Bila Anda ingin mempelajari SEO, ada beberapa hal dasar yang harus Anda pahami. Salah satu istilah tersebut adalah meta tags. Biasanya, meta tags akan ditemui ketika Anda sedang melakukan optimasi on page SEO. Meta tags merupakan jalan terbaik bagi para pemilik website untuk menyediakan informasi di dalam website, yang berguna bagi mesin pencari. Tags ini sendiri bisa Sobat Unlimited temukan di bagian <head> pada halaman HTML website Anda. 

Perlu Sobat Ketahui bahwa penggunaan meta tag dapat membantu sebuah website dapat terlihat di mesin pencarian. Meta tag adalah alat bantu yang ditempatkan pada website untuk menyaring kata kunci yang dituliskan oleh pengguna, sehingga muncul pada halaman pencarian. 

Walaupun secara penampakan tampak tidak terlihat, meta tag memiliki peran yang penting untuk sebuah website. Pada artikel kali ini, Kami ingin berbagi pada Sobat Unlimited tentang pentingnya penggunaan meta. Jadi, simak artikel ini sampai selesai, ya. 

Pengertian Meta Tags 

Sebelum membahas lebih jauh pentingnya tags yang satu ini, ada baiknya kita berkenalan terlebih dahulu dengannya. Meta tag adalah sebuah sebutan untuk kode yang disisipi dengan bahasa pemrograman HTML/XHTML. Tujuannya adalah untuk memberi informasi mengenai halaman website dan berfungsi untuk memberi keterangan sebuah website. 

Jenis dan Fungsi Meta Tags 

Meta tag sendiri terbagi menjadi lima jenis yang setiap jenisnya memiliki fungsi yang berbeda-beda. Berikut kelima jenis  meta tag yang harus Anda ketahui: 

Title Tag 

Yang pertama adalah title tag. Title tag berfungsi memberi sebagian judul di halaman website. Ketika Anda klik, Anda akan diarahkan ke halaman website. Tag ini sangat berguna untuk memberi tahu pengguna, bahwa judul bisa diklik dan diakses. Title tag biasanya tidak ditulis terlalu panjang, berkisar antara dua hingga empat kata. 

Ada dua alasan mengapa title tag begitu penting, yaitu: 

  • Faktor peringkat. Sebagai salah satu faktor peringkat website Anda, title tag menentukan apakah halaman Anda dapat terlihat melalui kata kunci atau tidak. Dampak dari title bergantung pada isinya yang mengandung kata kunci atau tidak. Akan lebih banyak jika dimulai dengan kata kunci. 
  • Faktor konversi. Faktor ini merupakan rata-rata CTR (click through rate) dari halaman yang Anda miliki. Matriks ini dapat Anda peroleh jika menambahkan jumlah dari semua sumber. Seperti pencarian organik, media sosial, tab browser, messenger, dan lain sebagainya. Jika judul atau title tag yang buat terkesan membosankan, tidak relevan, dan terlalu panjang, semakin tinggi pula pengguna tidak akan mengkliknya. 

Description Tag (Deskripsi Meta) 

Deskripsi meta berisi deskripsi singkat atau ringkasan mengenai halaman website Anda. Meta deskripsi disusun dari beberapa kalimat hingga paragraf pendek, yang berisi konten halaman agar dikenal oleh Google atau mesin pencari. Karena berbentuk deskripsi yang agak panjang, tag ini adalah alat bantu yang bisa memberi informasi sedikit atau cuplikan konten dalam laman Google. 

Keyword Tag (Tag kata kunci) 

Kemudian ada keyword tag, atau tag kata kunci. Tag yang satu ini berisi informasi kata kunci sebuah website. Meta tag ini umumnya dipisahkan dengan menggunakan tanda koma. Meta tag yang satu ini memiliki fungsi yang unik, yang membuat Google tak lagi perlu membutuhkan keyword untuk dapat menjelajahi website Anda. Jika Anda memiliki website baru, maka meta tag harus diisi, agar artikel Anda dapat dideteksi oleh Google. 

Baca Juga : Cara Melihat Traffic Website Anda 

Robot Meta Tag 

Robot meta tag adalah tools support dalam bentuk bot dan berfungsi untuk menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan indexing mesin pencari. Jenis tag yang satu ini dapat dimanfaatkan untuk mengatur halaman tertentu sehingga tidak ditampilkan di mesin pencari. Robot meta tag sendiri memiliki 4 tolok ukur yang dapat digunakan, yaitu: 

  • Index : Menampilkan halaman di mesin pencari 
  • Follow : Mengikuti link yang ada di halaman 
  • Noindex : Tidak menampilkan halaman di mesin pencari
  • Nofollow : Tidak mengikuti link yang ada di halaman 

Penggunaan robot tag ini sangat dianjurkan pada sebuah website yang masih memiliki konten yang minim. 

Canonical Tag 

Sebenarnya, canonical tidak menggunakan tag, melainkan link sehingga sebenarnya tidak masuk ke dalam meta tag. Hanya saja, tetap memiliki peran untuk mesin pencari. Tag yang satu ini lebih berperan sebagai penentuan prioritas URL sebuah halaman website. 

Cara Menggunakan Meta Tag 

Setiap meta tag yang ada bisa Anda aplikasikan ke dalam website. Dan ini adalah cara-cara menggunakan meta tag yang tepat: 

  • Memberikan judul yang unik. Ini perlu dilakukan agar dapat menjelaskan konten yang di halaman. Buatlah penulisannya yang ringkas dan menarik. 
  • Gunakan 50 sampai 60 karakter untuk judul. Tujuannya agar tidak terpotong pada SERP. 
  • Masukkan kata kunci yang penting secara alami. Kata kunci organik ini umumnya ditulis pengunjung di mesin pencari, sesuai dengan topik website Anda. 
  • Maksimalkan brand website yang Anda miliki pada halaman judul. 
  • Buat meta deskripsi yang unik dan mewakili isi konten dengan jelas. 
  • Gunakan 150 – 160 karakter pada meta description. 
  • Masukkan kata kunci yang paling penting, dan jangan berlebihan ketika menggunakannya. 
  • Memberikan call to action pada judul. 

Seberapa Penting Meta Tag 

Meta tag adalah alat bantu yang tidak memberikan banyak pengaruh terhadap website Anda. Inilah yang disampaikan oleh Google. Tag yang satu ini adalah sebuah cara membantu website Anda memiliki kata kunci, bukan menjadikannya yang teratas di halaman hasil pencarian. 

Mengapa hal ini bisa terjadi? Karena tag yang Anda pakai belum tentu sama dengan kata kunci yang digunakan banyak orang. Sehingga, belum tentu membantu website Anda untuk terlihat di peringkat teratas hasil pencarian. Fungsi utama meta tag adalah membantu website Anda untuk lebih mudah terindeks oleh Google. Tentu saja, dalam hal ini SEO memiliki peran yang begitu penting. 

Penutup 

Salah satu cara mengoptimalkan peringkat hasil pencarian Anda adalah mengoptimasi meta tag. Hal inilah yang sangat penting untuk memberikan informasi isi konten lewat judul dan deskripsi konten Anda. Dengan menambahkan meta deskripsi yang menarik, pengguna akan tertarik untuk mengunjungi website Anda. 

Jika Anda menggunakan WordPress, Anda bisa menggunakan sejumlah plugin untuk menambahkan meta tag. Plugin-plugin seperti Yoast SEO bisa Anda gunakan. Menambahkan meta keyword adalah salah satu cara optimasi SEO on page yang bisa Anda lakukan. 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *