Mengenal antarmuka cPanel akan bisa memberikan kepada anda ulasan yang dibutuhkan tentang antarmuka dari cPanel yang satu ini. Di sini anda akan bisa melihat bahwa control panel yang digunakan tersebut berbasis Linux. Dengan adanya tampilan antarmuka tersebut, sudah pasti anda akan mampu memperoleh kemudahan dalam melakukan pengaturan website yang ada didalamnya.

Baca Juga: Cara Mudah Mempercepat Loading Website

Bagi anda yang masih belum familiar dengan apa itu cPanel, ini merupakan sebuah fasilitas yang akan anda dapatkan ketika menggunakan layanan domain hosting. Fungsi dari cPanel ini seperti Contol Panel untuk mengelola berbagai kegiatan yang berkaitan dengan website yang anda miliki. Berikut adalah beberapa hal yang perlu anda ketahui tentang mengenal antarmuka cPanel:

Login cPanel

Tahapan awal dari mengenal antarmuka cPanel bisa dimulai dengan cara mengetahui Login dari cPanel itu sendiri. Login ini difungsikan sebagai halaman yang akan digunakan ketika anda masuk pertama kali di domain yang anda miliki. Cara untuk mengakses login cPanel ini juga cukup mudah. Yang anda perlu lakukan hanyalah dengan menginput namadomain[dot]com/cpanel/. Dengan menerapkan langkah tersebut maka anda akan bisa langsung dialihkan ke halaman login.

Dari sinilah yang perlu anda lakukan hanyalah dengan memasukan nama dan password yang anda miliki. Jika anda kesulitan dalam mengakses halaman ini atau lupa dengan user ID dan sandi anda, maka yang bisa dilakukan adalah dengan menghubungi Customer Support dari layanan domain hosting yang anda gunakan didalamnya. Dari sini anda akan bisa langsung dan segera mendapatkan solusi yang dibutuhkan.

Home And User Management

Mengenal Antarmuka cPanel
unlimited.id

Pada tahapan berikutnya, anda bisa mencoba mengakses bagian Home And User Management. Di sinilah anda nantinya akan bisa mengakses halaman cPanel yang anda butuhkan didalamnya. Terdapat berbagai macam sidebar yang akan bisa anda fungsikan dengan baik di sini. Sidebar tersebut antara lain adalah icon persegi berjumlah sembilan yang terdapat pada bagian atasnya. Kemudian, ada juga icon siluet manusia yang akan bisa anda temukan pada bagian bawahnya. Ada beberapa fungsi signifikan yang akan bisa anda temukan, berikut penjelasannya:

  • Home: Memiliki fungsi sebagai icon untuk membawa anda ke halaman utama dari cPanel yang anda miliki. Dari sinilah anda akan bisa langsung mengakses shortcut yang akan membawa anda ke halaman yang diinginkan.
  • User Management: Pilihan pengaturan yang berikutnya adalah pada bagian User Management. Di sinilah anda akan bisa melihat bahwa user management ini akan memungkinkan anda dalam mengakses halaman cPanel yang diinginkan dengan mudahnya.

General Information And Statistic

Dalam tema mengenal antarmuka cPanel kali ini, anda juga akan mendapatkan ulasna tentang General Information And Statistic. Di sinilah anda akan bias mendapatkan kemudahan dalam hal informasi umum tentang siapa admin umum yang mengurus website tersebut, berapa kapasitas memory yang digunakan, serta detail informasi lainnya yang bermanfaat bagi anda dalam rangka mendapatkan gambaran yang dibutuhkan secara umum.

General Information:

Mengenal Antarmuka cPanel
unlimited.id
  • Menampilan informasi tentang Current User atau nama user yang terdaftar dalam akses cPanel yang digunakan oleh pengguna.
  • Menampilkan informasi berupa Primary Domain yang berisikan informasi nama domain yang didaftarkan dan lain sebagainya.
  • Shared IP Address memberikan informasi seputar alternatif dalam mengakses website yang bisa anda peroleh dan temukan didalamnya.
  • Home Directory berisikan informasi menuju Home yang akan membawa anda pada direktori halaman utama dari website terkait.
  • Theme berisikan petunjuk dan informasi terkait tema saat ini jenis apa yang sedang aktif digunakan.
  • Server Information berisikan informasi mengenai detail server yang akan bisa anda pergunakan dengan baik didalamnya.

Statistic:

  • Berisikan informasi mengenai CPU Usage atau pemakaian CPU yang digunakan.
  • Selain itu, Statistic juga memberikan informasi tentang penggunaan Physical Memory atau Memori Fisik yang anda gunakan didalamnya.
  • Inodes: berisikan keterangan mengenai struktur data yang digunakan dan juga penyimpanan informasi dari semua file yang terdapat pada hosting yang anda gunakan saat ini.
  • Disk Usage: Berikan informasi tentang penggunaan Disk yang telah anda gunakan didalamnya.
  • Bandwidth menyuguhkan informasi tentang jumlah maksimal traffic yang masuk ke website anda.
  • Email Accounts berisikan jumlah email yang ada dalam mail anda.
  • Mailing List berisikan data tentang mailing list yang sedang anda pergunakan saat ini.

 cPanel Menu

Tahapan selanjutnya dalam mengenal antarmuka cPanel adalah mempelajari tentang cPanel menu itu sendiri. Dari sini anda akan bisa melihat bahwa menu-menu yang terdapat di cPanel itu sendiri ada banyak jumlahnya. Tentu saja sebagai pengguna anda akan bisa memanfaatkan cPanel tersebut sesuai dengan kebutuhan yang anda inginkan didalamnya. Berikut adalah menu yang umum digunakan, antara lain:

Mengenal Antarmuka cPanel
unlimited.id
  • FILES: Berisikan informasi terkait pengaturan files yang bisa anda lakukan dengan mudah. Di sini anda bisa menemukan beragam fitur, mulai dari File Manager, Images, Directory Privacy, Disk Usage, dan lain sebagainya.
  • BILLING AND SUPPORT: Fitur yang menghubungkan anda dengan web hoster agar nantinya bisa mengajukan pertanyaan, kritik, dan masukan terkait apa yang sedang dihadapi saat ini. Di sinilah anda juga akan mendapatkan informasi tentang News and Announcements, Manage Billing Information, View Email History, Download Resources, dan lain sebagainya.
  • DATABASE: ini adalah sebuah fitur dalam cPanel menu yang akan memungkinkan anda untuk membuat website berbasis database hanya dengan menggunakan cPanel yang tersedia. Database itu sendiri merupakan kumpulan data yang terorganisir dan bisa diakses secara elektroinik dengan menggunakan sistem yang ada di komputer.
  • DOMAIN: Fitur lainnya yang juga akan terdapat dalam cPanel Menu adalah yang satu ini, dimana anda akan mampu mendapatkan informasi tentang Site Publisher, Domains, Addon Domains, Subdomains, Aliases, Redirects, Zone Editor, dan lain sebagainya yang bisa anda pergunakan didalamnya.
  • EMAIL: Sebuah fitur tambahan yang akan memungkinkan anda untuk mengkonfigurasi email. Serta berguna untuk pengaturan email yang lebih spesifik lagi. Di sini beberapa kategori yang bisa anda pilih antara lain adalah Email Accounts, Forwarders, Email Routing, Autoresponders, Default Address, Mailing List, Track Delivery, dan lain sebagainya.
  • METRICS: Sebuah fitur yang jelas akan sangat berguna bagi anda untuk mengetahui jumlah traffic yang masuk ke dalam website yang anda miliki. Ada beberapa menu yang bisa anda lihat didalamnya, mulai dari Visitors, Errors, Bandwidth, Raw Access, Analog Stats, Webalizer FTP, CPU dan Concurrent Connection Usage, dan lain sebagainya yang bisa anda pergunakan sesuai dengan kebutuhan.
  • SECURITY: Berisikan fitur yang berperan penting dalam menunjang faktor keamanan yang krusial bagi website yang anda miliki. Di sinilah anda akan bisa memperoleh informasi tentang serangkaian hal yang berkaitan dengan keamanan, mulai dari SSH Access, IP Blocker, SSL/TLS, dan lain sebagainya.

Baca Juga: Penjelasan Inodes Pada Unlimited Hosting

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *