Softaculous. siapa yang kenal dengan app installer yang satu ini. Untuk mereka yang telah lama berkecimpung di dunia website, domain, dan hosting, Softaculous adalah sebuah app yang sangat memudahkan. Softaculous,maka tak heran, banyak orang akrab dan telah mengenal Softaculous.

Mengenal Softaculous

Mengenal Softaculous

Softaculous adalah sebuah app yang sangat memudahkan. Softaculous adalah sebuah auto installer yang ada di dalam panel hosting. Web app ini berfungsi untuk mempermudah pengguna melakukan banyak hal dengan websitenya. Seperti menginstal CMS (Content Management System), konfigurasi PHP, dan lain sebagainya.

Aplikasi Softaculous biasanya juga digunakan untuk membuat tabel dalam database, menginstal softaware, dan memodifikasi konfigurasi file web server. Script Softaculous juga dapat diakses dari admin panel kontrol website. Tools yang didukung antara lain cPanel, Plesk, dan DirectAdmin.

Dengan menggunakan Softaculous, pengguna dapat melakukan instalasi web app secara otomatis, tanpa harus repot-repot melakukan coding. Contohnya saat Anda menginstal WordPress. Akan lebih mudah menggunakan Softaculous daripada cara manual. Cara manual mengharuskan Anda untuk membuat database, dan mengatur konfigurasi web server. Hal berbeda akan Anda rasakan saat menggunakan Softaculous.

Yang perlu Anda lakukan hanyalah beberapa kali klik saja pada web app yang Anda inginkan. Jadi, denna Softaculous, pekerjaan Anda untuk membuat website, blog, forum, hinge toko online akan lebih mudah dan praktis.

Apa saja sih yang dimiliki oleh Softaculous, sehingga membuatnya amat populer? Softaculous memiliki lebih dari 450 script, 11 ribu class PHP, user interface yang mudah dipahami, dan masih banyak keunggulan lainnya. Tak Heran, Softaculous banyak disarankan oleh para penyedia domain dan hosting di seluruh dunia.

Manfaat Softaculous

Dengan berbagai kepopulerannya, tentu akan terbersit pertanyaan: Apa manfaat yang dimiliki oleh Softaculous sehingga banyak orang menggunakannya?

Untuk menjawab pertanyaan Sobat Unlimited semua, berikut ini adalah manfaat Softaculous:

  • Memudahkan pembuatan website

Manfaat pertama dari penggunaan Softaculous adalah memudahkan pembuatan website. Mengapa? Karena Anda tidak perlu mendownload file zip, membuat database, dan mengupload file website. Semuanya akan berjalan secara otomatis.

  • Meningkatkan Efisiensi

Dengan menggunakan Softaculous, biaya yang Anda keluarkan akan cenderung lebih rendah dari pengembangan website yang biasanya. Karena, semua yang Anda butuhkan telah ada di Softaculous. Mau apa? CMS? PHP? Semuanya ada di Softaculous App Installer. Semua bisa Anda dapatkan hanya dengan beberapa kali klik, dalam hitungan menit.

  • Praktis

Bayangkan apa yang terjadi jika tidak ada web app seperti Softaculous. Upaya Anda untuk membuat website akan lebih banyak memakan waktu. Misalnya saat Anda melakukan pemasaran script. Karena, Anda harus melakukan konfigurasi dan upload secara manual. Softaculous akan memudahkan Anda karena hanya dengan sekali klik saja, aplikasi sudah terinstal.

Keunggulan Softaculous

Mengenal Softaculous

Softaculous memiliki beberapa keunggulan yang tidak dimiliki oleh aplikasi auto installer lainnya. Apa saja keunggulan yang dimiliki oleh Softaculous? Ini dia penjelasannya untuk Anda.

1. Banyaknya Jenis Pilihan Aplikasi

Softaculous memiliki banyak jenis aplikasi yang bisa Anda gunakan. Misalnya, jika Anda ingin membuat blog, Anda bisa menggunakan WordPress, Serendipity, Open Blog, dan lain sebagainya. Kemudian jika ingin membuat web portal, Anda bisa menggunakan CMS keren lain seperti Joomla, Drupal, dan Mambo.

Atau Anda suka mengulik framework? Ada Laravel, CodeIgniter, Yii, Bootstrap, dan lainnya yang bisa Anda gunakan.

2. Pilihan Bahasa yang Banyak

Softaculous juga memiliki pilihan berbagai bahasa. Jadi, jika Anda merasa kurang cakap menggunakan Bahasa Inggris, Anda bisa memilih bahasa mana yang memang familiar dengan Anda.

3. Fitur Pencarian yang Mudah Digunakan

Salah satu keunggulan yang juga dimiliki oleh Softaculous adalah kotak pencariannya. Softaculous memiliki kotak pencarian yang akan mempermudah Anda dalam mencari web app atau CMS yang ingin Anda gunakan.

4. Real Time Update

Salah satu keunggulan Softaculous adalah selalu memberikan aplikasi terupdate untuk penggunanya. Dari update minor seperti patch atau update keamanan. Anda bisa melakukan hal-hal ini menggunakan cron atau langsung dari halaman admin Softaculous.

5. Integrasi Panel Kontrol yang Lebih Mudah

Tak bisa dipungkiri, kehadiran Softacuolous dapat mempermudah integrasi ke kontrol panel hosting. Karena di Softaculous terdapat berbagai panel kontrol yang bisa dijadikan pilihan. Kontrol panel yang ada di Softaculous antara lain cPanel, Plesk, H-sphere, ISPmanager, DirectAdmin, InterWorx, CentOS Web Panel, ISPconfig, dan Hosting Controller.

Baca Juga: Cara Instal CMS Drupal di Softaculous

6. Auto Install Aplikasi

Menggunakan Softaculous, Anda bisa melakukan instalasi otomatis dari beberap script menggunakan WHMCS.

7. Fitur Auto Backup dan Auto Update

Bisa dibilang, inilah salah satu penyebab mengapa Softaculous disebut sebagai web app serba bisa. Softaculous memiliki fitur auto backup dan auto update. Dengan demikian, hal ini dapat melakukan backup ataupun upgrade hanya dengan sekali klik.

8. Support HTTPS

Softaculous juga memberikan dukungan untuk HTTPS. Saat melakukan instalasi aplikasi atau CMS langsung pada domain yang memiliki protokol jenis HTTPS. Anda harus selalu menggunakan protokol HTTPS agar proses transfer data menjadi lebih aman.

9. Fitur Review dan Rating dari User

Aplikasi Softaculous memiliki fitur rating, review, dan demo aplikasi. Jadi, sebelum Anda menginstal web app yang diinginkan, Anda bisa melihat review dan rating dari pengguna lain sebelumnya. Atau, jika merasa review dan rating belum memuaskan Anda, Anda bisa menggunakan fitur demo untuk menjajal sebuah web app sebelum memutuskan untuk menginstalnya.

10. Digunakan Oleh Banyak Web Hosting

Karena memiliki banyak fitur yang dapat memudahkan pengguna, tak heran banyak sekali penyedia hosting terbaik di dunia yang menyarankan pelanggannya untuk menggunakan Softaculous. Softaculous dapat mempermudah pengguna, khususnya pengguna pemula dalam membuat website secara instan.

Ragam Web App di Softaculous

Mengenal Softaculous

Softaculous didesain untuk memberikan kemudahan untuk semua penggunanya. Terdapat ratusan web app yang siap Anda instal hanya dengan sekali klik.

Blog misalnya. Anda bisa menggunakan WordPress, Open Blog, Serendipity, eggBlog, dan lain sebagainya. Lalu ada Joomla, Drupal, MODX, CMS Made Simple, Mambo.

Belum lagi aplikasi mail. Ada Roundcube, phplist, WebMail Lite, hingga SquirelMail. Untuk Ana yang tertarik membuat website ecommerce, ada CubeCart, WooCommerce, dan yang lainnya.

Database? Ada MySQL, phpMyAdmin. Laravel juga komplit tersedia di Softaculous. Ada Laravel, Boostrap, yii, Kohana, dan lain sebagainya.

Kesimpulan

Dengan berbagai keunggulan yang dimilikinya, penting bagi Anda untuk mengenal Softaculous lebih dalam. Semoga artikel ini dapa membantu anda mengenal Softaculous dengan berbagai kelebihan yang dimilikinya.

Ingin punya web hosting ngebut dan uptime bagus? Tunggu apalagi, langganan hosting murah Unlimited sekarang juga!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *