Memilih Magento atau Prestashop sangatlah penting untuk dipertimbangkan khususnya bagi Anda yang menginginkan platorm yang tepat untuk bisnis online. Ketika Anda tahu Anda harus memilih platform eCommerce yang tepat, maka akan sangat penting untuk melihat pilihan terbaik dari yang sudah berpengalaman dalam menggunakannya. Sejak dikembangkan pada 2008 oleh perusahaan Amerika Varien, Magento telah menjadi platform e-commerce terkemuka di dunia. Namun, tak lama kemudian munculah PrestaShop. Hal ini tentu saja membuat banyak pelaku bisnis sering kesulitan memilih di antara dua platform yang dapat diandalkan ini.

Magento atau Prestashop memiliki banyak fitur yang ditawarkan sehingga banyak orang yang bingung ingin menggunakan yang mana. Meskipun memiliki banyak kesamaan, PrestaShop dan Magento punya beberapa perbedaan yang bisa dijadikan referensi dalam memilih CMS yang tepat. Akan tetapi, Memilih satu dari dua platform eCommerce ini tentu akan terasa sedikit sulit, terlebih jika Anda belum familiar dengan cara kerjanya.

 

Magento atau prestashop

Magento atau prestashop

 

Sekilas tentang Magento dan Prestashop

Magento merupakan platform toko online yang memiliki banyak fitur dan menyediakan berbagai macam plugin serta tema. Magento juga menyediakan fitur yang dapat dikostumisasi sesuai kebutuhan. Namun, untuk melakukan hal itu, Anda memerlukan pengetahuan mendalam tentang pemrograman.  Magento juga dikenal sebagai “pemimpin” dalam solusi keranjang belanja eCommerce. Mereka menyediakan berbagai macam fitur, alat, dan penyesuaian. Banyak pebisnis besar yang memilih platform ini karena kemudahan fiturnya.

PrestaShop juga akan memberikan Anda banyak fitur seperti mempermudah pengelolaan situs, memberikan manfaat SEO, memberikan analisis dan pelaporan kepada pengguna. Bahkan lebih dari 125.000 toko online menggunakan PrestaShop karena akan sangat memudahkan pencarian bantuan dengan program ini.

Membuat keputusan dalam memilih antara PrestaShop vs Magento memang tidak mudah. Hal ini karena keduanya memang eCommerce yang bagus. PrestaShop menargetkan bisnis kecil hingga menengah, sementara Magento melayani bisnis menengah hingga besar. Tak hanya itu saja, ada banyak perbedaan yang harus Anda tahu sebelum memutuskan untuk memilih antara Magneto atau Prestashop.

Yang harus Anda tahu sebelum memilih Magento atau Prestashop

Bagi Anda yang ingin memaksimalkan bisnis online tentunya bingung dengan mana yang dipillih. Agar lebih mantab dengan pilihan, berikut ada beberapa perbandingan yang bisa Anda jadikan bahan pertimbangan sebelum memilihnya.

Magento atau prestashop

Magento atau prestashop

1. Kemudahan dalam penggunaan

Magento

Pada tampilan dashboard Magento sekilas memang sangat sederhana. Akan tetapi jika Anda membuka masing-masing menu, maka Anda akan melihat banyak submenu untuk hampir semua pengaturan khusus untuk toko online. Di sini Anda akan melihat daftar fitur untuk mengatur promosi seperti SEO, email marketing, dan pengelolaan review. Bahkan setiap fitur tersebut masih terdapat opsi yang lebih detail.

Prestashop

Kemudahan dalam menggunakan memang selalu menjadi opsi utama seseorang dalam membuka bisnis. Prestashop adalah platform toko online yang dapat dikatakan mudah untuk dioperasikan. Di sini Anda hanya perlu menambahkan foto, judul, harga, dan deskripsi produk. Selain itu Anda juga bisa melakukan pengaturan lain untuk produk, seperti Shipping dan SEO.

Jika dilihat memang Magento menawarkan banyak opsi yang bisa dibilang lebih rumit dari Prestashop. Anda perlu waktu yang lebih lama untuk memahami cara mengatur dan mengonfigurasi produk yang Anda inginkan.

2. Desain dan Template

Magento

Magento tentunya akan menawarkan tema yang lebih sederhana. Namun Anda bisa memilih tema sesuai dengan yang Anda inginkan. Untuk mendapatkkan tema yang Anda inginkan, maka Anda harus memiliki kemampuan teknologi yang lebih untuk mengembangkannya.

Prestashop

Untuk tema pada Prestashop tentunya terlihat lebih elegan dan profesional. Pada platform ini juga disediakan berbagai jenis tema yang bisa Anda pilih dan gratis. Namun jika Anda menginginkan tema yang lebih bagus lagi, maka juga disediakan tema premium yang tentunya berbayar.

3. Dari segi performa

Magento

Jika dilihat dari segi performa memang keduanya berbeda. Magento lebih menyediakan solusi untuk dapat dioptimasi. Selain itu, jika memiliki kendala pada loading website, maka Magento lebih mampu membuat performa kecepatan website Anda kembali membaik dalam waktu yang cepat. Hal inilah yang membuat orang-orang atau pelaku bisnis lebih mengandalkan platform ini.

Prestashop

Nampaknya dari segi performa ini Prestashop masih kalah dengan Magento. Performa Prestashop lebih cocok untuk toko online baru berskala kecil dengan trafik yang tidak tinggi. Jika sejak awal Anda sedang mengembangkan toko online berskala besar, maka sebaiknya Anda memilih web hosting yang mendukung toko online berskala besar.

 

Magento atau prestashop

Magento atau prestashop

 

4. Keamanan

Magento

Sistem keamanan Magento memang pernah dibobol. Akan tetapi bukan berarti bahwa platform tersebut tidak aman dan tidak layak. Dengan adanya hal itu, Magento telah merilis solusi (patch) keamanan mandiri pada versi terbarunya. Hal ini menunjukkan bahwa Magento mempunyai komitmen untuk lebih maksimal dalam mengamankan toko online Anda.

Prestashop

Jika dlihat dari segi keamanan, tentunya Prestashop juga telah merilis solusi keamaan website toko online yang mencakup adanya SSL compatibility, unique tokens, password encryption in database, cookies encryption, email headers injection blocked, dan PCI DSS complaint. Dengan keamanan yang maksimal, bahkan keduanya juga selalu memperbaharui keamanan meski dengan cara yang berbeda.

5. SEO

Magento

Adanya fitur SEO merupaka hal yang paling esensial. Fitur ini selalu ada untuk mengoptimalkan website agar tampil di hasil pencarian bahkan pada halaman utama. Dari segi SEO, Magento memiliki fitur untuk mengoptimalkan website yang SEO friendly dan telah didukung dalam Bahasa Indonesia. Fitur SEO Magento di antaranya adalah meta tags for products and home pages, image optimization, canonical tags for categories and products, dan edits of robot.txt files.

Prestashop

Hampir sama dengan Magento, Prestashop juga memiliki beberapa fitur SEO yang dapat membantu Anda untuk mengoptimasi trafik website Anda. Fitur-fitur tersebut antara lain; Automated URL rewriting, dedicated SEO content section for products, CMS pages, fitur SEO premium.
Namun jika dilihat dari hasil riset platform toko online yang SEO friendly, Magento mendapatkan nilai 95 dari 100. Nilai tersebut juga membuat Magento berhasil menempati posisi ke-4 dari 16 platform toko online terbaik. Sementara Prestashop hanya mendapatkan nilai 40 dari 100.

 

 

Magento atau prestashop

Magento atau prestashop

 

Jadi Anda sudah bisa memutuskan memilih platform yang mana, kan? Baik itu Magento atau Prestashop tentunya memiliki keunggulan masih-masih yang bisa Anda pertimbangkan. Pastikan pilihan Anda adalah yang terbaik.

Jangan lupa jika Anda membutuhkan hosting dengan harga yang murah bisa langsung ke Unlimited. Di sini Anda bisa mendapatkan berbagai fitur web hosting murah dan berkualitas serta layanan 24 jam setiap hari  yang akan membantu Anda dalam mengatasi kendala.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *