Sangat penting untuk belajar mengenal domain dan tingkatannya. Dengan belajar mengenal domain itu sendiri maka anda akan tahu bagaimana sebenarnya proses dari pembuatan dan perkembangan domain itu sendiri. Sebagaimana diketahui bahwa domain adalah tempat untuk menampung data yang ada di dalam website itu sendiri. Dari sini dibutuhkan sebuah SEO dan juga berbagai fitur tambahan lainnya yang akan membuat situs tersebut mampu bersaing di mesin pencari dengan mudah. Semuanya itu tentu saja akan memberikan dampak signifikan yang ada didalamnya. Domain itu sendiri sebenarnya merupakan sesuatu yang signifikan dan akan bisa memberikan anda lebih banyak manfaat yang pasti anda butuhkan didalamnya.

Apa Itu Domain

Mengenal domain dan tingkatannya bisa dimulai dari tahu terlebih dahulu apa itu domain. Pengertian dari domain adalah sebuah nama atau alamat yang nantinya akan dipakai untuk mengenali suatu server atau web server maupun mail server yang nantinya akan digunakan untuk beroperasi di mesin pencari yang ada didalamnya. Sejumlah alamat server yamg sering digunakan untuk banyak mencari informasi tentang web-web lain yang ada di dunia adalah Google.com. Kemudian ada juga social media yang juga memiliki peran dan fungsi yang sama, yakni Facebook.com, Twitter.com, serta yang namanya DailySocial.id. Dalam hal ini anda akan mengenal nama-nama tersebut yang sudah tak asing lagi.

Yuk Mengenal Domain Dan Tingkatannya

unlimited.id

Tapi tahukah anda bahwa sebenarnya nama-nama tersebut tidak seperti itu begitu saja. Mereka sebetulnya adalah deretan angka IP cukup rumit yang ada didalamnya. Dengan adanya angka tersebut sudah pasti anda sendiri yang akan bisa mendapatkan semua yang anda butuhkan didalamnya. Domain itu sendiri juga memiliki kaitan yang erat dengan hosting atau server yang ada didalamnya. Pertanyaanya adalah kenapa keduanya saling terkait satu sama lain? Hal ini jelas dikarenakan hosting tersebut akan mampu memberikan lebih banyak kemudahan didalam pengguna untuk bisa melancarkan aksinya dalam membuat website itu sendiri.

Bisa pula diilustrasikan misalnya anda berkunjung ke sebuah swalayan. Di tempata perbelanjaan tersebut hosting atau server nantinya akan berfungsi sebagai sebuah bangunan fisik yang mana akan menyimpan berbagai barang yang terdapat dalam konteks server itu sendiri. Bisa menyimpan berbagai berkas pula berupa video, foto, teks dan lain sebagainya. Yang mana semuanya itu akan diunggah untuk keperluan website yang ada didalamnya. Artinya bisa dikatakan bahwa domain tersebut adalah sesuatu yang dibutuhkan oleh hosting/server untuk bisa dibuka sebagai alamat situs dengan nama spesifik.

Tingkatan Domain

Top Level Domain

Lalu mengenal domain dan tingkatannya dilanjutkan dengan tingkatan domain itu sendiri. Memang tak lengkap belajar tentang mengenal domain dan tingkatannya jika tidak tahu level dari domain itu sendiri. Yang pertama adalah dimulai dari Top Level Domain. Dalam hal ini Top Level Domain adalah deretan nama domain yang memiliki kata belakang didalamnya. Misalnya adalah .com, .net, .info, dan lain sebagainya. Itu pun nnatinya juga akan dibagi menjadi dua lagi, yakni Top Level Domain tipe Global dan Top Level Domain tipe Country Code. Country Code memiliki arti sebagai kode negara. Dari sini anda bisa melihat kode negara itu sendiri, yakni co.id, net.id, or.id, dan lain sebagainya yang pasti anda sudah tidak asing lagi didalamnya.

Second Level Domain

Mari berlanjut ke mengenal domain dan tingkatannya tahapan berikutnya, yakni tingkatan domain Second Level. Dari sini TLD memiliki perbedaan yang signifikan dengan SLD. Domain yang satu ini jika anda berniat untuk membelinya maka anda bisa mencoba saja membelinya, tapi tentu saja harus dilakukan registrasi terlebih dahulu. Biasanya ada biaya yang harus anda keluarkan untuk bisa mendapatkannya. Selain itu, web semacam ini juga wajib dilakukan pembaharuan setidaknya dalam tingkat setahun sekali yang ada didalamnya.

Third Level Domain

Yuk Mengenal Domain Dan Tingkatannya

unlimited.id

Mengenal domain dan tingkatannya di level tiga selanjutnya adalah sub domain. Ini adalah sebuah domain yang pastinya anda bisa membuatnya sendiri tanpa harus mendaftarkannya terlebih dahulu. Jenis domain yang satu ini memiliki nama yang pastinya sudah cukup dikenal oleh banyak orang. Sudah pasti dengan adanya nama domain tersebut, anda akan mampu memperoleh semua yang anda butuhkan didalamnya dengan lebih mudah dan tepat itu sendiri. Misalnya adalah yang berbasis blog dan lain sebagainya. Anda pasti cukup familiar dengan hal ini karena begitu banyak tipe domain yang bisa anda lihat dalam opsi yang satu ini pastinya.

Sejarah Mengenai Perkembangan Domain

Mengenal domain dan tingkatannya juga erat kaitannya dengan sejarah dan perkembangan dari domain itu sendiri. Sebagaimana yang diketahui bahwa domain yang tercatat pertama kali di dunia adalah symbolics.com yang didaftarkan pertama kali pada tahun 1985. Domain yang satu ini didaftarkan oleh salah satu pabrikan komputer yang berada di Massachusetts. Dalam tahun tersebut baru hanya ada 6 nama domain yang terdaftar di dunia. Hal ini jelas dikarenakan pada masa itu internet masih belum semudah diakses seperti masa sekarang ini.

Lalu 10 tahun kemudian, National Sciece Foundation mewajibkan kepada siapapun yang memiliki domain unuk membayar dana secara signifikan. Dalam masa kontrak 2 tahun, pihak pemilik domain wajib untuk membayar dengan nilai sebesar 100 Dolar saat itu. Kemudian pada era 1990-an, nama domain ini mulai semakin banyak dan diatur oleh pemerintahan Amerika Serikat. Mereka kemudian memberlakukan DNS sebagai cikap bakal mengenal domain dan tingkatannya ini. Awalnya ini diprotes oleh banyak orang pada masa itu.

Baca Juga: Mengembalikan Custom Domain Blogspot ke Alamat Asal .BLOGSPOT.COM

Yuk Mengenal Domain Dan Tingkatannya

unlimited.id

Kemudian pada tahun 2000-an, kepemilikan nama domain sudah tak lagi didominasi hanya untuk nama institusi pemerintahan atau perusahaan saja. Pada akhirnya kebebasan pun datang. Semua orang yang mau membuat dan membuka website dipersilahkan untuk membuatnyaa secara langsung. Akhirnya berbagai perorangan dari seluruh dunia pun mulai melirik hal ini. Mereka kemudian ingin memperkenalkan eksistensi yang dimiliki dengan cara membuat domain baru yang didaftarkan didalamnya. Tak heran jika sampai saat ini banyak nama domain yang sudah terdaftar di seluruh dunia berkat adanya revolusi ini.

Kesimpulan

Mengenal domain dan tingkatannya serta sejarah dibali itu semua ternyata cukup menarik, bukan? Karena itu sangatlah tepat jika anda mencoba untuk membeli domain baru sekarang juga dan melihat euphoria dari domain itu sendiri. Seiring dengan berjalannya waktu dan perkembangan zaman memang jumlah orang yang menggunakan domain itu sendiri lambat laun semakin banyak yang ada didalamnya. Jadi anda pun juga akan bisa mendapatkan semuanya dengan mudah. Ada berbagai rujukan tempat yang bisaa anda gunakan, yakni Namecheap, GoDaddy, Name, dan lain sebagainya. Silahkan anda mengenal domain dan tingkatannya terlebih dahulu dan kemudian menggunakannya sesuai kebutuhan anda. Apakah anda akan menggunakannya untuk promosi dan lain sebagainya, semua terserah anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *