Jenis-jenis website menyediakan berbagai macam pilihan yang bisa anda sesuaikan dengan kebutuhan. Dalam rangka membangun website, tentu saja ada berbagai hal yang perlu anda ketahui didalamnya. Untuk bisa menciptakan sebuah website yang sempurna, tentu anda harus tahu terlebih dahulu jenis-jenis website.  

Baca Juga: Cara Mudah Mempercepat Loading Website

Dari sinilah anda akan bisa mengetahui apa saja fungsi, keunggulan dan karakteristik dari website terkait. Anda pun akan mampu memaksimalkan penggunaanya dengan lebih mudah dan maksimal didalamnya. Dalam penerapan tahapan lebih lanjut, anda juga akan bisa lebih mudah menemukan solusi yang anda inginkan didalamnya.

Satu hal yang perlu anda ketahui dalam jenis-jenis website adalah masing-masing diantaranya memiliki fungsi dan juga kegunaan yang berbeda. Dengan adanya perbedaan tersebut, sudah pasti anda akan bias melihat bahwa apa yang tersedia dalam website itu sendiri akan mampu menghadirkan segala yang jelas dan tepat yang anda butuhkan. Untuk tahapan jangka panjang, sudah pasti fungsi dan manfaat yang ada didalamnya akan mampu membawa anda pada sesuatu yang diinginkan itu sendiri. Segalanya pun akan bisa lebih mudah dalam memberikan kepada anda sesuatu yang tepat dan dibutuhkan itu sendiri.

Jenis-Jenis Website Berdasarkan Sifatnya

Jenis-Jenis Website Berdasarkan Fungsi, Platform, dan Sifatnya
unlimited.id

Pemahaman jenis-jenis website ini bisa anda dimuali dengan cara mengetahui apa saja website yang bisa anda pilih sesuai dengan karakter atau sifatnya. Simak ulasan selengkapnya di bawah ini:

1. Website Statis

Dalam jenis-jenis website yang satu ini, anda bisa melihat bahwa web terkait bersifat konstan dan konten yang ada didalamnya tidak memiliki perubahan yang signifikan sama sekali. Dalam masing-masing halaman yang ada didalamnya terdapat kode HTML yang mana nantinya berperan penting untuk menunjukan informasi yang sama kepada pengunjung yang ada didalamnya. Dari sinilah bisa dilihat bahwa hanya dari pihak developer dan webmaster saja yang bisa mengupdate konten yang terdapat pada website statis yang satu ini. Umumnya website jenis yang satu ini dibuat dengan memakai HTML dan juga CSS. Dibutuhkan keahlian seorang developer yang paham di bidang coding dan pemrograman untuk bisa menciptakannya.

2. Website Dinamis

Dalam jenis-jenis website selanjutnya, terdapat pilihan website dinamis. Untuk pilihan jenis website yang satu ini biasanya memiliki konten yang sifatnya selalu diupdate secara berkala. Dari sinilah website tersebut akan bisa diakses dengan mudah oleh para developer dan juga webmaster yang ada didalamnya. Hal ini akan memungkinkan sejumlah user untuk bisa melakuka update untuk mengupdate konten di web terkait tanpa perlu memberikan gangguan yang berarti kepada desain website yang tersedia itu sendiri.

Jenis-Jenis Website Berdasarkan Platform

Jenis-Jenis Website Berdasarkan Fungsi, Platform, dan Sifatnya
unlimited.id

Terkait mengenai jenis-jenis website tersebut, anda juga bisa melihatnya dibagi dalam bentuk berdasarkan platformnya.  Tentu jika sudah membicarakan mengenai platform, ada beberapa pilihan yang bisa anda coba dalam platform yang tersedia itu sendiri. Di sinilah akan banyak yang bisa anda peroleh nantinya. Berikut pilihannya:

1. CMS (Content Management System)

Ini adalah metode pertama yang paling populer untuk menciptakan sebuah website, yaitu dengan menggunakan CMS atau Content Management System. Dengan penggunaan dari CMS ini maka pengguna akan lebih mudah membangun website yang dimiliki dengan memanfaatkan perangkat lunak atau sistem pengaturan konten digital. Apa saja pilihannya? Tentu ini adalah nama-nama yang sudah tidak asing lagi di telinga anda, mulai dari Joomla, WordPress, Drupal, dan lain sebagainya. Semuanya tergolong sebagai pilihan CMS terbaik yang mudah dioperasikan ddialamnya. Jadi anda pun akan bisa merasakan sendiri manfaat yang ada didalamnya. Salah satu yang meraih tingkat popularitas tertinggi sebesar 59.9 persen adalah WordPress.

2. Website Builder

Untuk opsi jenis-jenis website yang selanjutnya bisa anda lihat dari pilihan Website Builder yang terdapat didalamnya. Di sini anda bisa melihat bahwa Website Builder akan memberikan kemudahan bagi anda dalam rangka menciptakan website yang anda inginkan dengan mudah. Website Builder itu sendiri merupakan platform yang akan membantu anda dalam rangka membuat website dengan mudah dan cepat. Dari sini anda bisa melihat bahaw penggunaan dari website builder ini tidak memerlukan pemahaman akan dunia coding sama sekali. Ada beberapa pilihan website builder yang populer digunakan, mulai dari Site Builder, Weebly, Wix, dan lain sebagainya. Semua itu pastinya akan memberikan manfaat tersendiri yang akan bisa anda capai dan peroleh dengan mudahnya.

3. HTML Dan CSS

HTML dan CSS merupakan pilihan lainnya jenis-jenis website yang bisa anda coba untuk fungsikan. Sesuai dengan namanya, tentu saja untuk bisa membuat website dengan basis HTML dan CSS ini, anda harus paham pengetahuan tentang dunia coding. Dari sini bahasa pemrograman yang nantinya akan digunakan adalah HTML dan CSS itu sendiri. Nantinya anda bisa menggunakan website terkait dengan sejumlah software mulai dari Notepad ++, Text Wrangler, Sublime Text dan lain sebagainya. Dari sinilah akan lebih banyak kemudahan yang bisa anda peroleh untuk tahapan lebih lanjut.

Jenis-Jenis Website Berdasarkan Fungsinya

Jenis-Jenis Website Berdasarkan Fungsi, Platform, dan Sifatnya
unlimited.id

Ada juga jenis-jenis website yang bisa dikategorikan berdasarkan fungsi dan kegunaanya. Berikut adalah beberapa website dan fungsi umum yang terdapat didalamnya untuk digunakan.

1. Blog Atau Website Pribadi

Tentu saja anda sudah tidak asing dengan web yang sudah terkenal sejak tahun 2000-an ini. Dalam penerapan atau tahapan yang lebih lanjut. Anda bisa memanfaatkan yang namanya blog atau website pribadi. Dari sini anda akan bisa melihat bahwa banyak sekali penerapan yang akan bisa anda lakukan dan maksimalkan didalamnya. Banyak juga orang yang menggunakan blog sebagai sarana untuk menuangkan hobi, opini, kisah perjalanan dan lain sebagainya yang terdapat didalamnya.

2. eCommerce / Toko Online

Lalu yang juga tak kalah pentingnya adalah pemanfaatan dari eCommerce / toko online itu sendiri. Kendati anda sudah berjualan di Marketplace dan Social Media, sudah pasti anda perlu memiliki sebuah website. Website merupakan sebuah situs yang bisa difungsikan sebagai toko anda di dunia maya. Dari sinilah anda bisa melihat bahwa eCommerce atau toko online tersebut memberikan andil tersendiri yang anda butuhkan didalamnya.

3. Website Perusahaan

Dalam tahapan yang lebih lanjut, anda bisa melihat bahwa website perusahaan bisa menjadi sebuah pilihan yang tepat bagi anda agar bisa lebih mudah dalam bertransaksi lewat online. Dari sinilah anda akan bisa mendapatkan informasi resmi tentang usaha atau website yang anda inginkan itu sendiri. Dengan adanya website perusahaan ini maka kepercayaan konsumen terhadap produk atau jasa yang anda tawarkan pun juga akan semakin meningkat.

4. Content Marketing Blog

Opsi lainnya dari jenis-jenis website adalah Content Marketing Blog atau sebuah website yang nantinya difungsikan sebagai situs untuk Content Marketing atau Blog dari website yang anda miliki itu sendiri. Dari sinilah akan lebih banyak lagi manfaat yang akan bisa anda temukan dan peroleh didalamnya. Jadi tidak ada yang perlu anda pusingkan lagi didalamnya. Ini adalah bentuk dari website yang cukup populer digunakan sebagai media informasi.

Baca Juga: Penjelasan Inodes Pada Unlimited Hosting

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *