Bagi orang yang masih baru mengenal dunia website, pasti sering bertanya-tanya, apakah yang dimaksud cPanel? Pengertian cPanel adalah sebuah panel kontrol website berbasis Linux dengan pengguna yang sudah cukup banyak. Dengan panel kontrol yang satu ini, Anda dapat dengan mudah mengelola semua hal yang ada di website pada satu tempat saja.

cPanel memungkinkan Anda untuk mengelola akun web dan hosting secara lebih maksimal. Ini tak lepas dari sifat cPanel yang sangat intuitif dan mudah digunakan. Apa yang inginkan, semua dapat terakomodasi di cPanel. Membuat akun FTP dan alamat email baru, memantau resources, membuat subdomain, hingga menginstall software. Dapat dilakukan dengan cPanel.

Pengertian cPanel

pengertian cPanel

cPanel adalah suatu kontrol panel yang berfungsi untuk mengelola pengaturan domain, hosting dan website. cPanel memberikan tampilan grafis dan otomasi untuk memudahkan proses hosting di sebuah situs website. Panel kontrol yang satu ini dapat berjalan dengan mulus di banyak sistem operasi. Antara lain CentOS, Red Hat Linux, dan FreeBSD.

Baca Juga: Cara Install cPanel di VPS

Kelebihan yang dimiliki oleh cPanel

Dengan popularitas yang dimiliknya, sudah tentu cPanel memiliki kelebihan yang mungkin tidak ada pada panel kontrol lainnya. Berikut kelebihan cPanel yang harus Anda ketahui:

  • Mudah dipelajari
  • Mudah digunakan
  • Hemat waktu dan uag
  • Memiliki fitur auto installer
  • Dukungan komunitas yang besar

Kekurangan

Tak hanya tentang kelebihan, cPanel juga punya beberapa kekurangan yang membuat orang tidak nyaman dengannya. Apa saja kekurangan yang dimiliki cPanel? Ini dia jawabannya:

  • Fitur yang terlalu banyak hanya akan memperlambat performa cPanel.
  • Pengaturan penting bisa tiba-tiba berubah secara otomatis.
  • Banyaknya penyedia hosting menjalankan software yang tidak diupdate.
  • Relatif lebih mahal dan jarang dipasang di hosting gratis.

Apa saja Fungsi cPanel?

Pada dasarnya, cPanel ditujukan untuk mempermudah pengelolaan website, domain, dan hosting itu sendiri. Berikut ini adalah sedikit dari beragamnya fungsi yang ada di cPanel:

  • Memudahkan proses manajemen web hosting
  • Mempermudah pengguna ketika melakukan pengaturan terhadap website mereka.
  • Memudahkan pengelolaan email.
  • Mengatur pengelolaan domain, seperti pembuatan subdomain, addon domain, dan yang lainnya.
  • Melakukan pengaturan file.
  • Memudahkan pengaturan manajemen database.

Fitur yang dimiliki oleh cPanel

pengertian cPanel

Ada banyak hal yang bisa Anda lakukan di cPanel. Ini semua berkat kayanya fitur yang dimiliki oleh panel kontrol yang satu ini. Anda bisa melakukan pengelolaan apapun di sini. Muai dari mengelola file, mengelola database, email, domain, hingga aksi mengamankan hosting. Berikut ini adalah penjelasan lebih lengkap tentang fitur yang dimiliki oleh cPanel:

Pengelola file

Berkat cPanel, Anda tak perlu lagi harus masuk ke server hanya untuk melalukan tugas yang berkaitan dengan file management. File management tersebut seperti memindahkan file, membuat file baru, upload file website, dan masih banyak lagi lainnya. Anda bisa melakukan hal-hal diatas berkat adanya menu file manager.

Ada juga menu Backup dan File Restoration, yang memudahkan pengguna dalam proses backup dan restore. Jika Anda ingin mengetahui berapa kapasitas hosting yang telah digunakan, Anda bisa memantaunya pada menu Disk Usage.

Pengelola Database

Sebuah website tak bisa menyimpan sesusatu tanpa adanya database. Bagi pengguna yang masih awam, membuat database di hosting mungkin adalah pekerjaan yang sulit dimengerti dan menyusahkan. Tak heran, kini banyak aplikasi database yang didukung di cPanel.

Di cPanel sendiri, ada byak aplikasi database yang bisa Anda pilih untuk digunakan. Dua yang paling populer adalah MySQL dan PostgreSQL. Sedangkan database lainnya seperti phpMyadmin, phpPgAdmin, hingga remote MySQL.

Pengelolaan Domain

pengertian cPanel

Fitur lain yang tak kalah penting di cPanel adalah pengelolaan domain. Banyak terkait perdoamain-an dapat Anda lakukan di cPanel. Misalnya membuat addon domain, membuat subdomain, redirect domain, membuat domain alias, hingga setting DNS. Setting DNS berfungsi untuk membantu Anda yang ingin mengarahkan domain ke server lain, melakukan custom domain, atau mengarahkan domain ke hosting. Bila Anda merasa masih awam untuk melalukan setting DNS, Anda bisa menggunakan Zone Editor.

Pengelolaan Email

Fitur lain yang dimiliki cPanel adalah kemudahan dalam mengelola email. Anda misalnya, bisa membuat email dengan domain sendiri menggunakan akun email. Sedikit ingin bergaya dengan membuat email balasan secara otomatis? Bisa juga. Anda bisa menggunakan Autoresponders.

Ada juga menu Email Filter untuk menyaring email yang masuk. Sedangkan untuk mengamankan email, Anda bisa menggunakan Apache SpamAssasin dan Authentication.

Grafik dan Data

Sebagai pemilik website, tentu Anda ingin mengetahui angka stratistik dari website, bukan? Dengan cPanel, Anda bisa melakukannya dengan cukup mudah. Misalnya, Anda ingin melihat data pengunjung dalam waktu tertentu. Anda bisa menggunakan menu Visitors.

Anda juga dapat mengetahui seberapa besar bandwidth yang digunakan pada menu Bandwidth. Ingin melihat log website?  Ada tiga menu yang bisa Anda akses. Yaitu Errors, Awstats, dan Webalizer.

Mengelola keamanan website

Keamanan menjadi salah satu fitur utama yang diunggulkan oleh cPanel. Ada beberapa hal terkait keamanan yang bisa Anda lakukan. Contohnya, jika Anda ingin melakukan kontrol server, silakan masuk ke menu SSH Acces. Lalu, jika Anda ingin memblokir IP tertentu yang ingin mengunjungi website, Anda juga bisa menggunakan IP blocker.

Jika tidak ingin website Anda ditautkan oleh website lain, Anda bisa menggunakan Hotlink Protection. Tetapi, Anda juga bisa menetapkan website mana yang dapat terhubung dengan Anda. Dan untuk semakin meningkatkan keamanan website, Anda bisa menggunakan SSL berbayar di menu SSL/TLS.

Mengubah password, data pengguna, serta bahasa dan tampilan

Ada kalanya, sebagai pengguna Anda bosan dengan tampilan website yang begitu-begitu saja. Anda bisa mengubah tampilannya di cPanel sesuka hati. Ingin meningkatkan keamanan? Cara paling mudah adalah memperbarui password dan data pengguna langsung di cPanel.

Untuk Anda yang tidak ingin menggunakan bahasa Inggris, Anda bisa mengubah pengaturan bahasa di menu Change Language.

Software

Sebagian besar software yang ada di cPanel menggunakan bahasa pemrograman PHP dan Perl. Modul atau software yang populer digunakan antara lain Softaculpis Apps Installer, Optimize Website, Perl Modules, dan Cloudflare.

Kesimpulan

Demikian artikel tentang pengertian cPanel dan fitur-fitur yang ada di dalamnya. Semoga Anda semua, Sobat Unlimited menjadi lebih paham tentang pengertian cPanel.

Ingin mempunyai website Anda sendiri? Unlimited mempunyai berbagai fitur hosting yang dapat Anda pilih sesuai dengan kebutuhan. Tidak percaya? Buktikan sendiri.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *