Google juga memilikinya dalam diri Google Slides. Anda bisa menggunakan aplikasi ini dengan mudah selama terhubung ke internet. 

Google Forms

Aplikasi ini menggunakan fitur formulir drag and drop untuk mengumpulkan data yang Anda butuhkan. Saat jawaban baru masuk, data ini dapat ditambahkan secara otomatis ke spreadsheet.

Google Keep 

Perlu cara yang cepat untuk menyimpan berbagai informasi? Google Keep adalah aplikasi notes yang tepat untuk melakukannya. Ini adalah salah satu fitur terbaru yang ada di G Suite. 

Google Drive 

Siapa yang tak kenal dengan aplikasi penyimpanan awan besutan Google yang satu ini. Anda bisa menyimpan berbagai data dan dokumen untuk tim Anda, di satu tempat yang sama. Dengan Google Suite, masing-masing orang di tim Anda mendapatkan penyimpanan 30GB. Google Drive memudahkan Anda untuk menyimpan dan membagikan file Anda kepada anggota tim lainnya. 

Google Sites 

Kemudian ada Google Sites. Ini adalah sebuah aplikasi Google yang memungkinkan Anda untuk membuat website, baik pribadi ataupun untuk bisnis. Anda bisa menambahkan teks, foto, dan video dengan mudah ke halaman website. Untuk menampilkan pekerjaan, Anda bisa melakukan embed files. 

Google Hangout 

Untuk bisa berkomunikasi secara interaktif dengan anggota tim, Anda bisa menggunakan Google Hangout. Google Hangout dapat membantu Anda untuk berkomunikasi secara efisien melalui voice call atau video call. 

Admin G Suite 

Untuk bisa mengatur semuanya, Anda akan mendapatkan akses ke admin Google Suite. Admin Google Suite adalah sebuah panel kontrol untuk aplikasi Google perusahaan Anda. Dari sini, Anda bisa menambahkan pengguna baru dan menjaga agar akun bisnis Anda tetap aman. 

Anda juga bisa mematikan aplikasi yang sekiranya tidak dibutuhkan perusahaan, melacak penggunaan tools ini oleh tim Anda, dan banyak lagi lainnya. 

Penutup 

Dengan lebih dari 10 aplikasi yang dirancang khusus untuk mempermudah pekerjaan, Google Suite jelas sangat diperlukan oleh organisasi atau perusahaan yang terdiri dari tim yang besar, dengan berbagai unit yang ada di dalamnya.  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *