Manusia saat ini berada di era sosial media. Kebanyakan orang saat ini paling tidak memiliki dua sampai tiga akun media sosial. Setidaknya,saat ini terdapat empat media sosial terpopuler. Yang paling terkenal tentu saja Facebook, kemudian Instagram, Twitter, dan LinkedIn. Untuk nama terakhir, meskipun cukup populer, masih yang belum paham bagaimana cara menggunakan LinkedIn.

LinkedIn adalah sebuah jejaring sosial yang cukup berbeda dengan yang lainnya. Media sosial yang satu ini tidak diciptakan untuk tujuan bersenang-senang. Namun, LinkedIn memiliki target pengguna dari kalangan professional. Salah satu tujuan diciptakannya platform ini adalah untuk membangun koneksi dengan latar belakang bisnis.

Pengguna LinkedIn seringkali menjadikan LinkedIn sebagai curriculum vitae digital. Inilah mengapa penting sekali untuk mengisi profil LinkedIn secara serius dan professional. Mengisi profil LinkedIn penting untuk diperhatikan, mengingat banyak perekrut dari perusahaan-perusahaan yang mencari talenta-talenta melalui platform tersebut.

Namun mengisi profil LinkedIn bukanlah perkara sepepel. Ada banyak hal yang harus Anda perhatikan. Terlebih lagi jika Anda baru membuat akun di sana. Anda harus tahu kiat-kiat menggunakan LinkedIn. Untuk itu, pada artikel kali ini, Kami akan membagikan kiat menggunakan LinkedIn untuk Sobat Unlimited semuanya. Simak artikel ini sampai selesai, ya.

Pengertian LinkedIn

kiat menggunakan LinkedIn

Sebelum membahas lebih jauh tentang kiat-kiat menggunakan LinkedIn terlihat lebih professional, tahukah Anda dengan LinkedIn? Meskipun sudah familiar, tetapi tak sedikit orang yang masih belum memahami apa itu LinkedIn dan bagaimana cara menggunakannya.

Terutama untuk para pemula yang baru mendengar nama LinkedIn. LinkedIn adalah media sosial yang dirancang khusus untuk menghubungkan para pekerja professional dan pebisnis. Pada tahun 2020 sendiri, LinkedIn telah digunakan lebih dari 700 juta orang untuk mengembangkan karier dan bisnis mereka.

Pengguna media sosial yang satu ini tersebar hampir di tiap negara yang ada dunia dan nyaris mencakup semua industri. Sejak pertama kali dibuat LinkedIn memang telah diproyeksikan sebagai tempat yang mempertemukan para pekerja dan pebisnis untuk saling terhubung.

Kiat Mengggunakan LinkedIn

LinkedIn adalah media sosial dengan konsep yang unik. Yang mana sebagian besar penggunanya adalah para professional dengan beragam latar belakang keahlian. LinkedIn kerap dijadikan sebagai CV digital untuk memperkenalkan diri penggunanya. Hal ini dapat terlihat bagaimana seriusnya para pengguna LinkedIn untuk selalu mengupdate profil mereka.

Berikut ini adalah kiat menggunakan LinkedIn untuk kemajuan karir Anda.

1. Melengkapi Informasi Pokok di Headline

Kiat pertama agar halaman profil LinkedIn Anda terlihat lebih professional adalah dengan menyempurnakan headline profil. Headline profil memiliki fungsi layaknya cover pada koran atau majalah. Terkadang orang menilai konten cover, profil yang tidak lengkap dan terkesan asal-asalan akan memberikan kesan yang buruk.

Jika Anda tidak memilih headline Anda sendiri, maka LinkedIn secara otomatis akan menggunakan status pekerjaan Anda saat ini sebagai headline. Buatlah headline dengan kata yang singkat, padat, dan penuh makna.

Di bagian headline juga ada section lain, seperti nama lengkap beserta data diri, pekerjaan, dan kontak yang bisa dihubungi. Apapun headline Anda, pastikan yang Anda cantumkan adalah benar dan tidak dibuat-buat.

2. Gunakan Foto Profil yang Professional

kiat menggunakan LinkedIn

LinkedIn adalah media sosial yang ditujukan untuk seorang professional. Maka, pastikan Anda memilih foto profil dengan kualitas tinggi, menarik, meyakinkan dan menunjukkan wajah Anda dengan sangat jelas. Foto profil yang professional tidak mengharuskan Anda untuk mengenakan jas. Anda diperbolehkan untuk sedikit bergaya asal tetapi terlihat sopan dan professional.

Ini adalah cara terbaik untuk mempersonalisasi profil Anda dan membantu orang lain untuk mengenali Anda dengan mudah.

3. Lengkapi Ringkasan, Pengalaman Kerja, dan Skill

LinkedIn serupa dengan curriculum vitae digital. Jadi jangan sampai malas untuk melengkapinya. . Pada bagian “Ringkasan”, isilah dengan rangkuman karier Anda hingga saat ini. Namun simpan sebagian besar detail untuk bagian “pengalaman” di profil Anda.

Ringkasan berfungsi untuk memperkenalkan diri ke jaringan Anda, menunjukkan keterampilan, sorotan karier, tujuan dan motivasi yang Anda punya. Pastikan untuk tidak menulis dengan kalimat yang berlebih dan bermetafora. Gunakanlah kalimat yang singkat, padat, dan jelas.

Kemudian tentang pengalaman kerja. Sama seperti pada resume atau CV, Anda juga perlu untuk memberikan gambaran lengkap tentang karier Anda hingga saat ini. Untuk setiap posisi yang pernah Anda jalankan, penting juga untuk menyertakan deskripsi mengenai peran dan tanggung jawab Anda di perusahaan tersebut.

Pastikan Anda memberikan highlight pada pencapaian penting yang pernah diraih. Dengan begitu, perekrut tidak perlu membaca pengalaman kerja Anda yang lain. Karena telah melihat di mana keunggulan Anda.

4. Membuat Koneksi yang Tepat

Selayaknya media sosial, sah-sah saja untuk menjalin pertemanan dengan siapa saja. Pun begitu dengan LinkedIn. Sah-sah saja untuk memiliki banyak koneksi di LinkedIn. Hanya saja, koneksi yang terlalu banyak dan tidak memberikan manfaat justru akan menjadi bumerang untuk Anda.

Memiliki koneksi juga dianggap sangat penting di LinkedIn. Media sosial yang satu ini telah dilengkapi dengan algoritma dan data yang memudahkan pengguna untuk menyebarkan jaringan. Algoritma LinkedIn akan merekomendasikan orang-orang yang memiliki “kedekatan” dengan Anda. “Kedekatan” ini berasal dari informasi yang Anda isi. Seperti jenjang pendidikan dan pengalaman kerja.

Manfaat Menggunakan LinkedIn

kiat menggunakan LinkedIn

Di atas, Anda telah mengetahui kiat menggunakan LinkedIn. LinkedIn juga memiliki banyak manfaat. LinkedIn sendiri bekerja dengan prinsip Six Degrees of Separation. Artinya, Anda akan mulai terhubung dengan orang yang Anda kenal dan yang mengenal Anda. Dan lewat mereka pula Anda bisa membangun jaringan yang lebih besar untuk melakukan banyak hal.

Pengguna bisa menggunakan halaman profil LinkedIn sebagai resume, yang lengkap dengan pengalaman kerja, prestasi, rekomendasi, dan preferensi dari rekan kerja. LinkedIn juga menawarkan hal-hal yang tidak akan Anda temukan di media sosial lain.

Seperti halaman career berfitur lengkap, tempat di mana Anda dapat mencari dan melamar pekerjaan. Banyak jenis pekerjaan yang kompatibel dengan LinkedIn. Hal ini memungkinkan Anda untuk melamar pekerjaan hanya dengan membagikan profil LinkedIn Anda. Jadi, Anda tidak perlu lagi bersusah payah untuk menuliskan CV secara manual.

Penutup

Sebagai media sosial yang ditujukan untuk tujuan penggunaan professional, belum semua orang yang dapat menggunakan LinkedIn dengan optimal. Semoga dengan artikel ini dapat memberikan wawasan baru bagi Sobat Unlimited tentan kiat menggunakan LinkedIn.

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *