Software FileZilla adalah solusi terbaik bagi anda yang ingin memindahkan data file akun web hosting dengan mudah. Disini anda bisa memindahkan data yang ada di web hosting meskipun ukurannya terlampau besar. Dengan adanya software FileZilla ini maka anda pun akan bisa memindahkan file tersebut dengan mudah, cepat dan nyaman. Satu hal yang menarik software ini bisa digunakan secara gratis. Jadi anda tidak perlu membayar jika ingin menggunakannya. Banyak sekali para pemilik web yang menggunakan software FileZilla untuk proses pemindahan data yang lebih efisien.

Salah satu masalah yang maih sering ditemukan para pemilik web adalah banyaknya layanan hosting yang menyediakan storage atau bandwidth terlalu sedikit. Karena batasan tersebutlah pemilik website tidak bisa dengan mudah mengembangkan website yang dimiliki. Mereka jadi kesulitan dalam menguload file script atau PHP dengan ukuran yang lebih besar. Adanya FileZilla menjadi sebuah penyelamat terbaik yang akan meringankan tugas dari pengembang website itu sendiri. Selain itu, cara menggunakan software ini juga terbilang cukup mudah. Hanya dengan mengikuti step-step yang dijelaskan dibawah ini, anda akan bisa memindahkan file apapun yang ada didalam website dengan seketika.

 

Cara Menggunakan Software FileZilla Dengan Mudah

unlimited.id

Anda juga harus tau bahwa software FileZilla ini juga banyak dipakai dari berbagai kalangan, mulai dari yang newbie sampai mereka yang sudah professional. Kelebihan yang ada didalamnya yakni memiliki kemampuan teknis yang bagus. Selain itu, software ini juga bisa dipakai oleh pengguna yang PC atau laptopnya menggunakan sistem operasi Windows, Mac OS X, Linux, BSD dan lain sebagainya. Selain itu, anda juga melakukan konfigurasi pada software ini dengan berbagai pilihan bahasa yang tersedia. Soal fitur yang diberikan juga tak perlu khawatir karena ada Transfer Queues, Site Managers, Bookmarks, dan lain sebagainya.

Panduan Memakai Software FileZilla

Pertama, Lakukan Instalasi

Pertama, Software FileZilla harus anda miliki terlebih dahulu. Silahkan berkunjung ke situs resmi dari FileZilla guna memperoleh software terupdate saat ini. Pastikan anda mendownload-nya sesuai dengan tipe OS yang anda gunakan. Jika anda adalah pengguna Windows, maka pilih software dengan spesifikasi Windows. Kalau anda pengguna Mac, maka pilih yang berbasis Mac. Setelah file ini anda download maka anda bisa masuk ke tahap selanjutnya yakni melakukan instalasi. Disinilah anda tinggal membuka saja file hasil download dari software tersebut. Kemudian pilih opsi Agree untuk masuk ke tahap selanjutnya. Setelah anda melakukannya maka proses penginstalan akan bisa berjalan dengan otomatis.

Kedua, Setting Informasi FTP

Langkah kedua yang harus anda lakukan yakni setting informasi FTP terlebih dahulu. Anda bisa masuk ke akun hosting cPanel anda guna bisa mengaksesnya lebih lanjut. Setelah anda masuk pada menu cPanel, anda tinggal pilih saja Files, kemudian opsi FTP Access. Dari sinilah anda harus mengisi sejumlah data yang diperlukan, antara lain FTP Username dan Password. Kemudian jangan lupa memasukan FTP Hostname anda. Kalau perlu, anda juga harus memasukan informasi mengenai FTP Port yang digunakan. Anda juga bisa melakukan pergantian password akun dengan memilih menu Change Account Password yang tersedia.

 

Cara Menggunakan Software FileZilla Dengan Mudah

unlimited.id

Ketiga, Akses Site Manager di FileZilla

Kini anda hanya perlu menambahkan website pada software FileZilla tersebut. Caranya cukup sederhana yakni buka FileZilla yang sudah anda siapkan sebelumnya. Kemudian pilih akses menuju Site Manager. Apabila anda adalah pengguna Mac, maka anda bisa menekan tombol CMD + S. Anda akan langsung masuk di halaman utama FileZilla. Kemudian, disini yang harus anda lakukan adalah menekan icon yang berada di bagian kiri atas lalu pilih Site Manager. Setelah itu anda hanya tinggal pilih tombol New Site untuk menambahkan website yang anda butuhkan.

Keempat, Isi Semua Informasi Yang Dibutuhkan

Selanjutnya, anda hanya tinggal mengisi semua informasi yang dibutuhkan. Untuk bagian host, anda bisa bertanya langsung ke penyeda jasa hosting domain yang anda gunakan. Kalau anda bingung, anda bisa langsung isi saja dengan nama domain anda sebagai hostnya. Untuk bagian port, anda bisa mengisi sesuai data yang ada di server FTP. Namun untuk setting defaultnya biasanya adalah 21. Untuk bagian protocol, anda harus mengisi dua bagian yang penting, yakni SFTP dan FTP. Disini anda bisa mengisi sendiri atau memilih angka default yang sudah tersedia.

Anda juga bisa memilih penggunaan data yang dienkripsi untuk meningkatkan keamanan. Anda juga bisa menggunakan settingan default-nya yakni Only User Plan FTP (Insecure). Anda bisa menghubungi juga penyedia jasa hosting yang digunakan untuk mendapatkan bantuan melakukan setting ini. Bagaimana tipe Login yang anda inginkan? Ada banyak pilihan yang bisa anda gunakan disini mulai dari mode anonymous, normal, interactive, account, ask for password, dan lain sebagainya. Anda bisa memilih anonymous jika ingin masuk tanpa memasukan username dan password. Anda juga bisa masuk dengan cara normal yang lebih aman.

Kelima, Hubungkan ke Server FTP

Jika semua informasi yang dibutuhkan diatas sudah anda isi semua, maka tinggal masuk saja ke tahap selanjutnya, yakni memilih tombol Connect atau OK. Setelah itu, anda akan bisa langsung terhubung dengan server. Tapi satu hal yang harus anda cek ulang adalah password yang anda isi dan semua informasi yang anda masukan didalamnya apakah sudah benar.

Sekali lagi, cek pula tipe enkripsi yang anda gunakan. Hal ini berperan penting untuk keamanan server atau domain anda. Apabila anda sudah melakukan langkah diatas, lalu muncul notifikasi 530 Login Authentication Failed, maka itu artinya ada kesalahan pada bagian password dan username yang ada di FTP. Solusinya adalah dengan melakukan konfigurasi ulang dengan mengedepankan value yang baru.

Baca Juga: Mendapatkan EPP Code Domain dari Client Area Unlimited.ID

Apabila anda berhasil melakukannya dengan benar, maka software FileZilla yang anda gunakan akan memunculkan pesan notifikasi Connection Established. Kemudian software FileZilla memunculkan notifikasi tambahan berupa Initializing TLS, dan lain-lain. Tapi jika tak segera terhubung, anda bisa mengecek pada bagian File à Site Manager. Kemudian pilih untuk mengubah enkripsinya menjadi Only Use Plain FTP (Insecure), seperti yang dijelaskan pada tahap pemasangan enkripsi diatas.

Software FileZilla Sudah Sukses Terhubung Dengan Server

Cara Menggunakan Software FileZilla Dengan Mudah

unlimited.id

Itulah tahapan yang bisa anda teapkan untuk menghubungkan software FileZilla dengan server yang tersedia. Disini anda bisa mengelola semua file yang anda butuhkan dengan memakai software FileZilla. Apabila anda masih bingung dengan cara penggunaanya yang optimal, silahkan hubungi jasa hosting domain yang anda gunakan. Yang pasti, software ini akan sangat membantu sekali bagi anda yang ingin melakukan pengunduhan, upload, dan mengelola berbagai file yang tersedia pada satu tempat yang ada didalamnya. Semua itu akan memudahkan anda untuk mengembangkan website yang dimiliki menjadi lebih baik dan optimal dibandingkan dengan sebelumnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *