iklan google

Google baru-baru ini melakukan perubahan besar pada halaman hasil pencarian mereka (SERP) yaitu dengan menghapus iklan dari sisi kanan SERP desktop. Apa sebenarnya yang mereka ubah? Dengan menghapus iklan dari sisi kanan halaman hasil pencarian, otomatis itu akan menurunkan jumlah klik dan iklan yang dapat dilihat pengguna.

Menanggapi perubahan ini, pemasar bertanya: apakah itu berdampak pada pencarian organik? Dan jika iya, bagaimana cara membuat iklan yang berpengaruh? Apa yang bisa pemasar lakukan terhadap perubahan tersebut?

Pertama, mari kita cari tahu apa sebenarnya terjadi dan mengapa Google melakukan perubahan, kemudian kita bisa menjawab semua pertanyaan-pertanyaan yang ada.

Perubahan: Sebelum vs Sesudah

Sebelum terjadi perubahan besar ini, iklan Google muncul di tiga tempat: atas, bawah, dan disebelah kanan hasil pencarian.

Sekarang, dengan perubahan terbaru, Google telah menghapus salah satu dari tiga lokasi iklan tersebut, yaitu di sisi kanan halamann hasil pencarian.

Dalam beberapa kasus, mereka juga dapat meningkatkan jumlah iklan yang muncul di atas hasil pencarian organik 3-4 iklan. Inilah yang disebut Google sebagai “highly commercial queries” di mana Google yakin bahwa pengguna berniat untuk melakukan pembelian.

Iklan yang muncul dibawah hasil pencarian organik masih sama, dan tidak terpengaruh oleh perubahan ini. Product Listing Ads (PLA), meskipun, mungkin masih menempel di sekitar sisi kanan SERP.

Berikut adalah contoh dari tampilan SERP saat ini:

Screen Shot 2016-04-12 at 2.17.41 PM

Mengapa Google melakukan perubahan?

Langkah ini dilakukan Google untuk beberapa hal. Terutama, menciptakan pengalaman pengguna yang lebih terarah ketika seseorang melakukan pencarian.

Dengan opsi yang lebih sedikit, itu juga menyediakan pengalaman yang lebih kohesif antara pencarian mobile dan desktop, yang merupakan prioritas Google selama beberapa tahun terakhir.

Untuk pertama kalinya dalam setahun terakhir, pencarian mobile melampaui pencarian desktop. Untuk tetap berada dalam tren ini, tim produk Google sering kali membangun produk dengan mengutamakan pengalaman mobile atau mobile first.

Mayoritas klik berbayar juga datang dari iklan di atas hasil pencarian organik. Dengan menghilangkan iklan di sisi kanan SERP, Google mampu membersihkan halaman tanpa menghilangkan unit iklan yang sering digunakan.

Apakah perubahan ini akan berdampak pada hasil pencarian organik?

Setiap perubahan yang dilakukan Google sedikit atau banyak akan berpengaruh pada SERP itu sendiri. Sementara beberapa iklan dapat meningkatkan traffic organik, iklan keempat diatas hasil pencarian juga dapat menurunkan traffic.

Ketika kita menganggap semakin ke bawah iklan yang muncul di SERP, maka semakin rendah klik yang diterima, sangat masuk akal bahwa itu akan berdampak negatif pada traffic organik.

Sementara beberapa pengguna cerdas yang beriklan, mereka menjadi lebih dan lebih seperti daftar organik, satu-satunya hal yang membedakan adalah sebuah label kuning kecil “Ads” yang dapat diabaikan dengan mudah.

Penting untuk diingat bahwa ini adalah salah satu dari banyak perubahan yang signifikan terhadap SERP dalam beberapa tahun terakhir. Sebagai pemasar, Anda harus memperhatikan jenis hasil yang ditampilkan pada SERP sesuai kata kunci, sehingga Anda dapat menyediakan format konten secara optimal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *