Web hosting, tidak bisa lepas dari yang namanya cloud server. Umumnya, cloud server dikenal dengan istilah lain bernama server awan. Pada tahun 2000-an awal, ketika perkembangan teknologi semakin pesat, muncullah cloud server yang mulai digunakan untuk keperluan web hosting.

Fungsi cloud server sendiri adalah untuk menyimpan data di internet. Tujuannya tak lain agar data-data tersebut aman. Semua orang yang memakai web hosting juga dapat menggunakan cloud server juga, untuk keperluan menyimpan data.

Jika Sobat Unlimited berminat memakai cloud server, yang harus Anda lakukan terlebih dahulu adalah mengetahui secara jelas apa itu cloud server.Juga Kelebihan dan kekurangan cloud server.

Apa Itu Cloud Server?

kelebihan dan kekurangan cloud server

Cloud server adalah server virtual, yang mana bukan merupakan server fisik, yang berjalan pada platform komputasi awan. Platform ini dibangun, dihosting, dan dikirimkan menggunakan jaringan komputasi awan via internet dan dapat diakses dari jarak jauh. Tak heran pula cloud server dikenali sebagia server virtual.

Server cloud memiliki semua perangkat lunak yang mereka butuhkan untuk dijalankan dan dapat berfungsi sebagai sebuah unit yang independen.

Kelebihan cloud server untuk web hosting adalah, pengguna dapat menghubungkan antara perangkat pribadi dengan jaringan internet, untuk mengakses data. Ketika suatu saat Anda membutuhan data, maka Anda tak perlu menggunakan hard disk ataupun flash disk. Karena Anda bisa mengambil file yang tersimpan pada cloud server di web hosting milik Anda.

Sangat praktis dan mudah. Selain itu, Anda juga tidak perlu takut akan kehilangan data karena sudah tersimpan dengan aman pada server pusat.

Baca Juga : Mengenal Perbedaan SSD SATA dan SSD NVME

Kelebihan dan Kekurangan Cloud Server

Kelebihan Cloud Server

Mengapa cloud server banyak dilirik? Cloud server banyak dilirik pengguna karena memiliki banyak kelebihan. Tak sedikit pengguna yang merasa diuntungkan dengan penggunaan cloud server. Para pengguna cloud server banyak yang merasa puas dengan teknologi yang satu ini. Agar lebih memantapkan Anda, berikut ini adalah beberapa kelebihan yang dimiliki oleh cloud server. Apa saja? Sobat Unlimited, simak penjelasannya berikut ini, ya:

1. Biaya Terjangkau Sesuai Dengan Kapasitas Penggunaan

Kelebihan cloud server yang pertama adalah, biayanya yang terjangkau. Cloud server biasanya dapat dibeli atau disewa. Harga pembelian atau penyewaaanya juga cenderung lebih terjangkau. Bahkan, harganya bisa dikatakan lebih murah daripada penyimpanan perangkat keras, seperti hard disk misalnya.

Dari harga yang ditawarkan, pengguna cloud server sama sekali tidak rugi karena Anda bisa menyimpan data sebanyak mungkin, alias unlimited.

2. Meminimalkan Risiko Kehilangan Data

Kelebihan dan Kekurangan cloud server

Kelebihan selanjutnya yang dimiliki oleh cloud server adalah dapat meminimalkan risiko kehilangan data. Data yang tersimpan  di cloud sudah tentu dijaga dengan metode yang paling aman. Jikapun ada kerusakan pada server, maka data Anda tetap ada di sana, dan hanya kemungkinan kecil saja Anda akan kehilangan data.

Sejauh ini, para pengguna cloud server merasa aman karena datanya tidak akan pernah hilang. Bahkan, server awan ini juga dapat mengurangi kemungkinan kerusakan data yang disebabkan oleh corrupt.

3. Kapasitas Penyimpanan Storage yang Tidak Terbatas (Unlimited)

Pada perangkat keras seperti hard disk, flash disk, atau apapun itu, bisa dibilang kapasitas penyimpanannya bisa dikatakan sangat terbatas. Sebuah perangkat keras, seperti hard disk memiliki kapasitas penyimpanan maksimal rata-rata hanya sampai 2 TB. Hal berbeda akan Anda dapati pada cloud server. Bahkan ada cloud server yang memiliki kapasitas penyimpanan unlimited, alias tidak terbatas.

Sebanyak apapun data yang ingin Anda simpan pada cloud server pasti bisa ditampung. Keberadaan cloud server bisa dikatakan dapat menghemat pengeluaran biaya. Sebab, Anda tidak perlu lagi melakukan pembelian hard disk atau perangkat keras penyimpanan. Anda cukup menyimpannya di cloud server.

4. Fleksibel dan Mudah Digunakan

Cloud server web hosting memiliki sifat yang cukup fleksibel. Ya, karena Anda dapat mengakses data bahkan dengan sangat mudah. Seperti apa contoh kemudahannya?

Misalnya ketika Anda ingin mengambil data, Anda bisa menggunakan perangkat yang berbeda.Yang terpenting adalah terkoneksi dengan internet. Seperti yang telah diketahui sebelumnya, bahwa cloud server hanya dapat diakses menggunakan internet. Jadi, selama perangkat Anda terkoneksi dengan internet, Anda bisa mengakses cloud server dengan sangat mudah.

Kelebihan yang dimiliki oleh cloud server cukup banyak sebenarnya, lebih banyak dari itu. Tidak salah jika banyak yang menggunakan web hosting jenis cloud server. Selain itu, harganya juga cukup terjangkau. Ini membuat para pemilik website berbudget rendah bisa menikmati hosting tersebut. Cloud server membantu seluruh pengguna web hosting menjadi lebih mudah dalam melakukan penyimpanan data secara lebih fleksibel dan aman.

Kekurangan Cloud Server

Dengan melihat kelebihan cloud server diatas membuat pengguna mengambil kesimpulan bahwa cloud server ini sungguh sempurna. Padahal, cloud server juga tak lepas dari celah kekurangan. Berikut ini adalah kekurangan yang dimiliki oleh cloud server:

1. Service yang Kurang Maksimal

Kelebihan dan kekurangan cloud server

Yang dimaksud dari pelayanan yang kurang adalah, tergantung pada servicenya. Anda pasti tahu jika cloud server dapat dibeli pada jasa layanan web hosting. Jadi, penyedia jasa akan memberikan cloud server dengan kapasitas yang berbeda-beda.

Oleh karena itu, sebelum Anda membeli cloud server, Anda harus banyak bertanya dulu pada pihak penyedia jasa. Anda harus memperhatikan batasan-batasan yang dimiliki oleh cloud server.

2. Penyesuaian yang Kurang

Memakai cloud server pada web hosting harus memperhatika regulasi. Umumnya mengenai penyimpanan cloud service provider, Anda tidak boleh sembarangan. Anda harus bisa menyamakan level serta dapat menyesuaikan dengan penyimpanan data yang berada di cloud. Memang, cloud server ini masih termasuk teknologi terbaru.

3. Isu Perlindungan Privasi

Tempat penyimpanan pada cloud server menggunakan sistem terpusat. Jadi, siapa saja yang menggunakan cloud server maka datanya akan tersimpan menjadi satu pada peyimpanan cloud terpusat. Semua orang bisa mengakses seluruh data Anda pada cloud provider tanpa sepengetahuan dan izin Anda. Hali ini kerap menjadi pertimbangan orang yang ingin menggunakan cloud server.

Walaupun memiliki kekurangan yang cukup banyak, cloud server juga memiliki pengguna yang cukup banyak juga. Kekurangan tidak menjadikan penggunanya menjadi sedikit. Karena, daripada meratapi kekurangan, masih lebih baik mengoptimalkan kelebihan yang dimilikinya.

Kesimpulan

Itulah tadi kelebihan dan kekurangan cloud server. Semoga artikel ini dapat membuka wawasan Anda tentang cloud server.

Go digital sekarang juga dengan berlangganan hosting murah Unlimited.ID. Dapatkan fitur-fitur hosting terbaik hanya untuk Anda. Klik di sini untuk informasi selengkapnya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *