Google Analytics merupakan sebuah fitur yang bagus untuk menganalisa data pengunjung yang ada di sebuah situs. Dengan kata lain Google Analytics perekaman terhadap statistik pengunjung yang ada pada situs anda. Tentunya tidak hanya data pengunjung saja yang direkam, namun Google Analytics juga menyediakan informasi tentang email marketing, pay-per-click network, dan juga sumber iklan yang tersedia. Dari sini pasti sudah bisa dibayangkan betapa banyaknya keuntungan yang akan bisa didapatkan oleh pengguna fitur yang satu ini. Mereka bisa membandingkan jumlah traffic yang masuk dari waktu ke waktu. Sebuah fitur yang pastinya sangat penting untuk digunakan. Anda pun akan tau seperti apa potensi web yang dimiliki dan cara meningkatkan traffic dengan mudahnya.

Keuntungan Memakai Google Analytics

Panduan Memasang Google Analytics di WordPress

unlimited.id

Banyak orang yang menggunakan Google Analytics, baik itu perorangan atau perusahaan. Hal ini melihat fungsi dari analytic tersebut yang sangat penting. Banyak orang yang ingin membangun sebuah website, tapi mereka kekurangan data. Di sinilah Google Analytics akan menyediakan semua data yang Anda perlukan di dalamnya. Secara spesifik berikut adalah sejumlah manfaat yang akan bisa Anda peroleh:

Membantu Anda Menemukan Keyword Yang Tepat

Manfaat yang penting dalam menggunakan Google Analytics ini adalah membantu pengguna mendapatkan keyword yang tepat dalam membangun sebuah situs. Pasalnya, kata kunci perlu disematkan dalam konten anda dengan tepat. Penggunaan kata kunci tersebut nantinya bisa anda maksimalkan untuk membuat website anda semakin SEO. Pasalnya, sudah banyak juga pengunjung yang memasukan kata kunci tertentu di mesin pencari Google. Anda bisa memanfaatkan fitur analisis ini untuk membantu meningkatkan rangking website Anda.

Memberikan Anda Live Report Yang Akurat

Data yang diberikan oleh Google Analytics kepada pengguna juga sangat akurat. Anda akan bisa mendapatkan data tersebut sesuai dengan yang anda inginkan. Ini bisa menjadi sebuah Live Report yang akurat. Penting fungsinya bagi perusahaan yang selalu memantau terus perkembangan traffic situsnya. Biasanya perusahaan tersebut akan memasang layar khusus halaman analisis ini untuk memantau setiap perkembangan yang ada didalamnya.

Memudahkan Anda Dalam Merancang Rencana Ke depan

Anda pastinya perlu untuk merancang rencana kedepan untuk kemajuan perusahaan. Informasi tentang analisis bisa menjadi acuan yang bagus untuk membuat sebuah kebijakan. Anda yang memiliki situs pastinya ingin terus mendapatkan laporan hasil yang aktual dan up to date. Dari sinilah semua itu akan bisa anda dapatkan dengan mudah. Analisa yang diberikan juga disajikan dengan lebih ringkas dan grafik yang mudah dibaca.

Mendatangkan Lebih Banyak Pengunjung

Google Analytics memberikan keuntungan tersendiri bagi anda tentang perencanaan yang lebih matang. Hasilnya di kemudian hari anda akan bisa mendapatkan kemudahan memperoleh banyak pengunjung. Akan semakin banyak visitor yang berkunjung ke situs atau website anda. Hal ini pastinya akan memudahkan anda untuk mendapatkan semua yang diinginkan.

Cara Memasang Google Analytics di WordPress

 

Panduan Memasang Google Analytics di WordPress

unlimited.id

Mari kita melaju ke langkah selanjutnya, yakni bagaimana cara menyematkan fitur menarik ini di WordPress anda. CMS WordPress adalah yang paling populer dan banyak digunakan saat ini. Karena itulah sangat mudah untuk memberikan beberapa plugin dan fitur untuk situs anda yang memakai CMS WordPress tersebut. Berikut adalah panduan yang bisa anda terapkan untuk memasang fasilitas Google Analytics di WordPress:

Cara #1: Buat Akun Terlebih Dahulu

Tahap awal yang harus anda lakukan adalah dengan membuat akun terlebih dahulu. Buatlah akun tersebut dengan masuk ke halaman Google Analytics yang tersedia. Disini ada banyak pilihan yang bisa anda pilih. Tersedia opsi Google Analytics 360 Suite, Google Analytic Premium, Google Analytics, dan lain sebagainya. Bagi anda yang ingin mendapatkan lebih banyak keuntungan, silahkan memilih paket premium yang tersedia didalamnya. Anda akan bisa mendapatkan lebih banyak akses yang menarik ada didalamnya.

Cara #2: Login Terlebih Dahulu Ke Gmail Anda

Yang terpenting dalam pembuatan Google Analytics ini adalah masuk dahulu di akun Gmail anda. Apakah anda sudah memiliki email Google? Jika belum, maka buatlah sekarang juga dengan cara memilih menu Create Account.

Cara #3: Buka Halaman Google Analytics

Selanjutnya, anda hanya tinggal masuk ke halaman analisis Google ini saja. Di sini anda tinggal memilih kolom Sign Up yang tersedia. Anda bisa melakukannya secara gratis dan mudah. Ada opsi Help Centre atau pusat bantuan jika anda ingin mendapatkan tambahan informasi yang diperlukan.

Cara #4: Isi Data Yang Diperlukan

Selanjutnya, anda hanya tinggal memasukan data yang diperlukan untuk membuat akun anda. Di sini anda harus memasukan beberapa informasi, yakni tentang nama lengkap anda, kemudian website yang dimiliki. Tak lupa, anda juga harus memasukan website anda termasuk dalam kategori industri apa. Ada juga fitur Data Sharing Settings dibawahnya. Untuk default-nya, anda bisa mencentang semuanya karena ini direkomendasikan. Jika semua sudah selesai, maka langkah terakhir yang harus dilakukan adalah memilih Get Tracking ID.

Panduan Menginstal Google Analytics di WordPress

Panduan Memasang Google Analytics di WordPress

unlimited.id

Kini anda sudah memiliki akun analisis Google sendiri. Selanjutnya, anda hanya tinggal masuk menuju dashboard website anda. Disinilah anda perlu mendownload plugin Google Analytics terlebih dahulu. Masuk ke bagian plugin dan cari fitur tersebut. Setelah itu segera lakukan install. Jika sudah berhasil maka pada bagian setting dashboard anda akan ada menu baru berjudul Google Analytic. Tahap awal yang harus anda lakukan adalah memasukan code analytic yang telah anda dapatkan ke Web Property ID. Setelah itu, jangan lupa menyimpan settingan tersebut dengan cara memilih Save Changes. Jika sudah selesai maka akan muncul keterangan Settings Saved di Dashboard WordPress anda.

Tugas anda sekarang hanya menunggu laporan yang akan tampil kurang lebih 24 jam. Setelah itu, anda akan bisa mendapatkan laporan hasil statistik website anda secara akuat dan rutin. Untuk bisa memantau atau melihat hasilnya langsung, anda hanya tinggal masuk ke bagian analisis, kemudian pilih menu Reporting yang ada didalamnya. Yang pasti, Google Analytics ini akan menyediakan informasi yang penting tentang data pengunjung yang masuk ke website anda. Hasilnya, anda pun akan bisa tau konten apa yang pas atau tepat untuk web anda tersebut. Bisa dikatakan bahwa fitur ini adalah pilihan yang wajib bagi para webmaster. Jika ingin memiliki situs yang benar-benar kredibel dan berkembang dengan baik, fitur analisa sangatlah diperlukan didalamnya.

Kesimpulannya

Anda tak perlu ragu untuk memanfaatkan fitur ini daripada anda hanya bisa melakukan hipotesa tanpa data yang jelas. Dengan adanya laporan yang akurat dan tepat, anda akan bisa membangun website anda ke ranah yang lebih bagus. Perkembangannya pun juga akan pesat dan tinggal tunggu hitungan detik saja. Jika dilihat dari panduan di atas, sebetulnya sederhana saja cara menyematkan fitur ini di WordPress, yakni hanya perlu membuat akun, kemudian memasukan tracking code yang diberikan ke dashboard WordPress anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *