Ketika menjalankan sebuah bisnis, sudah tentu kita, Anda, atau siapa saja yang menjadi pelakunya senantiasa terhubung dengan pelanggan. Ada banyak cara dan bentuk hubungan suatu brand dan produk dengan konsumennya. Salah satu hal yang paling sering terjadi dalam hubungan antara brand dengan pelanggan adalah komplain pelanggan. 

Setiap bisnis pasti pernah dikomplain oleh pelanggan. Ada berbagai macam sebab mengapa pelanggan sampai harus melakukan komplain atas suatu produk. Entah dari produk atau layanan bisnis yang Anda berikan, misalnya. 

Mendapatkan komplain dari pelanggan adalah hal yang wajar dalam bisnis. Dan ini sangat sering terjadi pada brand dan bisnis manapun. Maka dari itu, Anda perlu menerapkan apa yang dimaksud dengan Customer Relationship Management alias CRM. 

Istilah CRM mulai ramai diperbincangkan beberapa tahun terakhir. Terutama oleh perusahaan-perusahaan besar, yang memiliki pelanggan dan market dalam jumlah yang besar pula. Perusahaan-perusahaan besar kemudian mengerahkan sumber daya terbaik yang dimilikinya untuk mengaplikasikan CRM. Namun, ternyata masih banyak yang belum familiar dengan apa itu CRM dan manfaatnya untuk bisnis. 

Maka dari itu, pada artikel kali ini, kami akan berbagi informasi dengan Sobat Unlimited, tentang apa itu CRM dan manfaatnya dari penggunaan CRM. Jadi, silakan simak artikel ini sampai selesai, ya. 

Apa Itu CRM? 

CRM atau Customer Relationship Management adalah sebuah strategi tentang hubungan pelanggan dengan perusahaan atau brand. Tujuannya adalah untuk mengelola hubungan yang baik dengan pelanggan atau para konsumen. Selain itu, CRM juga dapat digunakan untuk mengumpulkan data pelanggan, kemudian merekam aktivitas tenaga penjual,terutama yang berhubungan dengan calon pelanggan, dan yang sudah menjadi pelanggan tetap sekalipun. 

Kemudian akan ada pertanyaan yang timbul, apakah sepenting itu penerapan CRM pada sebuah brand atau perusahaan? Jawabannya, bisa dikatakan sangat penting. Mengapa bisa demikian? 

Karena dalam pekerjaan penjualan, interaksi antara tenaga penjual, yang sekaligus sebagai representasi perusahaan dengan calon pelanggan harus terbangun dengan baik. Dalam hidup, dan salah satunya dalam kehidupan bisnis, sudah jelas kita tidak bisa menyenangkan dan memuaskan semua orang. 

Tentu akan ada orang-orang yang merasa kecewa, tidak puas dan hal-hal kurang mengenakkan lainnya. Untuk itulah mengapa CRM menjadi sangat dibutuhkan. CRM diharapkan dapat membantu brand atau perusahaan untuk lebih mendekatkan diri lagi dengan pelanggan. 

Dalam bisnis, penting sekali untuk bisa dekat dan mendengarkan suara pelanggan. Karena jika Anda tidak mendengarkan pelanggan, maka mereka akan bisa dengan mudah untuk berpindah ke kompetitor Anda. Akan lebih gawat lagi kalau ternyata, kompetitor bisa memberikan layanan pelanggan lebih baik dari Anda. Pelanggan akan mencari kompetitor yang bisa memberikan layanan dan mendengarkan keluhan dan masukan mereka. 

Menghadirkan Customer Relationship Management, sebenarnya bukan semata-mata bertujuan untuk membangun hubungan yang baik dengan pelanggan. Penerapan CRM yang tepat juga dapat berkontribusi untuk meningkatkan penjualan yang berkesinambungan. Jika dihitung lebih cermat lagi, maka keberadaan CRM akan banyak membantu Anda untuk menyediakan segala informasi yang Anda butuhkan, terkait dengan pelanggan, Mulai dari kebutuhan dan keinginan mereka, dan keuntungan yang akan Anda dapatkan jika Anda mampu memenuhinya. 

Tujuan CRM 

Tujuan dari penggunaan sistem informasi berbasis CRM ada beberapa. Berikut adalah diantaranya: 

– Untuk meningkatkan keuntungan bagi sebuah brand atau perusahaan, melalui terjalinnya hubungan yang baik antara perusahaan dengan pelanggan. 

– Menyediakan informasi yang lengkap mengenai data pelanggan untuk memaksimalkan hubungan antara pihak brand dan pelanggan penjualan secara up selling dan cross selling. 

– Menggunakan informasi yang telah terintegrasi, sehingga menghasilkan sistem pelayanan yang memuaskan. 

– Menghasilkan konsistensi dalam sebuah pembuatan prosedur penyaluran jawaban kepada pelanggan. 

Manfaat CRM Dalam Bisnis

Dengan adanya aplikasi CRM, tentu dapat membantu pelaku bisnis untuk menangani semua keluhan pelanggan dengan cepat dan baik. Berikut ini adalah beragam manfaat penggunaan CRM yang bisa Anda dapatkan: 

1. Dapat Meningkatkan Loyalitas Pelanggan 

Manfaat CRM pertama yang akan Anda dapatkan adalah meningkatkan loyalitas pelanggan. Dengan semua informasi mengenai pelanggan yang nantinya dikumpulkan dengan media apapun, brand bisa lebih konsisten untuk berhubungan dengan pelanggan. 

Media yang dapat Anda gunakan untuk mengumpulkan informasi yang berkaitan dengan pelanggan ada banyak. Mulai dari dengan SMS, email, panggilan telepon, hingga website dan sosial media. 

Dengan data dan informasi tersebut, Anda bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan dan solusi atas masalah yang dihadapi pelanggan. Bahkan, Anda bisa memberikan perhatian di momen-momen istimewa, seperti di hari ulang tahun mereka, misalnya. Perhatian yang Anda berikan dapat meningkatkan kesetiaan pelanggan terhadap produk Anda. 

Data yang Anda kumpulkan juga bisa menjadi bekal bagi perusahaan untuk meningkatkan kualitas layanan menjadi lebih baik lagi. 

2. Penggunaan Anggaran yang Lebih Efisien

Dengan adanya penerapan CRM dalam bisnis, tentu Anda juga bisa mengurangi biaya pemasaran. Dengan kata lain, efisiensi. Mengapa bisa demikian? Karena, setiap produk yang Anda keluarkan tentu sudah menemukan pasarnya masing-masing. Oleh karena itu, Anda tidak perlu lagi melakukan survei, guna menentukan pasar mana yang akan dimasuki. 

Penggunaan CRM dalam menjalankan bisnis juga bisa sangat membantu meningkatkan pelayanan kepada pelanggan. Sekaligus, Anda tetap bisa melakukan efisiensi anggaran dana perusahaan, agar tidak terbuang percuma untuk layanan pelanggan yang tidak tepat sasaran. Lakukan skema CRM yang sistematis dalam menargetkan pelayanan yang perlu diberikan kepada pelanggan, di saat yang tepat. Dan juga memang dibutuhkan oleh pelanggan yang bersangkutan. Hal ini dapat memberikan dampak yang bagus pada peningkatkan penjualan. 

Baca Juga : Tips Memperkuat Keamanan WordPress Security Login

3. Kegiatan Operasional Semakin Efektif

Hadirnya aplikasi CRM akan memberikan banyak kemudahan, terutama untuk mengatasi keluhan dari para pelanggan. Anda tidak perlu lagi mengeluarkan anggaran administratif hingga birokrasi yang mungkin saja muncul ketika keluhan tersebut tidak teratasi. 

4. Lebih Dekat Dengan Pasar 

Selain mendapatkan data pelanggan, untuk menentukan strategi marketing, Anda juga harus mendapatkan data pasar. Data pasar bisa Anda jadikan patokan dalam menentukan strategi bisnis Anda selanjutnya. Sehingga, setiap produk yang Anda rilis ke pasar menjadi lebih tepat sasaran. 

Penutup 

Ada banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan bila menggunakan CRM. Mengingat manfaat CRM, apakah Anda akan segera menggunakannya? 

Mau punya website yang aman, cepat, dan andal? Ayo tunggu apalagi, buat websitemu hanya di Unlimited.ID, hosting murah unlimited Indonesia. 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *