Sejak awal kemunculannya, website menjelma menjadi platform yang luar biasa. Ia bisa di mana-mana, di seluruh perangkat dan sistem operasi. Aspek keamanannya pun berada sepenuhnya di tangan pengguna, dan semua orang bebas untuk mengembangannya. Dan salah satu kunci sukses sebuah website adalah kecepatan. Dan salah satu yang membuat website jadi lebih cepat adalah PWA atau progressive web app.

Membangun PWA memiliki manfaat yang sangat luar biasa untuk website Anda. Manfaatnya antara lain website Anda dapat diinstal pada perangkat mobile dan dapat dijalankan secara offline. Disamping itu, salah satu komponen PWA, yaitu ServiceWorker dapat membantu meringankan proses loading sampai dengan 84% pada website.

Dengan berbagai manfaat yang dimilikinya, maka Anda harus tau apa itu progressive web app.

Pengertian Progresive web app

Progressive Web App

Progresive web app adalah sebuah aplikasi perangkat lunak yang dijalankan via website. Ia dibangun dengan kombinasi teknologi website umum yang meliputi HTML, CSS, dan Javascript. Penggunaan beberapa teknologi ini tak lain agar dapat bekerja dengan baik di berbagai platform, pada browser standar yang banyak dipakai.

Selain menawarkan fleksibilitas, PWA juga menawarkan fungsionalitas lebih pada aspek aksesbilitas sebuah website. Misalnya, kemampuannya untuk bekerja secara offline, aktivasi push notification, hingga memungkinkan menciptakan pengalaman pengguna yang mirip dengan aplikasi pada desktop dan perangkat seluler.

Kehadiran PWA adalah jawaban dari pertanyaan mengapa aplikasi website yang ada di perangkat genggam. Tak hanya lambat, kekurangan lain saat mengakses website dari perangkat mobile adalah lebih lambat dan memiliki sedikit fitur. Para pemakai ponsel jaman dulu lebih suka mengakses website dari perangkat desktop. Jelas, karena pengalaman yang diberikan memang berbeda.

Tetapi berkat kehadiran PWA, mengakses website dari perangkat mobile kini menjadi lebih cepat dan menyediakan fitur yang hampir sama banyaknya dengan tampilan website asli yang biasa Anda temui di desktop. Portabilitas lintas platform juga menjadi alasan mengapa teknologi ini menjadi salah satu penemuan terbaik di dunia website.

Tiga pilar progressive web app

PWA memiliki desain yang menawarkan kapabilitas, reliabilitas, dan mudah diinstal. Ketiga pilar progressive web app ini memberikan pengalaman layaknya menggukan aplikasi native. Berikut penjelasan dari ketiga pilar porgresive web app:

Kapabilitas

Teknologi website saat ini memiliki kemampuan yang sangat mumpuni. Anda, misalnya dapat membuat aplikasi obrolan video menggunakan WebRTC, geolocation, dan push notification. Anda dapat membuat aplikasi yang dapat diinstal dan membuat percakapan virtual dengan WebGL dan WebVR.

Diperkenalkannya web assembly, pengembang dapat menggunakan ekosistem lain, seperti C, C++, dan Rust. Antara API modern, web assembly, dan API baru yang akan datang, menjadikan kemampuan website akan semakin berkembang.

Reliabilitas

Pilar kedua adalah reliabilitas. Progressive reliabilitas app dapat meningkatkan kecepatan, walaupun pasti masih tergantung pada jaringan yang ada. Hal ini sesuai dengan keingingan pengguna yang menginginkan aplikasi dapat memulai pada saat koneksi sedang lambat, bahkan saat sedang offline.

Pengunjung mengharapkan konten terbaru yang berinteraksi dengan website. Ketika request ini tidak memungkinkan, mereka mengharapkan untuk diberi tahu bahwa ada masalah, alih-alih berhenti tanpa sebab.

Installable

Aplikasi PWA dapat berjalan secara mandiri, bukan di tab browser. Mereka diluncurkan pada layar beranda, taskbar, dan lain sebagainya. Mungkin untuk mencari mereka di perangkat dan melompat diantara mereka dengan switcher aplikasi, membuat mereka merasa seperti bagian dari perangkat tempat mereka diinstal.

Karakteristik PWA

Progressive Web App

Sebagai sebuah aplikasi multi platform, PWA memiliki beberapa karakteristik unik. Berikut ini adalah karakter yang dimiliki progressive web app.

  • Progressive

Sesuai dengan definisinya, progressive web app harus dapat bekerja pada semua device dan secara progressive. Juga mengambil berbagai keuntungan dari fitur yang tersedia pada device dan browser.

  • Discoverable

Karena inti dari progressive web app adalah website, aplikasi tersebut harus dapat ditemukan di mesin pencari. Ini adalah keunggulan utama jika dibandingkan dengan aplikasi native, yang masih tertinggal teknologinya.

  • Linkable

Karakteristik lain yang dimiliki oleh website, situs website yang dirancang dengan baik harus menggunakan URI untuk menunjukkan keadaan aplikasi saat ini. Ini dapat memungkinkan aplikasi web untuk mempertahankan atau memuat kembali kondisinya ketika pengguna memberikan bookmark atau berbagi URL aplikasi.

  • Responsif

Progressive Web App

Dengan menggunakan PWA, website memiliki tampilan antarmuka yang progresif. Dan dapat dengan cepat menyesuaikan dengan bentuk layar.

  • App-like

Karakter dari progressive web app selanjutnya adalah kemampuannya untuk menyerupai native app di beberapa sisi. Seperti pada saat pembangunan aplikasi, dengan page refresh yang sangat minimal.

  • Connectivity independent

Karakter ini menjadi favorit bagi banyak pengembang, karena hanya membutuhkan sedikit konektivitas, bahkan bisa offline.

  • Re-engageable

Pengguna aplikasi mobile sangat cenderung menyukai dan akan menggunakan aplikasi yang mereka sukai secara berulang. Dan progressive web app dimaksudkan untuk mencapai tujuan yang sama melalui fitur push notification.

  • Installable

Dengan adanya progressive web app, memungkinkan pengguna untuk menempatkan halaman website di home screen perangkatnya. Tentu saja ini dapat meningkatkan readability dari konten yang Anda miliki. Pengguna bisa kapan saja mengakses website Anda dengan mudah, dari layar beranda mereka.

  • Fresh

Ketika konten baru terpublish dan pengguna terkoneksi ke internet, konten tersebut akan tersedia untuk segera dibaca.

  • Safe

Karena progressive web app memiliki pengalaman pengguna yang lebih dekat, dan semua permintaan jaringan dapat dicegat melalui service workers. Sangat penting bahwa aplikasi di host di atas HTTPS untuk mencegah serangan, katakanlah DDos attack.

Platform yang pernah mendukung progressive web app

Sejak awal kemunculannya, progressive web app selalu mengalami pengembangan, tetapi baru Google yang mengumumkannya. Ini bisa terlihat ketika koneksi Anda sedang jelek, Anda masih dapat melihat website dengan versi halaman lite.

Microsoft lain lagi. Lewat update Windows 10 terbaru memungkinkan dukungan untuk progressive web app. Bahkan untuk memudahkan instalasi, Microsoft menyediakan aplikasi mereka sendiri di web store.

Sedangkan untuk Google Chrome, PWA telah menggantikan platform Chrome Apps yang telah dihentikan. PWA di Chrome bisa dinikmati pertama kali di versi desktopnya. Pun demikian dengan di perangkat Android, Chrome juga sudah tersedia.

Kesimpulan

Jika Anda memiliki website toko online yang ingin memberikan pengalaman kepada user dan calon pelanggan, menerapkan PWA berkontribusi untuk meningkatkan konversi. Dengan semua manfaat yang dimilikinya, memasang PWA bisa jadi solusi. Aplikasikan PWA pada website Anda, dengan membuat website di Unlimited.ID.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *