https

Bagi kamu yang hampir setiap hari browsing di internet, mungkin sudah tidak asing lagi dengan istilah “https” atau “http” pada alamat URL dari sebuah website. Tapi mungkin masih banyak juga yang bertanya-tanya, apa sih HTTP/HTTPS itu? HTTP/HTTPS adalah protokol yang memungkinkan bagi pengguna Web untuk melihat link, melompat dari link ke link, dari halaman ke halaman, dari website ke website. Tanpa protokol ini, Web akan terlihat sangat berbeda, pada kenyataannya, kita bahkan tidak mungkin memiliki Web seperti yang kita kenal sekarang.

Berikut adalah ulasan lengkap tentang kedua protokol web HTTP dan HTTPS.

HTTP (Hyper Text Transfer Protocol)

HTTP singkatan dari “Hyper Text Transfer Protocol“, ini adalah protokol utama pada Web yang memungkinkan untuk linking dan browsing. Ini adalah teknologi yang digunakan untuk berkomunikasi antara web server dan pengguna web.

Protokol ini adalah dasar untuk menjadi besar, multi fungsi, multi-input systems, seperti World Wide Web. Seperti kita tahu, Web tidak akan berfungsi tanpa adanya proses komunikasi, seperti links yang bergantung pada HTTP agar berfungsi dengan benar.

HTTPS (Secure Hyper Text Transfer Protocol)

HTTPS adalah “Hyper Text Transfer Protocol” dengan Secure Socket Layers (SSL), merupakan protokol utama lainnya yang dikembangkan dengan tingkat keamanan yang lebih baik, untuk mengamankan segala jenis transaksi internet. SSL adalah protokol enkripsi Web aman yang digunakan untuk memastikan data tetap aman ketika dikirimkan melalui Internet. SSL terutama banyak digunakan pada situs toko online untuk menyimpan data keuangan secara aman, tetapi juga digunakan untuk situs yang memerlukan data sensitif (seperti password). Pengguna bisa mengetahui Web yang menggunakan SSL ketika mereka melihat HTTPS di URL dari halaman Web.

Jadi, ketika kamu mengunjungi situs seperti Amazon atau eBay dan membeli sesuatu dan membayarnya, baik melalui shopping cart aman atau sistem pembayaran lain seperti PayPal, kamu akan melihat di Web browser address bar berubah menjadi HTTPS, karena HTTPS pada URL menunjukkan bahwa kamu sedang berada pada “sesi aman”.

Keamanan online adalah masuk akal

Sebagai contoh, ketika kamu log in ke akun bank di Web. Kamu harus memasukkan username dan password, dan setelah itu kamu akan melihat info akunmu. Perhatikan pada saat melakukan ini, pastikan bahwa address bar pada browser menunjukkan bahwa kamu sedang dalam sesi aman dengan penambahan “HTTPS” di depan URL. Jika kamu tidak melihat lapisan tambahan keamanan ini di situs yang berpotensi meminta informasi pribadi atau keuangan, jangan lanjutkan proses itu! Kamu mungkin sedang berada dalam kondisi bahaya dari incaran hacker.

Untuk keamanan tambahan, selalu log out dari setiap sesi aman ketika telah selesai, dan terutama jika kamu menggunakan komputer publik. Ini adalah masuk akal. Meskipun website bisa benar-benar aman, kamu bisa saja lalai dan meninggalkan informasi penting yang terbuka orang lain jika tidak log out secara aman. Intinya adalah, jadilah pengguna yang ‘smart’ dan ‘aware’ terhadap keamanan data terutama yang berhubungan dengan informasi pribadi atau keuangan untuk menjaga diri seaman mungkin dari kejahatan cyber.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *