affiliate-marketing-tips-1

Affiliate marketing merupakan cara yang bagus untuk membuat tambahan uang. Untuk memulainya kamu tidak perlu membuat produk atau jasa, bahkan memiliki website pun tidak. Sayangnya, tidak semua program affiliate diciptakan sama, karena ada beberapa produk juga yang tidak laku. Setelah itu kamu harus membayarnya, jika tidak mampu kamu terpaksa harus menutup. Berikut merupakan beberapa pertanyaan yang harus kamu jawab sebelum bergabung dengan program affiliate marketing:

  1. Apakah Produk/ Jasamu cocok untuk web/ blog?

Jika kamu memiliki situs, maka affiliatemu harus disesuaikan dengan situsmu. Contohnya, sebuag website tentang bunga tulip menjalankan iklan affiliate otomotif. Jika kamu menggunakan sosial media, seperti Twitter feed atau page Facebook Fans, maka aturan mainnya sama.

  1. Apakah perusahaan yang memproduksi produk/ layanan terkemuka?

Bagian dari pekerjaan affiliate marketing adalah bahwa orang percaya dengan apa yang didukung produk dan direkomendasikan produk. Jika produkmu tidak berguna, maka kamu akan kehilangan kepercayaan dan orang-orang tidak akan lagi berminat dengan produkmu.

  1. Apakah perusahaan perlu memiliki website yang professional?

sales page tidak harus mewah, yang terpenting adalah dapat diatur dan jelas. Bahkan dengan persuasive dapat mendorong penjualanmu.

  1. Produk atau Jasa?

Jika kamu tidak bersedia berinvestasi didalamnya, mungkin kamu akan mengalami kesulitan waktu untuk menjualnya.

  1. Apakah Perusahaan Menyediakan Customer Service?

Mungkin customer akan merasa asing untuk mengujungi affiliatemu. Jika kamu tidak bisa mendapatkan bantuan perusahaan. Jika landing mu tidak mendapatkan bantuan, itu akan berakibat buruk.

  1. Apakah kamu menguji produk atau jasamu?

Sangat mahal untuk mempromosikannya, tetapi dengan pengalaman pribadi kamu akan mendapatkan otoritas dan kredibilitas terhadap produk dan layananmu. Beberapa program affiliate akan memberikan sample, sehingga kamu tidak harus membelinya.

  1. Apa Syarat-Syarat Perjanjian Affiliate?

Ada banyak  program yang memiliki aturan dan batasan, tentu saja kamu harus mematuhinya. Kamu tidak memerlukan iklan Pay-Per-Clik (PPC) yang menggunakan key word. Jika iklan PPC adalah rencana marektingmu, maka bisa menjadi masalah. Lain pula, jika kamu memiliki kebijakan dalam email mengenai produk atau layanan. Untuk dokumen sebaiknya dicetak dan jangan lupa untuk dibaca.

  1. Bagaimana Melacak Landing?

Banyak program affiliate yang menyediakan pelacak real-time atau statistic affiliate, yang harus up-to-date. Banyak juga konsumen yang tidak membeli pada kunjungan pertamanya, sehingga perusahaan tahu cara melacaknya. ;ebih baik kamu mencari tahu apakah perusahaan menggunakan cookies dan berapa lama masa berlakunya?

  1. Bagaiamana dan Kapan Pembayarannya?

Program affiliate bervariasi, beberapa akan membayar sementara ada juga dengan system komisi. Biasanya mereka akan melakukan pembayaran melalui PayPal, sementara lainnya akan mengirim cek atau transfer langsung ke bank. Untuk waktunya bisa dilakukan 2 tahap yaitu sebulan skeali atau dibayar mingguan.

  1. Apa Tools Marketingnya?

Saya terkejut jika program affiliate tidak memiliki link affiliate yang digunakan untuk produk atau jasa marketing. Program affiliate terbaik akan menawarkan banyak tools dari tips marketing, banner iklan, dan grafis. Bahkan terkadang sample postingan blog atau sosial media juga diperlukan. Meskipun kamu datang dengan materi marketing sendiri, kamu bisa mempercepatnya jika program affiliate memiliki tools yang bisa digunakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *